Contoh Isi Komentar Atau Saran Guru Yang Ideal Di Rapor Siswa

Menulis komentar nasehat atau pesan motivasi di rapor siswa sama susahnya dengan bersikap obyektif dalam keseharian bersama siswa. Saat menulis komentar atau saran pada rapor siswa, sejatinya guru dapat menyampaikan kata demi kata lebih dari hanya sekedar berbicara tentang nilai hasil belajar.

Boleh jadi dalam hal pengetahuan seorang peserta didik mendapatkan nilai 90, namun kadang guru bingung bagaimana menyampaikan penggambaran tentang kemampuannya dalam hal kerjasama, cara menangani masalah ketika di dalam kelas hingga bagaimana ia bersosialisasi dalam kehidupan sehari-hari dalam pembelajaran.

Padahal, sebagai pendidik tentunya kita semua percaya bahwa kemampuan siswa dalam kerjasama serta life skill lain yang dimilikinya akan membuat mereka sukses di masa yang akan datang.

Contoh Isi Komentar Atau Saran Guru Yang Ideal Di Rapor Siswa


Bagaimana juga cara menyampaikan tentang seorang siswa yang memiliki masalah terkait perilakunya di kelas, namun sebagai guru kita mesti tetap menghargai usaha kerasnya untuk terus berubah dan tetap mencari "hal positif apa yang dimiliki oleh anak".

Berikut ini adalah contoh beberapa komentar atau pesan motivasi yang dapat Bapak / Ibu Guru gunakan untuk menulis pesan dalam rapor siswa. Semuanya menggunakan nama Fulan dengan maksud menyamarkan, mudah-mudahan berguna bagi Bapak / Ibu Guru semua.

Postingan tentang catatan deskripsi rapor siswa

- Cara Membuat Komentar Saran Atau Motivasi Pada Rapor Siswa

- Contoh Isi Komentar Atau Saran Guru Yang Ideal Di Rapor Siswa

- Contoh Catatan Wali Kelas Untuk Rapor Pembelajaran Daring Dan Luring

- Contoh Catatan Wali Kelas Untuk Deskripsi eRapor SD SMP SMA SMK

- Contoh Catatan Deskripsi Singkat Wali Kelas Untuk Mengisi Rapor

Untuk Siswa Yang Sudah Baik Dan Tercapai

Fulan mempunyai komitmen yang tinggi untuk bekerja dengan teliti dan menggunakan waktu secara efisien sehingga dapat menyelesaikan tugas dengan tepat waktu. Ia dapat mengolah dan menyusun informasi dari teks bacaan, hasil wawancara dan sumber-sumber lain untuk kegiatan risetnya dengan sangat baik. Ia selalu berusaha untuk positif, senang bekerjasama dengan orang lain, mandiri dalam mengerjakan tugas serta mempunyai standar di atas rata-rata kelas.

Fulan mampu memusatkan perhatiannya dengan baik bila guru menjelaskan suatu materi sehingga ia cepat memahami dan menguasai konsep-konsep baru yang diajarkan. Pertahankan antusiasme belajarmu di kelas 5, Fulan!

Fulan mempunyai kemampuan, komitmen dan motivasi yang tinggi untuk menggunakan waktu secara efisien sehingga dapat menyelesaikan tugas dengan tepat waktu. Ia juga mempunyai standar yang tinggi terhadap pekerjaannya. Ia dapat mengolah dan menyusun informasi dari teks bacaan, hasil wawancara dan sumber-sumber lain untuk kegiatan risetnya dengan sangat baik.

Fulan sudah mulai menggunakan kemampuan pemecahan masalahnya yang diatas rata-rata dalam presentasi dan kerja kelompok. Ia selalu berusaha untuk mandiri dalam mengerjakan tugas serta dapat menunjukkan keterampilan kepemimpinan sekaligus menjadi anggota tim yang baik dalam kelompok kecil dan besar.

Fulan mempunyai komitmen yang tinggi untuk menggunakan waktu secara efisien sehingga dapat menyelesaikan tugas dengan tepat waktu. Ia dapat mengolah dan menyusun informasi dari teks bacaan, hasil wawancara dan sumber-sumber lain untuk kegiatan risetnya dengan sangat baik. Keterampilan pemecahan masalahnya pun di atas rata-rata.

Ia selalu berusaha untuk mandiri dalam mengerjakan tugas dan dapat menunjukkan keterampilan kepemimpinan yang baik dalam kelompok kecil dan besar. Ia juga secara konsisten dapat menggunakan keterampilan berkomunikasi lisannya dengan baik saat berdiskusi atau mempresentasikan hasil risetnya, baik dalam Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris.

Untuk Siswa Yang Perlu Perhatian Terkait Kinerjanya Di Tahun Depan

Fulan menunjukkan kemandirian dan mempunyai komitmen yang tinggi untuk menyelesaikan semua pekerjaannya dengan tepat waktu, bahkan terkadang lebih cepat dari temannya. Namun agar hasilnya lebih maksimal ia perlu lebih berhati-hati dan memeriksa kembali pekerjaannya sebelum menyerahkan kepada guru. Fulan mampu mengumpulkan informasi, memberikan alasan pendukung, dan membuat kesimpulan yang logis pada saat menyampaikan hasil risetnya.

Dalam pelajaran Matematika, Fulan masih membutuhkan waktu lebih banyak dalam memahami konsep-konsep baru. Diharapkan Fulan dapat lebih tenang dan teliti saat mengerjakan soal, dengan membaca dan mendengarkan instruksi yang diberikan secara hati-hati. Pada Term 4 ini sebenarnya Fulan bisa lebih menguasai pembelajaran jika ia bisa lebih konsisten untuk datang dengan tepat waktu di sekolah. Semoga di Kelas 5 nanti hal ini bisa lebih mendapat perhatian.

Fulan adalah seorang siswa yang punya jiwa artistik. Walupun masih sedikit senang melamun, Fulan mulai terlihat antusias baik saat berdiskusi maupun saat melakukan kegiatan eksperimen. Kemampuannya dalam memahami bacaan dan menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan bacaan mengalami peningkatan, namun ia masih perlu banyak berlatih untuk menuangkan ide-idenya secara lebih sistematis dan berkonsentrasi dengan pekerjaan.

Dalam pelajaran Matematika, Fulan diharapkan dapat meningkatkan komitmennya untuk lebih serius dan fokus saat mengerjakan tugas di kelas dan tidak mudah menyerah serta mau bertanya saat menghadapi soal-soal yang menurutnya sulit.

Siswa yang Melalui Tahun ini dengan Kerja Keras dan Butuh Dukungan

Fulan mulai aktif memberikan idenya saat diskusi kelas dan kelompok. Dalam kegiatan bekerja dengan kelompok, ia selalu berusaha keras untuk menjadi anggota tim yang baik. Fulan sangat menikmati pelajaran Matematika. Dalam pelajaran tersebut Fulan dapat menunjukkan partisipasi aktif dan cepat menguasai konsep baru. Sayangnya dalam pelajaran lain Fulan terkadang belum memberikan potensi terbaiknya dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru.

Dalam pelajaran Bahasa Indonesia Fulan masih mengalami kendala mengemas informasi ke dalam bentuk tulisan. Fulan diharapkan dapat memusatkan perhatiannya dengan lebih baik bila guru menjelaskan suatu materi. Agar bisa sukses di kelas 5 nanti, Fulan perlu berkomitmen untuk menyelesaikan tugas tepat waktu, berlatih terus memperbaiki tulisan tangannya serta menggunakan waktu secara efektif untuk hasil belajar yang lebih maksimal.

Siswa Yang Mengalami Peningkatan Belajar Pesat

Di semester ini Fulan mulai menunjukkan komitmen untuk berkonsentrasi dan tidak mudah membiarkan orang lain mengalihkan perhatiannya saat mengerjakan tugas. Ia mampu mengumpulkan informasi, memberikan alasan pendukung, dan membuat kesimpulan yang logis pada saat menyampaikan hasil risetnya.

Dalam pelajaran Bahasa Inggris Fulan sangat pesat peningkatannya, terutama dalam tata bahasa Inggris. Selamat Fulan, pertahankan prestasimu di kelas 5 nanti!

Fulan menunjukkan kemandirian dan mempunyai komitmen yang tinggi untuk menyelesaikan semua pekerjaannya dengan tepat waktu. Ia mampu mengumpulkan informasi, memberikan alasan pendukung, dan membuat kesimpulan yang logis pada saat menyampaikan hasil risetnya.

Fulan terampil memimpin rekannya dalam kelompok kecil dan besar, namun harus lebih memusatkan perhatiannya dengan baik bila guru sedang menjelaskan suatu materi sehingga ia cepat memahami dan menguasai konsep-konsep baru yang diajarkan. Dalam pelajaran Bahasa Inggris, Fulan juga sangat pesat peningkatannya. Selamat Fulan, pertahankan prestasimu di kelas 5!

Demikian yang dapat Guru Abata sampaikan tentang Contoh Isi Komentar nasihat atau Saran motivasi Guru yang Baik dan ideal dalam Rapor hasil belajar Siswa, semoga bisa bermanfaat Bapak / Ibu Guru semua. Terimakasih.

Sumber: gurukreatif.wordpress.com

Tulis Komentar

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera muncul.
Silahkan berkomentar dengan bahasa yang baik dan santun serta tidak melakukan spamming.

Lebih baru Lebih lama