Tidak Disangka, Ternyata 12 Kosakata Gaul Ini Masuk Dalam Kamus KBBI - Guru Abata

Sabtu, 25 Mei 2019

Tidak Disangka, Ternyata 12 Kosakata Gaul Ini Masuk Dalam Kamus KBBI


Tidak Disangka, Ternyata 12 Kosakata Gaul Ini Masuk Dalam Kamus KBBI

Seluruh kosakata yang biasa digunakan dalam Bahasa Indonesia dihimpun dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Kamus ini disusun oleh Pusat Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) yang terdiri atas versi cetak (buku besar), luring / luar jaringan (offline), dan daring / dalam jaringan (online).

Sementara itu, KBBI versi cetak edisi ke-5 merupakan produk paling baru yang telah diterbitkan pada tahun 2016. Sedangkan untuk versi daring dan luring, Pusat Bahasa selalu memperbaharuinya secara berkala.

Menariknya, kosakata yang biasa digunakan dalam bahasa gaul dimasukkan pula ke dalam KBBI. Jadi, tidak selalu bahasa yang ada dalam KBBI berasal dari bahasa Indonesia baku. Selama ini, sepertinya kamu sering menggunakan bahasa gaul dalam percakapan sehari-hari. Jika benar demikian, berikut ini adalah beberapa kosakata dalam percakapan bahasa gaul yang masuk ke KBBI.

1. Alay

Menurut KBBI, alay adalah anak layangan, atau bisa diartikan juga dengan gaya hidup yang berlebihan guna menarik perhatian orang.

Dalam bahasa gaul, kurang lebih artinya pun sama, namun konteksnya lebih kepada gaya seseorang yang dianggap norak atau terlalu kampungan. Dahulu mungkin kamu pernah bersikap alay bukan?

2. Lebay

Lebay artinya adalah gaya yang berlebihan dalam berpenampilan, berbicara, dan lain sebagainya. Dalam kamus KBBI dan bahasa gaul artinya tetap sama. Dengan begitu tidak asing lagi bukan?

3. Kepo

Sebenarnya, kepo adalah kependekan dari kata "kelakuan polisi". Kata ini biasa digunakan untuk menggambarkan rasa ingin tahu yang berlebihan pada suatu kepentingan atau urusan orang lain. Kata ini dipakai juga dalam kamus KBBI dengan arti yang sama pada bahasa gaul juga. Sepertinya banyak orang yang kepo nih di sekitar kita?

4. Jomlo

Menurut kamus KBBI, jomlo artinya adalah pria atau wanita yang belum mempunyai pasangan hidup. Terdengar tidak asing bukan? Sebenarnya, jomlo adalah bentuk penulisan yang tepat dari kata "jomblo". Mungkin tidak sedikit diantara kita yang masih salah dalam menyebutnya.

5. Kece

Dilansir dari kamus KBBI, kece memiliki arti cantik. Namun, dalam bahasa pergaulan sehari-hari maknanya sedikit lebih luas. Kata ini dapat digunakan untuk menyebut suatu hal yang sangat keren, seseorang yang terlihat sangat cantik, ataupun orang yang sangat ganteng. Pastikan kamu kece untuk hari ini!

6. Kicep

Kicep artinya diam karena takut atau gelisah. Baik dalam KBBI maupun pada bahasa gaul, arti dari kata kicep kurang lebih sama saja.

7. Bokek

Sering mengalami kehabisan uang? Dalam bahasa pergaulan sehari-hari, banyak yang menyebut orang dalam kondisi ini dengan istilah 'bokek'. Dan ternyata istilah ini juga sudah masuk dalam kamus KBBI.

8. Bokep

Nah ini nih, siapa yang suka nonton bokep? Menurut kamus KBBI, bokep artinya adalah film porno. Bagaimana dengan bahasa gaul, sama saja bukan?

9. Nyokap

Dalam kamus KBBI, nyokap artinya adalah ibu. Kata ini sering kali digunakan dalam pergaulan sehari-hari. Uniknya, kata "bokap" yang artinya ayah justru belum masuk ke dalam kamus KBBI hingga artikel ini ditulis.

10. Doi

Si doi bagaimana kabarnya nih? Menurut kamus KBBI, kata ini dapat berarti uang, pacar, ataupun dia (laki-laki). Namun, arti yang sering kita gunakan dalam pergaulan sehari-hari lebih merujuk kepada sang pacar atau pasangan.

11. Songong

Menurut kamus KBBI, songong artinya adalah orang yang tidak tahu adat. Namun, dalam bahasa pergaulan memiliki makna sedikit berbeda. Songong bisa diartikan sebagai orang yang sombong, banyak gaya atau belagu. Namun pada intinya, orang songong sudah pasti menyebalkan!

12. Agan

Dilansir dari kamus KBBI, agan adalah kependekan dari kata "juragan" yang artinya adalah tuan, nyonya, atau majikan. Dalam bahasa gaul, kata "agan" biasanya dipakai sebagai kata sapaan, sama halnya dengan bos, bro, sis, atau lainnya. Terkadang, orang hanya menyebutnya dengan kata "gan" saja. Istilah ini awalnya dipopulerkan oleh para warganet. Untuk perempuan, istilah yang dipakai berubah menjadi "aganwati".

Ternyata, banyak kosakata bahasa pergaulan sehari-hari sudah masuk dalam kamus KBBI. Hal ini berarti bahwa kata-kata tersebut telah diakui sebagai kosakata bahasa Indonesia secara resmi. Ayo lestarikan dan tetap gunakan bahasa Indonesia, serta jangan lupakan bahasa daerah, serta kuasai bahasa asing.
Komentar

Komentar dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera muncul.
Silahkan berkomentar dengan bahasa yang baik dan santun serta tidak spamming.
EmoticonEmoticon

SELAMAT DATANG
Selamat berkunjung di blog Guru Abata, kami selalu berupaya untuk memberikan konten yang bermanfaat dan mendidik bagi para pengunjung.

Dalam setiap artikelnya, kami kemas dengan informasi yang cerdas dan menarik. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk meninggalkan komentar pada masing-masing postingan yang Anda kunjungi.
Oke