UN Sudah Dekat, Inilah Tips Sukses Menghadapi Ujian Nasional

Badan Standar Nasional Pendidikan sudah menetapkan bahwa Ujian Nasional akan diselenggarakan pada awal tahun 2020. Di Indonesia, Ujian Nasional hingga kini masih menjadi tolok ukur hasil dari belajar siswa di sekolah.

Sebagai seorang siswa, tentu Anda berharap bisa dengan mudah menghadapi Ujian Nasional dan memperoleh hasil yang membanggakan.

Ujian Nasional bukanlah suatu hal yang mudah dihadapi. Sebenarnya Anda membutuhkan persiapan yang matang agar sukses dalam menghadapi ujian dengan hasil memuaskan.

Kadang tidak sedikit yang merasa cemas jika sudah mendekati masa-masa ujian terlebih menjelang Ujian Nasional. Hal tersebut bisa jadi disebabkan oleh kurangnya persiapan dalam menghadapi Ujian Nasional.

UN Sudah Dekat, Inilah 5 Tips Sukses Persiapan Menghadapi Ujian Nasional

Bahkan banyak juga para pelajar yang tidak tahu apa saja yang harus dilakukan dalam mempersiapkan Ujian Nasional agar mendapatkan hasil terbaik.

Baca juga: Jika Kuliah Di Salah Satu Kampus Ini, Anda Bisa Jadi Pegawai PLN

Berikut ini Guru Abata akan memberi Anda 5 tips yang perlu dipersiapkan untuk menghadapi Ujian Nasional agar merasa percaya diri untuk memperoleh hasil yang maksimal.

1. Buat Rencana Belajar


Susunlah rencana belajar khusus yang harus Anda lakukan dalam beberapa bulan ke depan menjelang Ujian Nasional. Dalam hal ini Anda bisa juga menuliskan to-do-list yang berisi:

- Materi pelajaran apa yang harus dipelajari setiap hari

- Durasi belajar pada setiap materi pelajaran

- Target / goals yang ingin Anda capai sesudah mempelajari materi

- Catatan refleksi setelah belajar apa yang mesti Anda perbaiki dan harus ditingkatkan

Rencana belajar yang Anda buat bisa mengacu pada jadwal pelajaran di sekolah. Dengan begitu Anda bisa mengetahui proses perkembangan pembelajaran Anda sebelum Ujian Nasional.

2. Jaga Pola Tidur


Sederhana tapi sangat penting, dengan menerapkan pola tidur yang sehat akan dapat meningkatkan kinerja otak Anda. Sayangnya, penerapan pola tidur sehat merupakan hal yang sulit bagi yang telah terbiasa melakukan pola tidur yang tidak teratur.

Rentang waktu yang disarankan dokter bagi usia anak remaja adalah selama 7-8 jam. Namun, sebenarnya tidur yang ideal bukanlah hanya diukur dari durasinya saja. Seberapa besar kualitas tidur Anda juga menjadi faktor dari pola tidur yang baik.

Cara berikut bisa Anda lakukan untuk menujang penerapan pola tidur yang baik;

- Minum air putih hangat menjelang tidur

- Tidak menatap layar gadget / smartphone 30 menit sebelum tidur

- Jangan sekali-kali tidur dalam kondisi kekenyangan / setelah makan banyak

- Kurangi mengkonsumsi kafein

- Buat suasana tidur menjadi lebih tentram dan nyaman, misalnya dengan menyalakan murottal Al Quran atau pun menyalakan aromaterapi

- Berdoa sebelum tidur.

3. Konsumsi Makanan Sehat


Menjelang Ujian Nasional biasanya para siswa belajar tanpa lelah dan tidak memperhatikan apa yang mereka konsumsi. Padahal dengan mengkonsumsi makanan yang sehat akan banyak memberikan nutrisi bagi tubuh sehingga bisa mengurangi potensi terserang virus penyakit dan dapat menjadikan tubuh bugar serta berenergi.

Baca juga: Tips Keamanan Internet Bagi Pelajar - Cara Aman Di Dunia Online

Makanan sehat saja dapat memberikan nutrisi pada tubuh, namun juga memberikan nutrisi pada otak. Biasakanl mengkonsumsi buah dan sayur setidaknya satu kali dalam sehari.

Kandungan serat dan vitamin yang ada didalam buah dan sayur bisa membantu melancarkan pencernaan, melawan bakteri-bakteri jahat penyebab penyakit dan juga memberikan sumber energi.

Mengkonsumsi ikan salmon, tuna, dan makanan yang mengandung omega-3 bisa memberikan dampak positif pada daya ingat Anda.

Buah Strawberry, Blackberry, dan Blueberry mengandung antioksidan yang tinggi, sehingga dapat memberi nutrisi bagi otak dan bisa meningkatkan daya ingat Anda. Selain itu, ada juga Dark Chocolate yang banyak mengandung antioksidan guna meningkatkan daya ingat, Dark chocolate juga bisa membantu Anda dalam meningkatkan mood belajar.

4. Konsultasi Dengan Guru


Mempersiapkan diri untuk menghadapi Ujian Nasional harus dilakukan sejak jauh-jauh hari agar mendapat hasil yang optimal. Anda perlu sering-sering berkonsultasi kepada guru terkait mata pelajaran yang sedang Anda pelajari, dan tidak pula lupa untuk berkonsultasi dengan guru bimbingan konseling.

Hal utama yang perlu Anda tanyakan pada guru mata pelajaran adalah perihal materi pelajaran yang masih belum Anda pahami atau bisa juga berdasar catatan to-do-list yang belum Anda capai.

Guru mata pelajaran akan senang membantu Anda untuk mendalami materi pelajaran dan mungkin juga akan memberikan kiat-kiat khusus untuk menjawab soal UN dengan mudah.

Sedangkan dengan berkonsultasi pada guru bimbingan konseling bisa membantu Anda dalam memberikan motivasi belajar dan bisa juga Anda jadikan sebagai tempat curhat setelah berusaha untuk rajin belajar yang telah menguras banyak energi.

5. Perbanyak Latihan Soal


Practice makes perfect. Ungkapan tersebut memang benar adanya. Sebelum menghadapi Ujian Nasional, Anda harus lebih sering berlatih untuk mengerjakan soal-soal Ujian Nasional. Dalam hal ini Anda bisa mencari soal UN pada tahun lalu atau bisa mencari situs web penyedia soal latihan Ujian Nasional

Baca juga: Inilah 7 Rahasia Untuk Meningkatkan Keterampilan Belajar Anda

Mengerjakan latihan soal bisa membantu Anda untuk memperdalam materi pelajaran. Siapkan selalu minimal sepuluh butir soal untuk Anda kerjakan setelah selesai mempelajari materi, dan periksalah jawaban dari soal-soal yang telah Anda kerjakan tersebut.

Dengan begitu, Anda dapat mengukur sejauh mana kemampuan Anda memahami materi yang telah dipelajari. Upayakan soal-soal UN yang Anda siapkan berasal dari sumber yang terpercaya, sehingga Anda dapat mempelajari soal Ujian Nasional dengan prediksi yang akurat, setidaknya tidak melenceng terlalu jauh dari yang ada.

Salah satu contoh sumber yang menyediakan konten-konten soal terpercaya adalah situs web edutore.com. Platform belajar edutore.com menyajikan latihan soal-soal UN yang berasal dari penerbit-penerbit pilihan Gramedia.

Dalam situs web tersebut soal UN yang disediakan banyak pilihannya, sehingga Anda dapat banyak berlatih dengan mengerjakan soal yang berbeda.

Anda bisa mencari sumber terpercaya lain sebagai referensi dalam belajar untuk menghadapi Ujian Nasional (UN), dan upayakan soal yang Anda kerjakan tersebut dilengkapi pula dengan kunci jawaban dan pembahasan agar Anda bisa mencocokkan dengan apa yang telah Anda pelajari.

Demikian pembahasan tentang cara mudah untuk sukses menghadapi Ujian Nasional yang dapat Guru Abata sampaikan. Semoga dapat membantu Anda yang akan menghadapi UN tahun depan. Semoga berhasil.

Tulis Komentar

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera muncul.
Silahkan berkomentar dengan bahasa yang baik dan santun serta tidak melakukan spamming.

Lebih baru Lebih lama