Cara Hilangkan Panu Di Muka Dalam Waktu Singkat Dengan Bahan Ini

Panu yang berada di bagian wajah memang sangat mengganggu penampilan. Tahukah Anda, bahwa ada beberapa cara untuk menghilangkan panu yang ada di muka tersebut. Untuk itu, pada kesempatan ini kami akan membagikan tipsnya.

cara hilangkan panu di muka wajah

Panu adalah jenis penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur. Panu menyebabkan timbulnya bercak-bercak putih dengan disertai rasa yang gatal. Bercak-bercak putih ini sangat mengganggu jika berada pada bagian wajah karena bisa mengurangi rasa percaya diri. Anda dapat menggunakan bahan alami di bawah ini untuk membantu menghilangkannya.

Cara Hilangkan Panu Di Muka Dalam Waktu Singkat

1. Kunyit

Kunyit dapat digunakan untuk menghilangkan panu. Kandungan volatile yang dimiliki kunyit dapat bermanfaat sebagai antiinflamasi. Selain itu, kandungan kurkumin di dalamnya juga merupakan antioksidan yang mampu mengatasi radikal bebas penyebab panu.

Cara menggunakannya: Tumbuk halus kunyit dan tempelkan pada bagian yang terinfeksi jamur. Setelah itu, diamkan selama kurang lebih 15 menit lalu bilas hingga bersih menggunakan air hangat.

2. Lengkuas

Cara menghilangkan panu juga dapat menggunakan lengkuas. Lengkuas memiliki senyawa kuersetin, amilum, dan flavonoid yang mampu mengatasi bakteri dan jamur.

Cara menggunakannya: Belah lengkuas kemudian sisi belahan tersebut digosokkan pada area yang terdapat panu. Gosok kulit dengan lengkuas hingga sedikit memerah dan mulai terasa pedih. Setelah itu diamkan sejenak lalu bilas dengan air bersih.

3. Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki kandungan yang bersifat anti jamur dan antiinflamasi. Kedua kandungan ini sangat efektif untuk membantu mencegah pertumbuhan jamur. Lidah buaya juga baik digunakan untuk penyembuhan infeksi kulit yang rusak.

Cara menggunakannya: Ambil ekstrak gel daun lidah buaya lalu oleskan gel tersebut pada kulit yang terinfeksi jamur. Tunggu hingga beberapa menit dan bilas dengan air bersih. Anda bisa melakukannya dua kali sehari selama beberapa minggu.

4. Bawang Putih

Menghilangkan panu juga bisa dengan menggunakan bawang putih. Bawang putih mengandung senyawa anti bakteri yang mampu membunuh jamur dan bakteri pada kulit. Menggunakan bawang putih untuk menghilangkan panu juga dapat Anda gunakan pada bayi.

Cara menggunakannya: Potong satu siung bawang putih menjadi dua bagian. Kemudian gosok selama beberapa menit menggunakan bagian dalam potongan bawang putih tersebut ke area yang terinfeksi jamur.

5. Jeruk Nipis

Menggunakan jeruk nipis juga dapat Anda gunakan untuk menghilangkan panu. Jeruk nipis mengandung senyawa antioksidan yang berfungsi melindungi tubuh dari radikal bebas. Kandungan asam sitrat di dalam jeruk nipis juga bisa menjadi anti bakteri dan anti jamur. Kandungan vitamin C yang tinggi juga merupakan senyawa lain yang mampu membantu membasmi panu.

Cara menggunakannya: Campur jeruk nipis dengan belerang. Ini karena belerang dapat membantu membunuh kuman karena mengandung zat keratolitik. Campur keduanya hingga berbentuk krim dan oleskan pada panu. Diamkan sampai mengering lalu bilas dengan air hangat.

6. Tea Tree Oil

Tea tree oil atau minyak pohon teh dapat anda manfaatkan untuk menghilangkan panu. Sifat anti jamur yang dimilikinya sangat bermanfaat untuk menghambat penyebaran infeksi.

Cara menggunakannya: Gunakan tetesan tea tree oil pada area panu. Anda bisa mencampurkan tea tree oil dengan menambahkan sedikit minyak zaitun. Setelah dioleskan, biarkan hingga mengering kemudian bilas dengan air hangat.

7. Yogurt

Cara menghilangkan panu juga dapat menggunakan yogurt yang biasa Anda konsumsi. Yogurt yang dapat digunakan adalah yogurt polos dan tanpa rasa serta pemanis. Kandungan probiotik yang terdapat dalam yogurt bisa menghambat pertumbuhan jamur.

Cara menggunakannya: Oleskan yogurt pada area kulit yang terinfeksi jamur. Diamkan selama kurang lebih 20-30 menit, kemudian setelah itu bilas dengan air hangat.

8. Cuka Apel

Cuka apel dapat Anda manfaatkan untuk membantu menghilangkan panu. Di dalam cuka apel terdapat kandungan antimikroba yang mampu membantu meredakan infeksi jamur pada kulit.

Cara menggunakannya: Oleskan cuka apel di sekitar area yang terinfeksi jamur. Anda dapat menggunakan cuka apel sebagai pengganti salep dan lakukan hingga tiga kali sehari.

9. Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh juga dapat menjadi pilihan Anda untuk menghilangkan panu secara alami. Sifat anti jamur yang dimilikinya mampu membantu anda untuk membasmi panu yang mengganggu.

Cara menggunakannya: Potong belimbing wuluh lalu usapkan bagian yang dipotong pada bagian yang terkena infeksi. Usap selama kurang lebih lima menit dan biarkan mengering. Kemudian bilas dengan air bersih.

10. Minyak Oregano

Minyak oregano berasal dari daun dan bunganya. Kandungan carvacrol yang dimilikinya mampu membasmi dan mengurangi infeksi bakteri, jamur, virus, parasit, dan alergi. Hal inilah yang membuat minyak oregano bisa menjadi pilihan Anda untuk membasmi panu.

Cara menggunakannya: Oleskan minyak oregano langsung pada kulit yang terkena infeksi. Kemudian diamkan hingga mengering dengan sendirinya. Lalu bilas dengan air bersih.

11. Minyak Zaitun

Minyak zaitun dapat Anda gunakan untuk menghilangkan panu. Minyak zaitun yang dicampurkan madu mampu menjadi komponen yang pas untuk membasmi bakteri dan jamur.

Cara menggunakannya: Campurkan minyak zaitun dan madu lalu oleskan pada area panu. Lakukan hal ini sebanyak tiga kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Itulah 11 cara menghilangkan panu yang bisa Anda lakukan dnegan mudah. Sebelum munculnya panu yang dapat mengganggu penampilan wajah, Anda dapat mencegahnya dengan tetap menjaga kebersihan kulit atau membiasakan diri dengan berwudlu.

Tulis Komentar

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera muncul.
Silahkan berkomentar dengan bahasa yang baik dan santun serta tidak melakukan spamming.

Lebih baru Lebih lama