Modul Belajar Dari Rumah (BDR) Tema 1 Untuk SD/MI Kelas 1 2 3 4 5 6

Bagi insan pendidikan, apalagi di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, tentunya akan sangat memerlukan banyak bahan ajar yang dapat digunakan para peserta didik untuk melakukan kegiatan belajar di rumah. Karena hampir semua sekolah di wilayah Indonesia menerapkan proses Belajar Dari Rumah (BDR) secara daring. Untuk mengakomodir keperluan tersebut, kami Guru Abata akan membagikan Modul Belajar Dari Rumah yang dapat digunakan untuk menunjang proses pembelajaran daring/online anak-anak di rumah.

Salah satu kebijakan yang diterapkan oleh Kemdikbud dalam penyelenggaraan pendidikan pada masa pandemi Covid-19 adalah dengan menggelar program Belajar Dari Rumah, atau yang biasa dikenal sebagai BDR.

Belajar Dari Rumah merupakan upaya yang dilakukan oleh Kemdikbud dengan tujuan untuk mencegah meluasnya penyebaran virus Covid-19, khususnya di lingkungan satuan pendidikan.

Modul Belajar Dari Di Rumah Untuk SD Kelas 1 2 3 4 5 6 Terbaru

Terkait dengan ketentuan tersebut, Kemdikbud juga telah menerbitkan Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Baca juga: Memupuk Pendidikan Karakter Saat Anak Belajar Di Rumah

Belajar dari Rumah dilaksanakan selama masa darurat penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) dan dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protokoler kesehatan dalam penanganan Covid-19.

Belajar Dari Rumah melalui Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) baik daring maupun luring dilaksanakan menyesuaikan dengan pedoman penyelenggaraan Belajar Dari Rumah dari Kemdikbud.

Tujuan Pelaksanaan Program Belajar Dari Rumah


Pelaksanaan program Belajar Dari Rumah (BDR) selama masa darurat Covid-19 yang ditetapkan oleh Kemdikbud bertujuan untuk:

1. Memastikan pemenuhan hak peserta didik untuk memperoleh layanan pendidikan selama masa darurat Covid-19;

2. Melindungi seluruh warga satuan pendidikan dari bahaya dampak penyebaran Covid-19;

3. Mencegah penyebaran serta penularan Covid-19 di setiap satuan pendidikan; dan

4. Memastikan pemenuhan dukungan psikososial untuk pendidik, peserta didik dan juga orang tua/wali.

Sebagai tambahan referensi, Anda juga dapat memiliki Modul Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Tema 1 untuk SD/MI yang dibuat oleh Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya agar dapat memperluas wawasan dan pelengkap bahan ajar Bapak / Ibu Guru ketika menyampaikan pembelajaran kepada peserta didik.

Prinsip Pelaksanaan Program Belajar Dari Rumah


Belajar Dari Rumah (BDR) dijalankan menyesuaikan prinsip-prinsip yang termaktub dalam Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan pada Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), yaitu sebagai berikut.

1. Keselamatan dan kesehatan lahir batin peserta didik, pendidik, kepala satuan pendidikan serta seluruh warga satuan pendidikan merupakan pertimbangan utama pada pelaksanaan BDR;

2. Kegiatan BDR dilaksanakan agar dapat memberi pengalaman belajar yang bermakna bagi para peserta didik, tanpa harus terbebani tuntutan menuntaskan seluruh capaian kurikulum;

3. BDR dapat difokuskan pada pendidikan kecakapan hidup, antara lain tentang pandemi Covid-19;

4. Materi pembelajaran bersifat inklusif, sesuai dengan usia dan jenjang pendidikan, konteks budaya, karakter serta jenis kekhususan peserta didik;

5. Aktivitas dan penugasan selama pelaksanaan BDR dapat bervariasi antar daerah, satuan pendidikan dan Peserta Didik menyesuaikan minat dan kondisi masing-masing;

6. Hasil belajar peserta didik selama pelaksanaan program BDR diberi umpan balik yang bersifat kualitatif dan bermanfaat dari guru; dan


7. Mengedepankan pola interaksi dan komunikasi yang positif antara guru dengan orang tua/wali.
Metode Dan Media Pelaksanaan Belajar Dari Rumah

Pelaksanaan BDR dilakukan secara jarak jauh dengan istilah Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang terbagi ke dalam 2 (dua) macam pendekatan, yaitu:

1. Pembelajaran Jarak Jauh dalam jaringan (daring)

2. Pembelajaran Jarak Jauh luar jaringan (luring)

Dalam pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh, setiap satuan pendidikan dapat menentukan pendekatan cara belajar (daring atau luring atau kombinasi keduanya) sesuai dengan ketersediaan fasilitas dan kesiapan sarana dan prasarana.

Modul Belajar Dari Rumah Kelas 1 2 3 4 5 6 SD/MI


Guna membantu memfasilitasi peserta didik untuk mensukseskan pelaksanaan program Belajar Dari Rumah, berikut Guru Abata membagikan soft file Modul Belajar Dari Rumah untuk SD Kelas 1 2 3 4 5 6 SD/MI tahun 2020.

Modul BDR Kelas 1 2 3 4 5 6 SD/MI ini dapat dimanfaatkan sebagai bahan belajar mandiri selama para peserta didik melakukan belajar di rumah.

Guru juga bisa memanfaatkan Modul Belajar Dari Rumah ini untuk dijadikan sebagai salah satu alternatif sarana pembelajaran jarah jauh.

  • Modul Belajar Dari Rumah (BDR) Tema 1 SD/MI Kelas 1 2 3 4 5 6
  • Modul Belajar Dari Rumah (BDR) Tema 1 SD/MI Kelas 1 2 3 4 5 6
  • Modul Belajar Dari Rumah (BDR) Tema 1 SD/MI Kelas 1 2 3 4 5 6
  • Modul Belajar Dari Rumah (BDR) Tema 1 SD/MI Kelas 1 2 3 4 5 6
  • Modul Belajar Dari Rumah (BDR) Tema 1 SD/MI Kelas 1 2 3 4 5 6
  • Modul Belajar Dari Rumah (BDR) Tema 1 SD/MI Kelas 1 2 3 4 5 6

Bagi orang tua, Modul pelaksanaan belajar sistem BDR ini dapat dimanfaatkan untuk menunjang kegiatan anak-anak mereka selama melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh, baik dengan cara daring maupun luring.

Modul Belajar Dari Rumah untuk SD/MI Kelas 1 2 3 4 5 6 Tahun 2020 ini secara lengkap dapat dilihat dan didownload pada link yang tersedia di bawah ini.

- Buku Modul Belajar Dari Rumah SD/MI Kelas 1 - Download

- Buku Modul Belajar Dari Rumah SD/MI Kelas 2 - Download

- Buku Modul Belajar Dari Rumah SD/MI Kelas 3 - Download

- Buku Modul Belajar Dari Rumah SD/MI Kelas 4 - Download

- Buku Modul Belajar Dari Rumah SD/MI Kelas 5 - Download

- Buku Modul Belajar Dari Rumah SD/MI Kelas 6 - Download

Keterangan Materi:
Kelas 1 Tema 1 MPLS dan Diriku
Kelas 2 Tema 1 Hidup Rukun
Kelas 3 Tema 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup
Kelas 4 Tema 1 Indahnya Kebersamaan
Kelas 5 Tema 1 Organ Gerak Hewan
Kelas 6 Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup

Selain Modul Belajar Dari Rumah (BDR) Tema 1 Untuk SD/MI yang kami bagikan ini kami juga telah membagikan Modul Belajar Dari Rumah (BDR) Tema 2 Untuk SD/MI Kelas 1-6. Untuk itu, bagi Bapak / Ibu Guru yang membutuhkannya, dapat download file Modul BDR Tema 2 pada artikel tersebut.

Update
- Modul Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Tema 3 Kelas 1-6 - Kota Tasikmalaya

Demikian yang dapat Guru Abata bagikan mengenai artikel modul Belajar Dari Rumah Kelas 1 2 3 4 5 6 SD/MI tahun 2020 ini. Semoga dengan adanya Modul Belajar Dari Di Rumah Untuk SD Kelas 1 2 3 4 5 6 Terbaru ini dapat bermanfaat sebagai tambahan referensi para guru kelas untuk membimbing para peserta didiknya.

Jangan sungkan untuk membagikan artikel ini kepada orang-orang terdekat Anda melalui tombol media sosial di bawah ini. Dan jika terdapat link download yang rusak, mati, error, atau masalah lainnya, tolong beritahu kami melalui kolom komentar agar dapat segera kami perbaiki.

Kirim Komentar

Komentar dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera muncul.
Silahkan berkomentar dengan bahasa yang baik dan santun serta tidak spamming.

Lebih baru Lebih lama