Cara Membuat Komentar Saran Atau Motivasi Pada Rapor Siswa

Bagi seorang guru, memotivasi, mengomentari, dan menasehati siswa secara tertulis di rapor merupakan bagian tugas yang biasanya dikerjakan pada setiap pertengahan dan akhir tahun pelajaran. Untuk menjadikan komentar, saran atau motivasi yang diberikan guru dapat membangun semangat sekaligus memberikan informasi yang terbaik terhadap hasil pembelajaran peserta didik, maka guru perlu memperhatikan tentang prinsip membuat komentar, motivasi dan saran-saran pada Rapor hasil belajar di bawah ini.

Sebagai catatan, bahwa dalam membuat komentar, motivasi atau saran pada rapor siswa dapat menyampaikan hal apapun yang berkaitan dengan kondisi peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Adapun dalam postingan ini Guru Abata hanya ingin menyampaikan beberapa hal yang dapat membuka ide atau inspirasi guru untuk merangkai kata dan kalimat yang tepat dalam rapor tersebut.

Cara Membuat Komentar Saran Atau Motivasi Pada Rapor Siswa


Apa yang harus dipertimbangkan dalam membuat komentar, motivasi atau saran dalam rapor siswa?

Fokus pada apa yang ingin Anda nilai dan soroti. Perhatikan setiap perkembangan anak yang diperlihatkan oleh peserta didik. Gunakan semua data penilaian hasil belajar yang Anda miliki. Dan upayakan jangan berdasarkan dari spekulasi dan perkiraan saja.

Baca juga: Hal Ini Harus Dibahas Dan Disampaikan Guru Saat Orang Tua Mengambil Rapor

Sudah seharusnya setiap guru harus mengenali peserta didiknya bukan hanya dari namanya saja, namun tingkah dan perilaku serta kebiasaan belajar anak pun idealnya dapat diketahui oleh setiap guru. Dengan begitu maka Anda bisa membuat kata-kata atau kalimat motivasi, komentar dan saran dengan mudah yang relevan dan spesifik.

Apa saja yang harus ada dalam pesan komentar atau motivasi yang dibuat untuk siswa?

Jawabannya adalah pencapaian nilai hasil belajar siswa, apa yang telah diselesaikan atau apapun yang sudah dilakukan oleh peserta didik. Konteks dimana siswa masih memerlukan dukungan, bantuan atau bahkan perbaikan.

Bagaimana caranya agar siswa dapat belajar lebih banyak atau meningkatkan hasil belajar di waktu yang akan datang.

Postingan tentang catatan deskripsi rapor siswa

- Cara Membuat Komentar Saran Atau Motivasi Pada Rapor Siswa

- Contoh Isi Komentar Atau Saran Guru Yang Ideal Di Rapor Siswa

- Contoh Catatan Wali Kelas Untuk Rapor Pembelajaran Daring Dan Luring

- Contoh Catatan Wali Kelas Untuk Deskripsi eRapor SD SMP SMA SMK

- Contoh Catatan Deskripsi Singkat Wali Kelas Untuk Mengisi Rapor {alertSuccess}

Apa yang harus disiapkan dalam membuat komentar, motivasi dan saran pada rapor?

Sikap positif, jangan memberikan pesan atau komentar berdasarkan anggapan atau penilaian yang melekat atau pernah dilakukan oleh anak tersebut sebelumnya. Setiap anak pasti bisa berubah. Bersikaplah terbuka terhadap setiap perubahan yang terjadi pada anak.

Berikut adalah beberapa yang perlu dipersiapkan dalam membuat pesan motivasi, komentar atau saran pada rapor siswa:

1. Data penilaian yang dimiliki guru
2. Catatan khusus mengenai perilaku siswa
3. Diskusikan dengan rekan kerja agar penilaian bisa menjadi lebih objektif

Tips Membuat Komentar, Motivasi Atau Saran Di Rapor

Untuk memudahkan dalam mengerjakan, buatlah pola yang sama untuk semua anak, misalnya membuat komentar menjadi 3 bagian:

- Bagian 1: Menjelaskan tentang apa yang telah dicapai oleh peserta didik.

- Bagian 2: Menjelaskan ranah dimana siswa masih memerlukan bimbingan atau bagaimana siswa dapat melakukan belajar dengan lebih baik.

- Bagian 3: Menjelaskan target yang Anda ingin agar siswa mencapainya pada semester selanjutnya dan bagaimana cara melakukan pencapaiannya.

Gunakan deskripsi kata-kata yang jelas dan mudah dimengerti. Hindari menggunakan singkatan atau kata-kata yang tidak terbentuk sempurna seperti saat menulis pesan singkat SMS dan lainnya.

Contoh Pesan Motivasi, Komentar Atau Saran Rapor

Salah satu siswa perlu melakukan peningkatan kemampuan motorik halusnya dalam melaksanakan pembelajaran Bahasa Indonesia. Kemampuan anak tersebut saat memegang alat tulis dan ketika menulis masih perlu ditingkatkan.

Catatan:
Sebaiknya jangan mengulangi penyampaian tentang apa yang telah dijelaskan pada bagian lain pada hasil penilaian. Hal ini bertujuan untuk menghindari pengulangan laporan.{alertInfo}

Contoh Lain Pesan Komentar Atau Saran Pada Rapor

Akhir-akhir ini Ananda menunjukkan perkembangan yang menggembirakan. Kini ia mulai terlihat percaya diri dalam menyampaikan pendapat ketika diskusi kelas. Dalam hal menulis, Ananda perlu diingatkan untuk mengerjakan tugas dengan lebih teliti agar tidak ada lagi huruf-huruf yang tertinggal atau kalimat kata yang tidak lengkap dalam menulisnya. Dalam beberapa waktu ke depan, kami akan terus membimbing Ananda agar rasa percaya dirinya bisa lebih konsisten serta dapat menulis dengan lebih teliti.

Fulan telah menunjukkan sikap positif dan percaya diri pada pelajaran matematika selama semester satu ini. Fulan merupakan siswa yang mandiri dalam menyelesaikan tugas dan dapat menikmati berbagai bentuk kegiatan matematika yang berbeda. Kemampuan Fulan dalam menghitung cepat penjumlahan dengan hasil sampai 20 sudah baik, sehingga dapat membantunya dalam menyelesaikan beberapa tugas dengan cepat. Untuk semester selanjutnya Fulan diharapkan dapat lebih teliti dan tidak terburu-buru dalam mengerjakan agar hasil belajarnya dapat lebih maksimal.

Baca juga: Download Aplikasi Rapor K13 Edisi Khusus Darurat Pandemi Covid-19

Ananda dapat mengumpulkan informasi dari berbagai sumber untuk bahan penulisannya melalui internet, buku dan wawancara dengan nara sumber. Ia mengerjakan tugas secara mandiri, antusias, dan penuh percaya diri dalam melakukan riset dan mengeksplorasi peran serta gagasan untuk bahan penulisannya. Ia juga sudah mulai banyak peningkatan dalam menyampaikan hasil risetnya secara efektif. Penyusunan kalimat dalam laporannya sudah lebih tersusun dengan struktur bahasa yang baik dan benar.

Fulan selalu bersemangat dan merasa tertantang ketika mengerjakan soal-soal latihan yang diberikan. Ia menikmati pelajaran yang sedang berlangsung dan dapat menjawab soal-soal cerita dengan menggunakan prosedur menjawab yang benar secara teratur dan sistematis, namun ia perlu bersikap lebih teliti dalam membaca dan memahami isi soal cerita. Kemampuan membaca isi soal cerita sangatlah penting, Fulan dapat meningkatkan kedua kemampuan tersebut dengan membaca soal secara perlahan-lahan dan coba memahami maksud kalimat dalam soal satu persatu agar dapat melihat keterkaitannya satu sama lain.

Demikian pembahasan yang dapat Guru Abata sampaikan tentang cara membuat pesan berupa komentar, motivasi atau saran dalam rapor hasil belajar siswa dalam postingan ini. Semoga bisa bermanfaat bagi Bapak / Ibu Guru semua, terimakasih.
Baca Juga
Tanto Fajrin

Allah lebih menyukai Pelaku Maksiat yang mau taubat, dari pada orang Sholeh yang tidak pernah merasa salah. - UAH

Posting Komentar

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera muncul.
Silahkan berkomentar dengan bahasa yang baik dan santun serta tidak melakukan spamming.

Lebih baru Lebih lama