Ikut SBMPTN? Ini 9 Universitas Terbaik Di Indonesia Tahun 2019

QS World University Ranking telah merilis pemeringkatan universitas dunia pada tahun 2019/2020 di bulan Juni 2019 lalu. Pemeringkatan tersebut dilakukan terhadap lebih dari 1.000 universitas yang ada di dunia, termasuk juga Indonesia.

Sepanjang tahun 2019 ini, kesembilan peringkat universitas terbaik di Indonesia versi QS World University Ranking ini selalu menjadi salah satu bahasan yang menarik bagi pembaca selain universitas terbaik di dunia.

Jika Anda memiliki rencana untuk mengikuti program SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) tahun 2020, maka tidak ada salahnya untuk mengintip kembali daftar 9 universitas terbaik Indonesia versi QS World University Ranking ini.

Mau Ikutan Program SBMPTN? Ini 9 Universitas Terbaik Di Indonesia Tahun 2019


Baca juga: UN Semakin Dekat, Inilah 5 Tips Sukses Mempersiapkan Ujian Nasional

Setidaknya terdapat 8 PTN (Perguruan Tinggi Negeri) dan 1 PTS (Perguruan Tinggi Swasta) di Indonesia yang masuk dalam catatan pemeringkatan QS World University Ranking selama tahun 2019.

Mau Ikutan Program SBMPTN? Ini 9 Universitas Terbaik Di Indonesia Tahun 2019

QS World University Ranking merupakan badan pemeringkatan resmi yang juga dijadikan sebagai indikator dan tolak ukur Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Republik Indonesia untuk mengukur kualitas kelembagaan Perguruan Tinggi di Indonesia menuju World Class University atau Universitas Bertaraf Dunia.

6 Indikator Penilaian


- QS University Ranking menggunakan enam indikator dalam setiap pemeringkatannya, diantaranya adalah:

- 40 persen berasal dari reputasi akademik, untuk mengukur unsur akademik secara keseluruhan.

- 10 persen berasal dari reputasi lulusan, gunanya mengidentifikasi performa dan kualitas lulusan universitas di mata para pimpinan perusahaan.

- 20 persen rasio fakultas dan mahasiswa, untuk dapat mengukur komponen yang bisa menunjang keberlangsungan kegiatan belajar mengajar pada perguruan tinggi, seperti jumlah tenaga pendidik yang berbanding dengan jumlah mahasiswa.

- 20 persen berasal dari kutipan jurnal ilmiah, dalam mengukur jumlah kutipan (citation), jumlah publikasi ilmiah serta dampak dari penelitian yang dihasilkan oleh para civitas akademika perguruan tinggi terhadap masyarakat.

- 5 persen berasal dari fakultas internasional, dalam mengukur jumlah ekspatriat atau tenaga pendidik asing di fakultas atau perguruan tinggi.

- 5 persen berasal dari mahasiswa Internasional, dalam mengukur jumlah mahasiswa asing di fakultas atau perguruan tinggi.

Baca juga: Seberapa Pentingkah Kita Harus Melanjutkan Pendidikan Ke Perkuliahan?

Inilah 9 Universitas Terbaik Di Indonesia Versi QS


Berikut ini adalah sembilan Universitas terbaik di Indonesia yang masuk dalam daftar pemeringkatan QS World University Ranking:

1. Universitas Indonesia (peringkat ke-296 dunia).
2. Universitas Gadjah Mada (peringkat ke-320 dunia).
3. Institut Teknologi Bandung (peringkat ke-331 dunia).
4. Institut Pertanian Bogor (peringkat ke-601-650 dunia).
5. Universitas Airlangga (peringkat ke-651-700 dunia).
6. Universitas Padjajaran (peringkat ke-751-800 dunia).
7. Universitas Bina Nusantara (peringkat ke-801-1.000 dunia).
8. Universitas Diponegoro (peringkat ke-801-1.000 dunia).
9. Institut Teknologi Surabaya (peringkat ke-801-1.000 dunia).

Demikian pembahasan yang dapat Guru Abata sampaikan terkait beberapa institut atau pun universitas terbaik di Indonesia yang memiliki penilaian baik dari QS World University Ranking. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari referensi tambahan untuk mengikuti program SBMPTN.

Kirim Komentar

Komentar dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera muncul.
Silahkan berkomentar dengan bahasa yang baik dan santun serta tidak spamming.

Lebih baru Lebih lama