Contoh Catatan Deskripsi Singkat Wali Kelas Untuk Mengisi Rapor Siswa

Contoh deskripsi catatan perkembangan siswa yang diberikan wali kelas menggunakan...Membahas mengenai tugas sebagai seorang wali kelas, pada...
Contoh deskripsi catatan perkembangan siswa yang diberikan wali kelas menggunakan kata-kata yang singkat dan memotivasi serta catatan wali kelas yang baik dan menumbuhkan sikap sosial dan spiritual sesuai dengan karakter masing-masing peserta didik.

Bagi Anda yang bertugas sebagai seorang wali kelas, tentunya akan bertugas pula sebagai guru di sekolah. Sebab, wali kelas mempunyai tugas untuk melakukan input nilai rapor peserta didik yang menjadi anggota kelasnya. Selain mengisi nilai rapor, banyak juga tugas lainnya yang wajib dikerjakan oleh seorang guru wali kelas dalam mengisi rapor siswa, diantaranya adalah memberikan deskripsi tentang perkembangan belajar peserta didik, mengisi data absensi kehadiran siswa, dan masih banyak lagi hal lainnya.

Berbicara mengenai tugas seorang wali kelas, pada kesempatan ini kami akan membahas salah satu tugas penting wali kelas, yaitu memberikan catatan deskripsi perkembangan belajar siswa atau catatan wali kelas untuk setiap siswa yang diisi pada rapor saat akhir semester dan kenaikan kelas.

catatan deskripsi singkat wali kelas pada rapor siswa

Untuk mengisi catatan pekembangan belajar siswa yang berupa catatan wali kelas di rapor terdapat banyak sekali masalah yang bisa menjadi contoh deskripsi untuk catatan seorang wali kelas diantaranya yaitu catatan tentang siswa yang berprestasi, catatan tentang siswa yang bermasalah, catatan tentang siswa yang naik kelas, catatan tentang siswa yang tinggal kelas, catatan tentang siswa yang lulus, catatan tentang siswa yang tidak lulus, catatan tentang penilaian sikap siswa dan masih banyak lagi yang lainnya untuk menjadi acuan atau dasar bagi seorang wali kelas dalam memberikan deskripsi tentang perkembangan belajar siswanya.

Dalam postingan sebelumnya, kami pun telah membagikan beberapa contoh catatan wali kelas yang mana contoh tersebut dapat digunakan sebagai referensi bagi wali kelas dalam memberikan catatan perkembangan belajar siswa di rapor. Bagi Anda yang ingin melihat contoh catatan wali kelas yang telah diposting sebelumnya, maka dapat melihat dan mencarinya di blog Guru Abata ini.

Postingan tentang catatan deskripsi rapor siswa

- Cara Membuat Komentar Saran Atau Motivasi Pada Rapor Siswa

- Contoh Isi Komentar Atau Saran Guru Yang Ideal Di Rapor Siswa

- Contoh Catatan Wali Kelas Untuk Rapor Pembelajaran Daring Dan Luring

- Contoh Catatan Wali Kelas Untuk Deskripsi eRapor SD SMP SMA SMK

- Contoh Catatan Deskripsi Singkat Wali Kelas Untuk Mengisi Rapor {alertSuccess}

Untuk mengisi catatan wali kelas pada rapor, maka seorang wali kelas harus bekerjasama dengan baik bersama guru bimbingan konseling (Guru BK). Sebab, sebagai seorang guru BK tentu saja memiliki catatan tersendiri tentang aktivitas dan keseharian siswa selama berada di sekolah. Guru BK pun memiliki lebih banyak waktu dalam mengontrol rekam jejak siswa, sehingga catatan guru BK juga dijadikan sebagai salah satu alternatif yang dapat dijadikan dasar bagi wali kelas dalam menyampaikan deskripsi perkembangan belajar siswa di rapor.

Bilamana di sekolah Bapak / Ibu Guru tidak terdapat guru BK, maka wali kelas berperan penting dalam mengetahui tahapan evaluasi perkembangan siswa untuk siswa yang rajin, siswa yang malas, siswa yang aktif, siswa yang kurang aktif, siswa yang nakal, siswa yang kreatif dan lain sebagainya. Nantinya statistik perkembangan belajar siswa tersebut bisa dijadikan dasar wali kelas dalam memberikan catatan deskripsi wali kelas atau deskripsi perkembangan belajar siswa pada rapor.

Terdapat banyak sekali kata-kata atau catatan yang bisa menjadi motivasi bagi siswa yang bisa dijadikan sebagai catatan oleh guru wali kelas untuk dimasukkan ke dalam rapor siswa. Selain kata-kata motivasi, guru wali kelas pun dapat memberikan sebuah peringatan yang sifatnya positif sehingga dapat membantu siswa untuk tidak lagi mengulangi perilaku kebiasaan lama yang tidak baik dan tentunya dapat meningkatkan semangat belajar siswa.

Bagi Bapak / Ibu Guru wali kelas yang mungkin tidak biasa menyusun kata-kata atau kalimat catatan wali kelas dalam bentuk deskripsi yang panjang dan bertele-tele, maka kali ini Guru Abata akan memberikan beberapa kalimat contoh untuk catatan wali kelas yang singkat namun dapat mudah dimengerti serta bisa menjadi sebuah motivasi bagi siswa agar menjadi siswa yang lebih baik lagi.

Contoh catatan deskripsi wali kelas ini bisa dijadikan sebagai referensi bagi setiap wali kelas yang mungkin masih bingung dalam memberikan catatan wali kelas pada aplikasi eRepor atau pada aplikasi rapor kurikulum 2013. Jika masih terdapat contoh yang kurang sesuai, maka Bapak / Ibu dapat mengubahnya sesuai dengan kondisi yang ada pada sekolah masing-masing, dalam hal ini yaitu di sesuaikan dengan perkembangan belajar siswa selama belajar di sekolah.

Berikut adalah beberapa jenis contoh catatan deskripsi wali kelas yang singkat namun jelas untuk digunakan dalam mengisi catatan deskripsi rapor siswa:

Tingkatkan lagi cara belajarmu di semester berikutnya

Rajinlah belajar agar menjadi anak yang pandai

Jangan mudah menyerah, teruslah semangat dalam belajar

Pertahankan prestasimu agar di kelas selanjutnya kamu tetap jadi juara

Jangan suka bolos, rajinlah berangkat ke sekolah

Perbaiki catatanmu, sebab masih banyak guru yang mengeluh bahwa catatanmu kurang lengkap

Semangat belajar dan jaga selalu kesehatanmu

Lebih rajin lagi ibadahnya agar nilai agamamu dapat lebih meningkat

Kamu masih kurang di mata pelajaran matematika, lebih banyak lagi latihan berhitung

Patuhi tata tertib di sekolah, dan jangan suka melawan kepada guru

Cara belajarmu sudah baik, teruslah semangat belajar

Usahakan untuk berpakaian yang rapi sesuai aturan yang ada di sekolah agar kamu lebih disiplin

Jangan suka bertengkar dengan teman, belajarlah untuk saling menghargai

Kehadiranmu di sekolah masih kurang, usahakan untuk rajin ke sekolah

Ikuti kegiatan ektrakurikuler dengan baik, agar kamu bisa jadi anak yang berbakat

Tingkatkan disiplinmu dalam belajar

Jangan banyak bermain tetapi utamakan belajar agar jadi anak yang pintar

Belajarlah untuk berlatih dan berolahraga agar nilai PJOK lebih meningkat lagi

Jangan malu untuk menjawab jika ditanya oleh guru agar kamu memiliki mental yang berani

Belajar lebih giat lagi agar prestasimu meningkat

Contoh kata-kata deskripsi rapor yang diberikan wali kelas kepada siswa pada rapor yang kami bagikan di atas, hanyalah sebuah contoh catatan wali kelas yang singkat, apabila Bapak / Ibu guru memiliki kata-kata lainnya yang mungkin lebih baik, maka dapat menyusunnya sendiri dengan kreatifitas masing-masing. Yang terpentinga wali kelas harus mengetahui bagaimana sifat dan rekam jejak setiap siswa, sehingga wali kelas dapat dengan mudah memberikan catatan perilaku tentang perkembangan belajar siswa selama berada di sekolah.

Demikianlah beberapa contoh deskripsi wali kelas dengan kata-kata yang singkat untuk rapor yang bisa Guru Abata bagikan pada kesempatan kali ini. Semoga contoh catatan wali kelas tersebut bisa menjadi referensi dalam mengisi catatan deskripsi guru untuk siswa di rapor.