Contoh Aplikasi Surat Keterangan Lulus (SKL) Tahun 2021 Terbaru

Assalaamualaikum sobat pendidikan, postingan kali ini kami akan membagikan informasi tentang kelulusan peserta didik yang berada di tingkat akhir sekolah. Sebagaimana kita ketahui, bahwa siswa tingkat akhir yang akan diluluskan maka sekolah harus mempersiapkan format surat keterangan lulus bagi siswa yang dinyatakan lulus. Sehingga surat keterangan lulus tersebut nantinya akan bisa dipakai siswa untuk melakukan pendaftaran di tingkat sekolah selanjutnya.

Bagi siswa tingkat akhir, yakni peserta didik kelas 6 SD, kelas 9 SMP dan kelas 12 SMA/SMK yang dinyatakan lulus akan mendapatkan ijazah. Selain itu, sekolah pun harus memberikan bukti yang menyertai berupa surat keterangan lulus (SKL). Untuk membuat surat keterangan lulus, sekolah harus membuat surat kelulusan tersebut sebagai bukti awal bahwa siswa yang dinyatakan lulus memiliki bukti fisik sebagai bekal untuk melakukan pendaftaran ke sekolah lanjutan.

Bagi satuan pendidikan jenjang SD, jenjang SMP, maupun jenjang SMA/SMK yang sampai sekarang masih belum memiliki berkas file surat keterangan lulus (SKL), disini kami akan membagikan file surat keterangan kelulusan versi baru yang bisa digunakan untuk semua jenjang sekolah.

download aplikasi skl skhu

Aplikasi Surat Keterangan Lulus (SKL) Tahun 2021 Terbaru

Postingan ini bertujuan untuk membantu Bapak / Ibu Guru di masin-masing sekolah yang sedang membutuhkan berkas file surat keterangan lulus (SKL) untuk dipakai di sekolahnya tempat Bapak / Ibu bertugas. Jika membutuhkan filenya, maka melalui artikel sederhana ini kami akan membagikannya secara gratis kepada Bapak / Ibu dan semoga bisa bermanfaat sesuai peruntukannya.

Sebelum membagikan file surat keterangan lulus (SKL) ini, kami akan berbagi informasi sedikit berkenaan dengan syarat yang harus dipenuhi oleh setiap peserta didik tingkat akhir agar bisa dinyatakan lulus dari sekolah masing-masing. Jika syarat-syarat tersebut tidak terpenuhi, maka sekolah bisa memberikan sanksi berupa pernyataan atau keterangan bahwa siswa tersebut dinyatakan tidak lulus dan begitu juga sebaliknya jika siswa tersebut sudah memenuhi semua persyaratan kelulusan maka tentu nantinya bisa mendapatkan surat keterangan kelulusan.

Setidaknya terdapat tiga syarat yang bisa digunakan sebagai dasar bahwa peserta didik dapat dinyatakan lulus pada setiap jenjang pendidikan, diantaranya adalah:

1. Menyelesaikan seluruh program pembelajaran yang dibuktikan dengan rapor setiap semester.

2. Memperoleh nilai sikap / perilaku minimal baik.

3. Mengikuti Ujian yang diselenggarakan oleh Satuan Pendidikan.

Jika ketiga syarat tersebut sudah terpenuhi, maka siswa yang bersangkutan berhak menyandang status lulus dan tentu saja sesuai dengan aturan yang diberlakukan pada masing-masing satuan pendidikan.

Berbicara tentang kelulusan siswa, maka bagi Bapak / Ibu Guru yang ingin memiliki file surat keterangan lulus (SKL) untuk jenjang SD, SMP, SMA/SMK ini bisa mendapatkan filenya secara gratis. Berkas file SKL yang kami bagikan ini dalam bentuk docx Microsoft word, sehingga bisa memudahkan Bapak / Ibu dalam menggunakannya.

Tata Cara Mengisi Nilai Pada Daftar Nilai Ujian Sekolah

- Pertama, yang harus disiapkan adalah format daftar nilai dalam bentuk surat keterangan lulus (SKL) seperti contoh yang akan kami bagikan pada postingan ini.

- Siapkan kertas berukuran A4 dengan kop sekolah masing-masing.

- Isi data nama, tanggal lahir, nomor peserta, nomor induk siswa / nomor induk peserta didik dan nomor induk siswa nasional.

- Siapkan daftar nilai ujian sekolah masing-masing siswa.

- Masukkan nilai rata-rata pengetahuan dan keterampilan untuk semua mata pelajaran yang diperoleh dari ujian sekolah. Sebagai contoh, hasil ujian Bahasa Indonesia dengan nilai 85 (tanpa desimal).

- Hitung rata-rata semua nilai mata pelajaran dengan angka dua di belakang koma. Contoh: rata-rata ujian sekolah 90,47.

- Lampirkan pas foto.

- Tetapkan tempat dan tanggal penerbitan, nama sekolah dan tanda tangan Kepala Sekolah.

- Nilai yang tertera pada Surat Keterangan Lulus harus sama dengan nilai ujian sekolah pada halaman belakang Ijazah.

Baiklah bagi Bapak / Ibu Guru yang membutuhkan berkas file surat keterangan lulus (SKL) dalam bentuk file word versi terbaru ini, dapat mengunduhnya melalui link download yang kami sediakan. Di bawah ini kami sertakan juga Aplikasi SKHU sementara dan aplikasi SKL untuk jenjang SMA sebagai tambahan referensi bagi Bapak / Ibu Guru sekalian.

DOWNLOAD CONTOH SURAT KETERANGAN LULUS (SKL) SEMUA JENJANG

DOWNLOAD CONTOH SURAT KETERANGAN LULUS (SKL) UNTUK SMP

DOWNLOAD APLIKASI SKHU SEMENTARA DI MASA PANDEMI

DOWNLOAD APLIKASI SKL UNTUK JENJANG SMA TERBARU

Demikian informasi yang bisa kami bagikan terkait contoh surat keterangan lulus (SKL) tahun 2021 ini. Semoga bisa bermanfaat bagi sekolah yang membutuhkan. Jangan lupa pula untuk menyesuaikan penggunaannya sesuai dengan jenjang sekolah masing-masing.

1 Komentar

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera muncul.
Silahkan berkomentar dengan bahasa yang baik dan santun serta tidak melakukan spamming.

Posting Komentar

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera muncul.
Silahkan berkomentar dengan bahasa yang baik dan santun serta tidak melakukan spamming.

Lebih baru Lebih lama