Kiat Sukses Mengatur Waktu Secara Efektif Agar Berhasil

Waktu sangat berharga, terutama jika kita merupakan seorang pelajar / mahasiswa dan ingin mengejar tujuan studi yang sedang kita tempuh. Waktu dapat menjadi teman, bukanlah musuh, jika merencanakannya dengan cara yang efektif untuk menyelesaikan banyak hal dalam waktu yang lebih singkat.

Apakah Anda merencanakan tujuan studi setiap hari, mingguan atau tiap semester, Anda harus mengatur waktu belajar untuk mencapai keberhasilan akademis. Dan di bawah ini adalah beberapa tips untuk mengatur waktu secara efektif untuk meraih kesuksesan.

Kiat Sukses Dalam Mengatur Waktu Secara Efektif Agar Menjadi Orang Yang Berhasil

Tetap Teratur

Biarkan waktu terus mengontrol kita, seolah-olah membiarkannya mengendalikan diri kita. Manajemen waktu dapat lebih mudah dan lebih efektif ketika kita memiliki gambaran / perencanaan yang jelas tentang semua tugas dan kegiatan harian kita.

Tetap bersikap teratur terhadap hal-hal yang ingin kita capai, misal pada jam berapa, dan kemudian buatlah rencana yang sesuai. Dengan cara ini, kita akan dapat merencanakan dan mengatur waktu dengan baik.

Buat Daftar Setiap Hal Yang Harus Dilakukan

Membuat daftar tugas dan hal-hal yang harus dilakukan dapat membantu kita dalam mengatur waktu dengan cara yang terbaik. Cukup tulis semua tujuan studi harian seperti tugas, pekerjaan rumah, tenggat waktu dan ujian dll.

Dengan cara ini juga akan dapat membantu kita untuk mengingat tugas-tugas dan tenggat waktu terkait studi / pelajaran yang paling penting.

Utamakan Hal Yang Menjadi Prioritas

Setelah semua tugas ditulis, maka kita harus memprioritaskannya dengan bijak untuk menyelesaikan semuanya pada waktu yang tepat tanpa terlambat. Sebagai contoh, buatlah daftar semua tugas mulai dari yang paling penting dan mendesak, kemudian penting tapi tidak mendesak dan mendesak tapi tidak penting.

Dengan cara mengurutkan ini, kita akan dapat memanfaatkan waktu untuk menyelesaikan tugas-tugas yang paling penting dan mendesak. Dengan memprioritaskan studi kita, berhubungan dengan tugas; maka kita akan dapat meningkatkan peluang keberhasilan akademik.

Membuat Jadwal

Membuat jadwal akan lebih mudah setelah memprioritaskan tugas kita. Jadwal adalah sesuatu yang sangat berguna yang dapat memungkinkan kita untuk menyelesaikan semua tugas dan pekerjaan yang tercantum tepat waktu sesuai kerangka waktu yang disebutkan.

Hal itu membuat kita akan tetap fokus pada suatu hal penting yang harus dilakukan pada waktu tertentu. Banyak perencana siap pakai, jadwal belajar, e-tools dan aplikasi seluler yang tersedia yang dapat membuat proses penjadwalan lebih mudah dan efektif bagi seorang siswa.

Di zaman sekarang ini, siswa dapat membuat dan menyimpan jadwal pada smartphone mereka dengan nyaman. Mereka juga dapat mengatur pengingat dan alarm dalam jadwal dan perencana elektronik untuk tetap di atas segalanya.

Gunakan Kalender

Kalender dinding raksasa yang sederhana namun menyenangkan ditaruh di ruang belajar agar dapat membantu kita untuk mengingat tanggal dan hari yang penting.

Misalnya, ketika akan menandai tanggal ujian akhir pada kalender raksasa itu, kita akan dapat melihatnya di depan mata setiap kali masuk ke ruang belajar.

Hal itu akan membuat kita berhati-hati tentang hal yang penting. Hasilnya, kita juga akan dapat mengatur rutinitas sehari-hari sesuai untuk mendapatkan semua yang kita inginkan.

Gunakan Kartu Memo / Catatan

Penggunaan kartu memo adalah cara hebat lainnya untuk mengatur waktu serta menyelesaikan berbagai masalah tepat waktu.

Anda harus meletakkan kartu catatan di lokasi umum yang sering kita lewati seperti di pintu lemari es, di meja makan, cermin kamar mandi dan bisa juga di pintu ruang belajar dll.

Trik ini adalah cara terbaik agar dapat mengingat informasi yang paling penting dengan mudah dan efektif untuk tetap di atas segalanya.

Rencanakan Segala Segala Sesuatu Secara Logis

Jika Anda sering merasa mengantuk setelah makan siang, maka Anda harus memilih waktu itu untuk istirahat dari pada melakukan tugas atau hal lain yang dianggap penting.

Demikian pula, pilih waktu paling aktif dalam sehari untuk tugas-tugas penting dan mengambil waktu terkait studi untuk menyelesaikannya secara efektif.

Jaga Kondisi Kesehatan

Makan sehat, tetap terhidrasi dan nikmati setidaknya 7 jam tidur nyenyak untuk memiliki tubuh yang sehat dan pikiran yang aktif . Oleh karena itu, jika kita memiliki kesehatan yang baik dan pikiran yang fresh, Anda akan dapat menyelesaikan semua tugas dan pekerjaan dengan tepat waktu.

Siapkan Waktu Untuk Beristirahat

Anda bukanlah mesin. Jadi jadwalkan waktu untuk istirahat, tidak hanya untuk beristirahat dan untuk memulihkan kembali energi untuk hal-hal lain yang belum dilakukan pada jadwal tersebut.

Anda juga harus memiliki rencana B di tempat untuk mengelola segala sesuatunya dengan cara sebaik mungkin ketika Anda tidak dapat mengikuti rencana yang telah dibuat karena kesehatan yang buruk atau kejadian tak terduga lainnya.

Tulis Komentar

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera muncul.
Silahkan berkomentar dengan bahasa yang baik dan santun serta tidak melakukan spamming.

Lebih baru Lebih lama