Modul PJJ Semua Mapel Kelas 7 SMP/MTs Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022

Direktorat Sekolah Menengah Pertama, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, telah menerbitkan modul Pembelajaran Jarak Jauh PJJ...
Direktorat Sekolah Menengah Pertama, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, secara resmi telah menerbitkan modul PJJ untuk Kelas 7 SMP Semester 1 guna membantu kegiatan pembelajaran jarak jauh pada masa Pandemi Covid-19.

Modul PJJ Kelas 7 SMP semester 1 ini bisa Bapak / Ibu gunakan sebagai tambahan referensi bahan ajar untuk kegiatan pembelajaran jarak jauh semua mata pelajaran untuk kelas 7 SMP tahun pelajaran 2021/2022.

Modul PJJ Kelas 7 SMP semester 1 ini diterbitkan demi kelancaran pelaksanaan pembelajaran jarak jauh selama masa pandemi Covid-19 agar pembelajaran tetap bisa berjalan efektif dan kondusif.

Pandemi Covid-19 telah ditetapkan oleh Presiden Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai masa kedaruratan kesehatan dan bencana nasional non-alam.

Untuk itu, sebagaimana Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Menteri Agama (Menag), Menteri Kesehatan (Menkes), dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), dalam upaya mencegah penyebaran virus Covid-19 serta mengedepankan kesehatan dan keselamatan insan pendidikan, maka ditetapkan pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh dalam bentuk Belajar Dari Rumah (BDR).

Agar dapat memastikan hak belajar bagi setiap perserta didik terpenuhi meskipun dalam kondisi pandemi, Kemendikbud telah menghadirkan beberapa solusi alternatif untuk mendukung pelaksanaan belajar dari rumah.

Dalam rangka meringankan kesulitan pembelajaran di masa pandemi, Pemerintah menyiapkan dukungan kebijakan pelaksanaan kurikulum di masa khusus.

Kurikulum darurat (dalam kondisi khusus) yang disiapkan oleh Kemendikbud merupakan penyederhanaan dari kurikulum nasional yang telah berjalan selama ini.

Pada kurikulum darurat khusus, telah diadakan pengurangan kompetensi dasar untuk setiap mata pelajaran. Dengan demikian, guru dan para peserta didik bisa lebih fokus pada kompetensi esensial dan kompetensi prasyarat untuk kelanjutan kegiatan pembelajaran di tingkat berikutnya.

Bentuk dukungan tersebut salah satunya adalah dengan menyiapkan modul pembelajaran, seperti halnya Modul Pembelajaran Jarak Jauh semua Mata Pelajaran untuk Kelas 7 SMP Semester 1 yang kami bagikan ini.

Modul tersebut selanjutnya bisa digunakan guru maupun siswa dalam kegiatan pembelajaran jarak jauh di tahun pelajaran 2021/2022.

Modul PJJ Kelas 7 SMP Semester 1 Tahun 2021/2022

Modul PJJ untuk Kelas 7 SMP Semester 1 yang kami bagikan ini merupakan bahan ajar berseri yang dirancang khusus agar dapat digunakan dalam kegiatan belajar mandiri.

Modul ini akan membantu dan memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi peserta didik untuk mencapai kompetensi yang dituju secara mandiri.

Sebagai bahan ajar, unsur-unsur pokok modul ini terdiri atas: tujuan pembelajaran, aktivitas pembelajaran, dan evaluasi.

Tujuan pembelajaran menjadi sasaran penguasaan kompetensi yang dituju dalam belajar. Aktivitas pembelajaran berupa aktivitas-aktivitas yang dilakukan peserta didik agar memperoleh pengalaman belajar yang bermakna dalam mencapai tujuan pembelajaran.

Evaluasi adalah proses penentuan kesesuaian antara proses dan hasil belajar dengan tujuan pembelajaran. Di dalam hal ini, evaluasi bertujuan untuk memberikan latihan sekaligus mengukur tingkat ketercapaian kompetensi yang diperoleh peserta didik sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan pada bagian awal modul.

Modul ini menggunakan pendekatan belajar tuntas. Dalam hal ini peserta didik harus mencapai tingkat ketuntasan kompetensi tertentu sebelum melanjutkan untuk pencapaian kompetensi selanjutnya pada modul berikutnya.

Aktivitas pembelajaran dalam modul ini berpusat pada diri peserta didik, bukan pada guru maupun materi ajar. Peserta didik merupakan subjek yang aktif dan bertanggung jawab dalam pembelajarannya sendiri sesuai dengan kecepatan belajar masing-masing.

Strategi pembelajaran dalam modul ini memfasilitasi pengalaman belajar bermakna. Selain memperoleh kompetensi utama, yaitu kompetensi yang ditetapkan pada tujuan pembelajaran, peserta didik juga akan memperoleh pengalaman belajar terkait dengan pengembangan karakter, literasi, berpikir kritis, kreativitas, kolaborasi, dan komunikasi efektif.

Modul ini juga dapat digunakan oleh orang tua peserta didik secara mandiri untuk mendukung aktivitas belajar di rumah.

Dukungan orang tua sangat diharapkan agar peserta didik benar-benar memiliki kebiasaan belajar yang mandiri dan bertanggungjawab.

Orang tua juga diharapkan menyediakan diri untuk berdiskusi dan terlibat dalam aktivitas belajar jika peserta didik membutuhkannya.

Aktivitas belajar peserta didik dalam modul ini ini sedapat mungkin memaksimalkan potensi semua sumber belajar yang ada di lingkungan sekitarnya.

Setiap aktivitas pembelajaran dapat disesuaikan dengan kondisi peserta didik, orang tua, guru, sekolah, dan lingkungan sekitar.

Modul Pembelajaran Jarak Jauh untuk Kelas 7 SMP Semester 1 (Ganjil) Tahun Pelajaran 2021/2022 selengkapnya dapat Bapak / Ibu baca dan unduh melaui link download yang telah kami sediakan di bawah ini.

- Modul Pembelajaran Jarak Jauh IPA Kelas 7 SMP/MTs Semester 1 TP 2021/2022

- Modul Pembelajaran Jarak Jauh Matematika Kelas 7 SMP/MTs Semester 1 TP 2021/2022

- Modul Pembelajaran Jarak Jauh B. Indonesia Kelas 7 SMP/MTs Semester 1 TP 2021/2022

- Modul Pembelajaran Jarak Jauh PPKn Kelas 7 SMP/MTs Semester 1 TP 2021/2022

- Modul Pembelajaran Jarak Jauh B. Inggris Kelas 7 SMP/MTs Semester 1 TP 2021/2022

- Modul Pembelajaran Jarak Jauh Seni Budaya Kelas 7 SMP/MTs Semester 1 TP 2021/2022

- Modul Pembelajaran Jarak Jauh IPS Kelas 7 SMP/MTs Semester 1 TP 2021/2022

- Modul Pembelajaran Jarak Jauh PJOK Kelas 7 SMP/MTs Semester 1 TP 2021/2022

- Modul Pembelajaran Jarak Jauh Prakarya Kelas 7 SMP/MTs Semester 1 TP 2021/2022

Demikian yang dapat kami bagikan terkait informasi dan berkas panduan bahan ajar Modul PJJ untuk Kelas 7 SMP Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022. Semoga modul pembelajaran online ini bisa bermanfaat bagi Bapak / Ibu semua yang membutuhkan.