Contoh Catatan Wali Kelas Untuk Deskripsi eRapor SD SMP SMA SMK

Contoh Catatan Wali Kelas Untuk Deskripsi eRapor SD SMP SMA SMK - Beberapa contoh catatan wali kelas yang akan Guru Abata bagikan berikut dapat Bapak / Ibu Guru gunakan dalam melakukan input aplikasi eRapor baik erapor SD, erapor SMP, erapor SMA maupun untuk erapor SMK.

Sebagaimana telah kita ketahui, bahwa biasanya jika peserta didik mulai memasuki masa-masa penerimaan rapor maka salah satu hal terpenting yang ditunggu-tunggu adalah informasi kelulusan atau kenaikan kelas dan mengetahui perolehan hasil belajar yang akan diberikan kepadanya dari setiap guru wali kelas masing-masing.

catatan wali kelas di rapor digital

Sebagai seorang wali kelas, mempersiapkan segala sesuatu untuk kegiatan pemberian dan penerimaan rapor merupakan salah satu tugas penting yang harus dikerjakan secara matang. Hal yang tidak kalah pentingnya adalah mengisi catatan deskripsi dalam rapor agar dapat memberi motivasi atau evaluasi yang tepat kepada peserta didik.

Dalam pengisian erapor atau rapor kurikulum 2013 yang dibuat menggunakan aplikasi rapor dalam bentuk microsoft excel, setiap wali kelas harus memberi catatan yang berupa motivasi, evaluasi atau pemberitahuan yang sifatnya positif untuk masing-masing rapor peserta didik sesuai dengan perkembangan belajarnya.

Catatan wali kelas sangat penting bagi setiap peserta didik, baik itu catatan wali kelas untuk peserta didik yang akan lulus, peserta didik yang tidak lulus, peserta didik yang akan naik kelas, maupun peserta didik yang tidak naik kelas. Hal ini bertujuan untuk memberi gambaran terhadap hasil belajar yang telah dicapai selama kegiatan pembelajaran dilaksanakan dalam satu semester ataupun selama satu tahun. Selain itu, catatan wali kelas ini juga bisa sebagai motivasi kepada peserta didik untuk menjadi lebih baik pada pembelajaran semester berikutnya atau pada kelas selanjutnya.

Contoh Catatan Wali Kelas Untuk Deskripsi eRapor SD SMP SMA SMK

Catatan wali kelas bisa berupa kata-kata yang memberikan semangat atau dorongan kepada peserta didik agar dapat mengetahui tentang apa saja yang perlu diperhatikan atau diperbaiki agar dapat ditingkatkan dalam pelaksanaan pembelajaran berikutnya. Catatan wali kelas ini bisa menyasar kepada tingkah laku ataupun hasil belajar peserta didik.

Dalam kurikulum 2013 terdapat beberapa aspek penilaian yang digunakan, yakni Penilaian Sikap yang meliputi sikap spiritual dan sikap sosial, kemudian Penilaian Pengetahuan dan juga Penilaian Keterampilan.

Dari setiap aspek yang dinilai tersebut maka tentunya wali kelas telah memiliki gambaran dari hasil yang dicapai oleh setiap peserta didik. Sehingga wali kelas mengetahui beberapa hal yang kurang dan perlu untuk di tingkatkan oleh siswa dan apa saja yang perlu dipertahankan, sehingga dari hasil penilaian tersebut wali kelas bisa memberikan catatan dalam bentuk deskripsi yang nantinya menjadi sebuah informasi bagi peserta didik untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan yang dimilikinya selama proses pembelajaran.

Postingan tentang catatan deskripsi rapor siswa

- Cara Membuat Komentar Saran Atau Motivasi Pada Rapor Siswa

- Contoh Isi Komentar Atau Saran Guru Yang Ideal Di Rapor Siswa

- Contoh Catatan Wali Kelas Untuk Rapor Pembelajaran Daring Dan Luring

- Contoh Catatan Wali Kelas Untuk Deskripsi eRapor SD SMP SMA SMK

- Contoh Catatan Deskripsi Singkat Wali Kelas Untuk Mengisi Rapor {alertSuccess}

Jika saat ini Bapak / Ibu Guru merupakan guru yang mendapatkan tugas tambahan sebagai wali kelas, maka tentunya Bapak / Ibu Guru harus membuat kata-kata dalam bentuk deskripsi catatan wali kelas kepada setiap peserta didik Anda. Namun jika Bapak / Ibu Guru masih merasa kesulitan untuk memberi kata-kata yang berupa catatan wali kelas untuk mengisi rapor peserta didik, maka pada postingan kali ini Guru Abata akan membagikan beberapa contoh catatan wali kelas atau deskripsi motivasi guru dalam bentuk kata-kata yang dapat memberikan motivasi maupun saran positif demi kemajuan dan keberhasilan peserta didik Anda.

Bagi Bapak / Ibu Guru yang mempunyai tugas tambahan sebagai wali kelas di sekolah, maka berikut ini kami bagikan beberapa contoh catatan wali kelas untuk pengisian rapor kurikulum 2013 yang bisa Bapak / Ibu Guru jadikan sebagai referensi dalam membuat catatan wali kelas di sekolah Anda masing-masing.


Hasan, cara belajarmu sudah bagus, teruslah rajin belajar agar kamu menjadi anak yang berhasil.


Tingkatkan cara belajarmu agar dapat memiliki prestasi yang lebih baik lagi.


Belajar merupakan kunci keberhasilan, oleh sebab itu tingkatkan motivasi belajarmu agar menjadi pribadi yang lebih baik.


Teruslah belajar agar kamu dapat meraih cita-cita sesuai dengan harapan.


Semangat dalam belajar merupakan kunci kesuksesan. Tingkatkan terus semangat belajarmu untuk meraih prestasi yang lebih baik lagi.


Asep, kamu adalah siswa yang cerdas. Pertahankan cara belajarmu agar prestasimu tetap cemerlang.


Jadilah pribadi yang mandiri dan jangan terpengaruh oleh dunia luar yang dapat menjerumuskan pada hal-hal yang negative serta rajinlah terus belajar.


Tingkatkan prestasimu, rajinlah belajar dan jangan lupa berdoa sebelum belajar.


Penilaian pengetahuanmu sudah bagus, namun pada penilaian sikap khususnya sikap dalam hal bekerjasama baik dengan guru dan teman perlu di tingkatkan lagi.


Rajinlah belajar, dan patuhilah tata tertib yang ada di sekolah.


Jangan suka psimis, rajinlah belajar dan selalu optimis dalam setiap mengambil keputusan agar dapat menjadi orang yang sukses.


Zaki merupakan siswa yang ramah, pertahankan sikap positif tersebut dan tularkan kebaikan itu pada teman-temanmu.


Pertahankan prestasimu. Semangatmu dalam belajar serta prestasi yang kamu raih menunjukkan sikap yang positif. ibu menghargaimu!


Teruslah berkarya dan jangan lupa untuk selalu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dalam setiap kegiatan.


Kayla, selamat kamu meraih prestasi yang baik pada semester ini, bapak guru harap kamu dapat mempertahankannya dengan baik. Selamat ya!


Belajarlah dengan sungguh - sungguh untuk bisa meraih prestasi yang lebih baik lagi di semester berikutnya.


Joni, pada semester ini kamu telah mengalami perubahan yang sangat baik, terutama dalam pengetahuan akademik, atas hal tersebut kamu layak menjadi juara kelas, dengan menjadi juara kelas, Ibu guru harap kamu bisa mempertahankan prestasi tersebut.


Pertahankan prestasi belajarmu dan jangan pantang menyerah dalam menggapai cita-cita.


Hamdan, kamu merupakan siswa yang baik, rajinlah terus belajar dan patuhlah kepada kedua orang tua serta gurumu.


Semangat belajarnya perlu ditingkatkan lagi agar dapat memperoleh prestasi yang gemilang.


Tingkatkan intensitas belajarmu dan maksimalkan tugas kelompok yang diberikan guru. Gurumu menghargaimu!


Ibu menyanyangimu, jadilah siswa yang patuh pada guru dan orang tua.


Pada semester ini ibu melihat kehadiranmu sangat kurang, rajinlah kesekolah dan belajar yang baik agar menjadi siswa yang berprestasi.


Husein kamu siswa yang baik, jangan suka berkelahi yah. Ibu guru sangat menyayangimu!


Sikap tanggung jawabmu dalam menyelesaikan tugas sekolah sudah baik, namun Kurangi ketidakhadiran pada semester-semester berikutnya serta rajinlah untuk terus belajar.


Rajinlah membaca agar pengetahuanmu semakin meningkat dan prestasimu semakin baik.


Jangan terlalu banyak bermain, teruslah belajar agar menjadi pribadi yang sukses di masa depan.


Untuk Ananda Hasna, Sikap kepedulian, semangat dalam berorganisasi sudah baik dan bisa menjadi contoh rekan-rekan yang lain. Hanya saja, kehadiran dalam kelas pada semester berikutnya lebih ditingkatkan lagi.


Prestasi yang baik adalah kunci sukses untuk meraih cita-cita. Tingkatkan terus motivasi belajarnya dan selalu bersemangat dalam setiap kegiatan disekolah.


Andi Semangat dalam belajarmu sudah bagus. Terus tingkatkan belajar nya yah untuk menuju cita-cita yang diharapkan.


Selamat, Kamu sudah memenuhi seluruh persyaratan untuk bisa naik kelas, dan kamu dinyatakan NAIK KELAS. Upayakan untuk terus rajin belajar di kelas selanjutnya.


Andre, Selamat yah kamu LULUS, Semoga di jenjang berikutnya kamu bisa sukses dan dapat meraih cita-cita yang kamu impikan. Teruslah semangat dalam belajar dan rajinlah selalu Berdoa.


Anton meskipun kamu belum bisa naik kelas namun jangan berkecil hati, Rajinlah kesekolah dan patuhi peraturan sekolah, ibu yakin di tahun pelajaran berikutnya kamu pasti bisa naik kelas.


Mario, kamu siswa yang cerdas namun ubahlah sikapmu yang kurang baik agar bisa menjadi contoh bagi teman yang lain. Bapak yakin kamu pasti bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi.


Rames, Jangan suka malas dan bolos lagi yah, semoga di semester berikutnya kamu bisa merubah kebiasaan lamamu menjadi lebih baik lagi agar nantinya kamu bisa naik kelas.


Selama belajar daring kamu telah mengikuti semua tahapan pembelajaran dengan baik, Semoga di kelas selanjutnya kamu terus mempertahankan semangat belajarmu baik belajar secara luring maupun secara daring.


Ali Kamu siswa yang tekun, selama belajar baik dalam pembelajaran tatap muka maupun secara daring kamu sudah mengikuti semuanya dengan baik. Selamat yah kamu naik kelas.


Usahakan aktif dalam pembelajaran daring, semoga di kelas berikutnya kamu semakin rajin belajar baik belajar di sekolah maupun belajar di rumah.


Erna, Selamat kamu mendapat juara kelas. Pertahankan prestasimu di kelas selanjutnya.


Di masa pandemi ini, Ibu lihat kamu kurang aktif dalam pembelajaran Daring, Ibu harap di tahun pelajaran baru kamu bisa lebih aktif lagi yah.


Verdinan kamu siswa yang cerdas, teruslah bermimpi untuk menjadi dokter sesuai cita-citamu.


Marsil, semangat lagi belajarnya dan jangan cepat berputus asa, Nilaimu saat ini lebih tinggi dari semester kemarin. Teruslah belajar dan dapatkan nilai yang lebih baik lagi pada semester berikutnya.


Andin ibu guru saying kamu dan kamu termasuk siswa yang cerdas, namun tolong perbaiki sikapmu agar menjadi contoh bagi teman-temanmu.


Rio, di semester ini kamu mengalami peningkatan sehingga mendapat ranking satu. Bapak guru harap kamu dapat mempertahankan prestasi tersebut.


Ayong, di semester ini kamu sudah absen 10 kali tanpa keterangan. Untuk selanjutnya tolong lebih rajin sekolah jika tidak ingin diberi sanksi.


Moses, kamu siswa yang pandai dan rajin belajar, tapi kamu sedikit egois. Jadi belajarlah untuk lebih sabar dan mau berbagi kepada teman-temanmu.


Pertahankan nilaimu saat ini Lola, Semangatmu dalam belajar merupakan hasil yang kamu dapatkan hari ini.


Steven, kamu adalah siswa yang berbakat dalam berolahraga tingkatkan bakat tersebut agar kamu bias masuk di ajang olimpiade olahraga nasional.


Susan, pertahankanlah prestasi yang kamu miliki saat ini. Terus tingkatkan semangatmu dalam belajar. Ibu guru sayang padamu.


Tidak ada orang sukses secara instan, oleh sebab itu teruslah belajar agar bisa menjadi orang sukses di kemudian hari.


Putu, Tingkatkan waktu belajarmu dan kurangi waktu bermain. Kamu perlu belahar lebih banyak agar tidak tertinggal dengan yang lainnya.


Kenaikan kelas di tentukan oleh penilaian akademik dan juga penilaian sikap. Jadi usahakan nilai dari kedua aspek tersebut bisa kamu dapatkan dengan baik.


Ayo semangat lagi belajarnya yah, jangan mudah menyerah.


Selamat, kamu juara 2, tingkatkan lagi belajarmu agar semester depan bias mendapatkan juara 1.


Dewi, tingkatkan motivasi belajarmu untuk mendapatkan nilai yang bagus.


Hendra, di semester ini kamu sudah 5 kali bolos sekolah. Agar kamu bias naik kelas jangan bolos lagi di semester depan.


Arhab Resandi, Pertahankan semangat belajarmu dan tularkan juga semangatmu kepada siswa lain agar lebih bermanfaat.


Kunci kesuksesan adalah semangat belajar. Jadi tingkatkan terus semangat belajarmu untuk meraih kesuksesan.


Pertahankan terus nilaimu, semangatmu untuk menjadi yang terbaik adalah hal positif.


Tidak ada orang yang bodoh, oleh karena itu kamu adalah siswa yang pintar namun masih perlu banyak belajar lagi.


Belajar adalah kunci kepintaran,olehnya itu agar kamu lebih pintar maka banyaklah belajar.


Agar kamu lebih pintar lagi, belajarlah yang tekun di rumah dan jangan banyak bermain game.


Menurut laporan orang tua mu di rumah kamu sering main game dan hasilnya peringkatmu sekarang menurun, jadi kurangi bermain game dan tingkatkan pola belajarmu di rumah.


Menurut Guru PAI, sikap keagamaanmu sangat bagus di sekolah, namun jangan lupa untuk terus rajin belajar baik di sekolah maupun di rumah yah.

Itulah beberapa contoh catatan wali kelas yang bisa digunakan untuk mengisi deskripsi pada aplikasi eRapor, baik untuk erapor SD, erapor SMP, erapor SMA maupun erapor SMK. Selain itu, Bapak / Ibu Guru juga dapat menerapkannya pada aplikasi rapor microsoft excel yang biasa dipakai sekolah Anda. Bagi yang masih bingung untuk membuat kalimat pada saat ingin memberikan catatan wali kelas di rapor kurikulum 2013, semoga postingan yang Guru Abata bagikan ini bisa memberi inspirasi dan referensi bagi Bapak / Ibu Guru wali kelas yang membutuhkannya.
Baca Juga
Tanto Fajrin

Allah lebih menyukai Pelaku Maksiat yang mau taubat, dari pada orang Sholeh yang tidak pernah merasa salah. - UAH

Posting Komentar

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera muncul.
Silahkan berkomentar dengan bahasa yang baik dan santun serta tidak melakukan spamming.

Lebih baru Lebih lama