Beasiswa S2 & Training Di Belgia, Kuliah Gratis & Tunjangan Hidup

Meskipun Belgia tidak sepopuler Inggris atau Jerman sebagai tujuan studi di Eropa, biaya pendidikan dan biaya hidup bagi para pelajar internasional disana ternyata lebih murah dibandingkan dengan negara Eropa lainnya. Tidak heran jika beasiswa luar negeri di Belgia sangat dilirik oleh para pelajar internasionasional, termasuk juga Indonesia.

Terkait dengan hal itu, setiap tahunnya VLIR-UOS bekerja sama dengan universitas dan perguruan tinggi Belgia menyelenggarakan skema program 'VLIR-UOS Awards Scholarships'.

Beasiswa S2 di Belgia ini ditawarkan bagi para pelajar internasional yang berminat untuk melanjutkan kuliah Master di universitas yang ada di Belgia. Selain itu, terdapat juga beasiswa traning singkat dengan masa studi selama 1-3 bulan.

Beasiswa S2 Dan Training Di Belgia, Kuliah Gratis Dan Tunjangan Hidup

Apabila Anda tertarik untuk mengambil beasiswa S2 di luar negeri atau pelatihan singkat di Belgia, maka simak terus informasinya lebih lanjut berikut ini:

Cakupan Beasiswa

- Program Master
- Program studi Beasiswa S2 di Belgia berlangsung selama satu hingga dua tahun. Setelah lulus, diharapkan agar para penerima beasiswa mampu mengaplikasikan ilmunya di negara asal.

Baca juga: Menurut 87% Mahasiswa, Mereka Mengaku Telah Salah Memilih Jurusan

Beasiswa VLIR-UOS ini bersifat beasiswa secara penuh atau istilahnya kuliah gratis. Para peserta juga akan memperoleh cakupan pembiayaan sebagai berikut:

- Seluruh biaya uang perkuliahan selama masa studi (tuition fee)
- Tunjangan sejumlah € 1.150 /bulan atau sekitar Rp 17,7 juta per bulan
- Tunjangan logistik
- Asuransi
- Akomodasi dan tiket pesawat pergi pulang Indonesia – Belgia
- Biaya visa, biaya legalisasi dokumen, dan juga biaya perjalanan yang terkait dengan program

Training Singkat

Untuk beasiswa training singkat berlangsung selama 1-3 bulan, yaitu berfokus untuk memperbaharui dan menambah pengetahuan serta transfer keterampilan yang relevan dengan institusi atau tempat kerja para peserta di negara asalnya.

Cakupan pembiayaannya meliputi:

- Semua biaya training selama masa studi
- Tunjangan uang sejumlah € 83 /hari atau € 1400 per bulan (sekitar Rp 21,6 juta per bulan)
- Asuransi
- Akomodasi dan juga tiket pesawat
- Biaya visa, biaya legalisasi dokumen, serta biaya perjalanan yang terkait dengan program

Beasiswa S2 Dan Training Di Belgia, Kuliah Gratis Dan Tunjangan Hidup

Program Studi Yang Ditawarkan

1. Program Master Tahun Akademik 2020/2021 (1 Tahun)

- Master of Human Settlements (KU Leuven) [Deadline: 1 Februari 2020]

- Master of Cultural Anthropology and Development Studies (KU Leuven) [Deadline: 1 Februari 2020]

- Master of Development Evaluation and Management (University of Antwerp) [Deadline: 1 Februari 2020]

- Master of Governance and Development (University of Antwerp) [Deadline: 1 Februari 2020]

- Master of Globalization and Development (University of Antwerp) [Deadline: 1 Februari 2020]

2. Program Master Tahun Akademik 2020/2021 (2 Tahun)

- Master of Science in Food Technology (KU Leuven, Ghent University) [Deadline: 1 Februari 2020]

- Master of Water Resources Engineering (KU Leuven, VUB) [Deadline: 1 Februari 2020]

- Master in Marine and Lacustrine Science and Management (VUB, Ghent University, University of Antwerp) [Deadline: 1 Februari 2020]

- Master of Statistics (University of Hasselt) [Deadline: 1 Februari 2020]

- Master of Epidemiology (University of Antwerp) [Deadline: 1 Maret 2020]

- Master of Sustainable Development (KU Leuven) [Deadline: 1 Februari 2020]

- Master of Agro-and Environmental Nematology (Ghent University) [Deadline online application: 3 Januari 2020, Deadline hard copies: 16 Januari 2020]

- Master of Rural Development (Ghent University) [Deadline online application: 1 Februari 2020, Deadline hard copies: 1 Maret 2020]

- Master of Aquaculture (Ghent University) [Deadline: 1 Maret 2020]

- Master of Transportation Sciences (University of Hasselt) [Deadline: 1 Februari 2020]

3. Program Training Untuk Tahun 2020 (14 s/d 90 hari)

Platform development for an E-learning system in Biostatistics/Statistics (University of Hasselt) [Deadline: 15 Januari 2020]

Baca juga: Inilah Kiat Hebat Mengatur Waktu Efektif Agar Menjadi Orang Yang Sukses

Syarat Peserta

1. Merupakan warga negara dari 31 negara yang sudah ditentukan (termasuk Indonesia).

2. Maksimal berusia 35 tahun untuk pelamar program Master tingkat awal, maksimal 40 tahun untuk program Master tingkat lanjut (per tanggal 1 Januari dari tahun berlangsungnya studi).

3. Diutamakan untuk pelamar yang berasal dari institusi akademik, lembaga penelitian, pemerintahan (PNS), sosial ekonomi, organisasi non-profit, atau individu yang berminat meraih karir pada salah satu sektor tersebut.

4. Beasiswa ini juga berlaku bagi fresh graduate (lulusan baru yang masih belum mempunyai pengalaman) serta mereka yang bekerja di perusahaan swasta.

5. Bagi pelamar program training, sebaiknya mempunyai pengalaman profesional pada bidang yang relevan. Lampirkan juga sebuah surat dukungan (bisa dari tempat kerja asal) yang menjelaskan bahwa pengetahuan dan skill yang diperoleh akan segera diterapkan atau dimanfaatkan.

6. Bagi pelamar beasiswa S2, sebelumnya tidak pernah memperoleh beasiswa dari Pemerintah Belgia atau pun menempuh pendidikan program Master di universitas yang ada di Flemish.

7. Memenuhi persyaratan masuk perguruan tinggi yang dituju, termasuk juga latar belakang pendidikan, kecakapan berbahasa Inggris, dan sebagainya.

Baca juga: Tidak Disangka, Ternyata 12 Kosa Kata Gaul Ini Ada Di Dalam Kamus KBBI

Cara Pendaftaran

1. Untuk mendaftar bisa ditujukan langsung kepada masing-masing perguruan tinggi penyelenggara yang telah ditentukan, bukan kepada VLIR-UOS.

2. Ikuti langkah-langkah pendaftaran pada website masing-masing perguruan tinggi lalu sebutkan bahwa Anda ingin mendaftarkan diri untuk beasiswa VLIR-UOS.

3. Nantinya, koordinator program akan melanjutkan aplikasi pendaftaran Anda ke pihak VLIR-UOS untuk dipertimbangkan dalam penerimaan beasiswa.

4. Setelah melakukan pengajuan pendaftaran ke program pilihan, maka pelamar akan diminta untuk mengirimkan aplikasi pendaftaran beserta dengan dokumen pendukung (transkrip nilai, motivation letter, dan lain-lain) ke pihak International Office pada masing-masing perguruan tinggi.

5. Batas waktu pendaftaran berbeda-beda, tergantung ke masing-masing program yang di-apply. Hasil seleksi akan segera diinformasikan melalui email paling lambat pada pertengahan bulan Juni di setiap tahunnya.

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai program Beasiswa S2 di Belgia dan Training Singkat Program VLIR-UOS, Anda dapat mengunjungi laman resminya berikut ini:
http://www.vliruos.be/

Tulis Komentar

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera muncul.
Silahkan berkomentar dengan bahasa yang baik dan santun serta tidak melakukan spamming.

Lebih baru Lebih lama