Contoh Format Surat Keterangan Diterima Sebagai Siswa Baru

Assalaamualaikum sobat pendidikan. Kali ini Guru Abata akan membagikan informasi dan file dokumen yang berguna bagi sekolah setelah menentukan penerimaan pesesta didik baru. Dokumen yang dibagikan merupakan format surat keterangan diterima sebagai siswa baru.

Apa sih yang dimaksud dengan surat keterangan diterima sebagai siswa baru?

surat keterang peserta didik baru diterima

Surat keterangan ini adalah surat pemberitahuan yang berisi keterangan bahwa peserta didik yang bersangkutan dinyatakan telah diterima menjadi siswa baru di sekolah tertentu karena telah lulus dari serangkaian tes atau seleksi yang diselenggarakan oleh panitia PPDB dalam pelaksanaan penerimaan peserta didik baru.

Surat ini biasanya dibutuhkan ketika kegiatan penerimaan siswa baru telah dilaksanakan. Dengan surat ini panitia bisa memberitahukan secara langsung melalui tulisan, baik kepada siswa yang diterima maupun kepada orang tua siswa tersebut bahwa yang bersangkutan telah resmi diterima di sekolah yang diinginkan.

Surat keterangan ini tentu saja memiliki kegunaan atau fungsi, yaitu sebagai berikut:

1. Untuk memberitahukan atau menginformasikan kabar gembira terkait siswa telah diterima.

2. Untuk memenuhi administrasi kegiatan penerimaan siswa baru.

3. Untuk dijadikan sebagai lampiran pada laporan pertanggungjawaban kegiatan.

Bagi sekolah, panitia PPDB serta siswa, surat keterangan ini tentu saja sangat bermanfaat. Beberapa manfaat yang bisa diambil dengan keberadaan surat keterangan diterima sebagai peserta didik baru ini di antaranya adalah:

- Panitia dapat memanfaatkan surat yang dimaksud untuk dijadikan sebagai arsip, melengkapi syarat administrasi kegiatan penerimaan siswa baru.

- Sekolah dapat memanfaatkannya sebagai arsip surat keluar yang merupakan salah satu dari 8 standar pendidikan dalam hal pengelolaan sekolah.

- Siswa atau orang tua dapat menjadikan surat keterangan ini sebagai bukti atau kenang-kenangan dari sekolah.

Surat keterangan yang dimaksud tersusun dari beberapa komponen penyusun di antaranya:

- Kop surat
- Judul
- Nama siswa yang diterima, asal sekolah, nilai yang diperoleh atau hasil tes/ seleksi
- Pernyataan diterima
- Kelas yang akan ditempati
- Tempat dan tanggal pembuatan surat
- Tanda kepala sekolah yang diberi stempel sekolah.

Bagi Bapak / Ibu Guru yang bertugas sebagai panitia PPDB yang membutuhkan surat keterangan diterima sebagai peserta didik baru dalam bentuk docx, maka dapat mengunduhnya melalui link download yang telah kami sediakan.

DOWNLOAD FORMAT SURAT KETERANGAN DITERIMA SEBAGAI SISWA BARU.docx

Demikian yang bisa kami bagikan terkait informasi dan berkas file surat keterangan diterima sebagai siswa baru di sekolah tertentu ini. Semoga bisa bermanfaat, khususnya bagi para panitia ppdb yang membutuhkan referensi terkait surat keterangan lulus tes seleksi ppdb di sekolah masing-masing.

Tulis Komentar

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera muncul.
Silahkan berkomentar dengan bahasa yang baik dan santun serta tidak melakukan spamming.

Lebih baru Lebih lama