KI KD Kurikulum Darurat Covid-19 Untuk SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah menerbitkan Pedoman Pelaksanaan Kurikulum Darurat dalam kondisi khusus untuk satuan pendidikan jenjang Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas (SMA).

Kurikulum darurat adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran yang Kompetensi Dasarnya telah disederhanakan untuk setiap mata pelajarannya, sehingga guru, orang tua dan peserta didik tidak merasa terbebani dengan adanya Kurikulum yang sudah ada pada satuan pendidikan di masa pandemi Covid-19 ini.

KI KD Kurikulum Darurat Covid-19 Untuk SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA

Pemberlakuan Kurikulum Darurat ini memiliki tujuan untuk memberikan fleksibilitas bagi satuan pendidikan dalam menentukan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik.

Pemenuhan beban kerja 24 JTM dalam kurikulum darurat ini akan dikecualikan bagi satuan pendidikan yang berada di wilayah yang tidak mungkin melaksanakan pembelajaran secara penuh. Hal ini sesuai dengan Ketentuan Pelaksanaan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19 yang telah beredar sebelumnya.

Untuk mempermudah rekan-rekan dalam mencari Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) Kurikulum Darurat Jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA, mari kita bahas satu per satu.

KI & KD Kurikulum Darurat Covid-19


Untuk melaksanakan kebijakan mengenai kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran bagi peserta didik dalam kondisi khusus berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 719/P/2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Kurikulum pada Satuan Pendidikan dalam Kondisi Khusus, maka perlu adanya penyusunan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Berbentuk Sekolah Menengah Atas untuk Kondisi Khusus.

Berikut ini adalah Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar pada Kurikulum Darurat Covid-19 yang bisa Bapak / Ibu Guru download sesuai pada masing-masing jenjang, yaitu SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA.

KI & KD Kurikulum Darurat Jenjang SD/MI


Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar untuk jenjang SD/MI Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 memuat beberapa mata pelajaran diantaranya adalah Bahasa Indonesia, Matematika, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti, Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti, Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti, Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Seni Budaya dan Prakarya, IPA, IPS.

Untuk mendownload KI & KD SD/MI silahkan klik Disini.

KI & KD Kurikulum Darurat Jenjang SDLB/MILB


Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar untuk jenjang SDLB/MILB Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 memuat beberapa mata pelajaran diantaranya adalah Seni Budaya dan Prakarya - Autis, Seni Budaya dan Prakarya - Tunadaksa, Seni Budaya dan Prakarya - Tunagrahita, Seni Budaya dan Prakarya - Tunanetra, Seni Budaya dan Prakarya - Tunarungu.

Untuk mendownload KI & KD SDLB/MILB silahkan klik Disini.

KI & KD Kurikulum Darurat Jenjang SMP/MTs


Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar untuk jenjang SMP/MTs Kelas 7, 8, 9 memuat beberapa mata pelajaran diantaranya adalah Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Informatika, IPA, IPS, Matematika, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti, Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti, Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti, Pendidikan Agama Khonghucu dan Budi Pekerti, Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Prakarya - Budidaya, Prakarya - Kerajinan, Prakarya - Pengolahan, Prakarya - Rekayasa, Seni Budaya - Seni Musik, Seni Budaya - Seni Rupa, Seni Budaya - Seni Tari, Seni Budaya - Seni Teater.

Untuk mendownload KI & KD SMP/MTs silahkan klik Disini.

KI & KD Kurikulum Darurat Jenjang SMPLB


Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar untuk jenjang SMPLB Kelas 7, 8, 9 memuat beberapa mata pelajaran diantaranya adalah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - Autis, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - Tunadaksa, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - Tunagrahita, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - Tunanetra, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - Tunarungu Seni Budaya dan Prakarya - Autis, Seni Budaya dan Prakarya - Tunadaksa, Seni Budaya dan Prakarya - Tunagrahita, Seni Budaya dan Prakarya - Tunanetra, Seni Budaya dan Prakarya - Tunarungu.

Untuk mendownload KI & KD SMPLB silahkan klik Disini.

KI & KD Kurikulum Darurat Jenjang SMA/SMK/MA


Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar untuk jenjang SMA/SMK/MA Kelas 10, 11, 12 memuat beberapa mata pelajaran diantaranya adalah Antropologi, Bahasa Arab, Bahasa dan Sastra Jepang, Bahasa dan Sastra Jerman, Bahasa dan Sastra Korea, Bahasa dan Sastra Mandarin, Bahasa Indonesia (Peminatan), Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris (Peminatan), Bahasa Inggris Umum, Biologi, Ekonomi, Fisika, Geografi, Informatika, Kimia, Matematika (Peminatan), Matematika, Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti, Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti, Pendidikan Agama Khonghucu dan Budi Pekerti, Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Prakarya - Budidaya, Prakarya - Kerajinan, Prakarya - Pengolahan, Prakarya - Rekayasa, Sejarah Indonesia, Sejarah, Seni Budaya - Seni Musik, Seni Budaya - Seni Peran, Seni Budaya - Seni Rupa, Seni Budaya - Seni Tari, Seni Budaya - Seni Teater, Sosiologi.

Untuk mendownload KI & KD SMA/SMK/MA silahkan klik Disini.

KI & KD Kurikulum Darurat Jenjang SMALB


Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar untuk jenjang SMALB Kelas 10, 11, 12 memuat beberapa mata pelajaran diantaranya adalah PPKn, Seni Budaya, Seni Rupa, Seni Tari, Souvenir, Tata Boga, Tata Busana, Tata Graha, Tata Kecantikan, Teknik Penyiaran Radio, TIK.

Untuk mendownload KI & KD SMALB silahkan klik Disini.

Demikian yang dapat kami sampaikan terkait KI & KD Kurikulum Darurat Covid-19 Jenjang SD/MI, SMP/MTs dan SMA/SMK/MA Tahun 2020-2021 ini. Semoga dengan adanya kurikulum darurat ini bisa membantu rekan-rekan dalam melaksanakan pembelajaran secara optimal dan sesuai dengan tujuan pendidikan.

Kirim Komentar

Komentar dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera muncul.
Silahkan berkomentar dengan bahasa yang baik dan santun serta tidak spamming.

Lebih baru Lebih lama