SK TPMPS (Tim Penjaminan Mutu Pendidikan Sekolah) Tahun 2020/2021

Hai sahabat Guru Abata, kali ini kami akan mencoba berbagi salah satu file penting untuk berkas sekolah dalam melengkapi administrasi keperluan pengisian instrumen PMP. Adapun yang akan kami bagikan adalah contoh Surat Keputusan Tim Penjaminan Mutu Pendidikan Sekolah atau biasa disingkat dengan SK TPMPS.

SK TPMPS yang Guru Abata bagikan ini merupakan format terbaru yang dapat digunakan di tahun pelajaran 2020/2021 saat ini untuk melengkapi persyaratan dan pembagian tugas dan tanggung jawab pada setiap penanggungjawab 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP) baik jenjang SD, SMP, SMA maupun SMK.

Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan di sekolah akan berjalan dengan baik jika seluruh warga sekolah aktif terlibat di dalamnya. Sehingga diperlukan adanya pembentukan sebuah tim untuk dapat melaksanakan program Penjaminan Mutu Pendidikan di sekolah.

SK TPMPS (Tim Penjaminan Mutu Pendidikan Sekolah) Tahun 2020/2021

Sebagaimana yang telah dilakukan oleh Kemendikbud dengan mengeluarkan sebuah aplikasi yang bernama Penjaminan Mutu Pendidikan (PMP) untuk setiap satuan pendidikan dan wajib diisi setiap komponen yang telah ditentukan.

Dengan hadirnya aplikasi Penjaminan Mutu Pendidikan ini, sekolah jadi dapat mengetahui hasil rapor mutu sekolah itu sendiri yang dapat dijadikan sebagai ukuran keberhasilan sekolah dalam melaksanakan Penjaminan Mutu Pendidikan.

Berdasarkan Permendikbud Nomor 28 tahun 2016 Tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah, Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan tergolong menjadi 2 bagian, yakni Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dan Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME).

Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) direncanakan, dilaksanakan, dikendalikan dan dikembangkan oleh setiap satuan Pendidikan Dasar dan menengah yang mencakup seluruh aspek penyelenggaraan Pendidikan dengan memanfaatkan sumber daya untuk mencapai Standar Nasional Pendidikan.

Salah satu tugas dan wewenang dari satuan pendidikan dalam mengembangkan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) adalah dengan membentuk Tim Penjaminan Mutu Pendidikan Sekolah (TPMPS) yang terdiri atas kepala sekolah, guru, tenaga kependidikan dan komite sekolah.

Nantinya Tim Penjaminan Mutu Pendidikan Sekolah (TPMPS) inilah yang akan bertanggung jawab dalam pelaksanaan siklus Penjaminan Mutu Pendidikan di setiap satuan pendidikan masing-masing, sehingga akan mudah tercipta budaya mutu di sekolah.

Adapun pembagian tugas dalam struktur kepanitiaan Tim Penjaminan Mutu Pendidikan Sekolah (TPMPS) yaitu meliputi:

- Ketua
- Koordinator Pengembang Standar Isi
- Koordinator Pengembang Standar Proses
- Koordinator Pengembang Standar Kelulusan
- Koordinator Pengembang Standar Sarpras
- Koordinator Pengembang Standar PTK
- Koordinator Pengembang Standar Penilaian
- Koordinator Pengembang Standar Pengelolaan
- Koordinator Pengembang Standar Pembiayaan
- Anggota Auditor / Evaluator Internal

Tugas Panitia Tim Penjaminan Mutu Pendidikan Sekolah (TPMPS)


Adapun beberapa tugas dan tanggung jawab yang harus di emban dalam melakukan tugas sebagai panitia diantaranya adalah:

1. Mengelola data mutu pendidikan di tingkat satuan pendidikan.

2. Mengkoordinasikan pelaksanaan penjaminan mutu di tingkat satuan pendidikan.

3. Melakukan pembinaan, pembimbingan, pendampingan, dan supervisi terhadap pelaku pendidikan di satuan pendidikan dalam pengembangan penjaminan mutu pendidikan.

4. Melaksanakan pemetaan mutu pendidikan berdasarkan data mutu pendidikan di satuan pendidikan.

5. Melakukan monitoring dan evaluasi proses pelaksanaan pemenuhan mutu yang telah dilakukan.

6. Memberi rekomendasi strategi peningkatan mutu berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi.

Bagi Anda yang di sekolahnya sudah melakukan pemilihan panitia Tim Penjaminan Mutu Pendidikan Sekolah (TPMPS) namun masih belum memiliki SK Tim Penjaminan Mutu Pendidikan Sekolah (TPMPS) maka pada postingan ini, Anda dapat mengunduh berkas contoh format SK Tim Penjaminan Mutu Pendidikan Sekolah (TPMPS) secara gratis dan Anda cukup menyesuaikan dengan kedaan di sekolah masing-masing.

File berkas SK Tim Penjaminan Mutu Pendidikan Sekolah (TPMPS) yang adalah yang guruf bagikan pada postingan kali ini, filenya tersimpan dalam bentuk file word sehingga dapat diedit dengan mudah dan Anda bisa menyesuaikannya dengan nama sekolah Anda maisng-masing.

Download Contoh SK TPMPS 2020


Bagi Bapak / Ibu Guru yang sedang mencari referensi untuk berkas administrasi berupa SK TPMPS untuk tahun pelajaran terbaru saat ini, kami telah menyiapkan contohnya dan file tersebut tentunya bisa didownload dan diedit oleh Bapak / Ibu sesuai kebutuhan.

Contoh File SK Tim Penjaminan Mutu Pendidikan Sekolah (TPMPS) Terbaru - Download

Itulah yang dapat kami sampaikan kali ini, semoga contoh format SK Tim Penjaminan Mutu Pendidikan Sekolah (TPMPS) yang sudah kami bagikan bisa bermanfaat bagi Anda yang membutuhkan serta dapat dijadikan sebagai referensi dalam membuat SK Tim Penjaminan Mutu Pendidikan Sekolah (TPMPS) agar bisa menghasilkan SK yang lebih sempurna lagi.

Kirim Komentar

Komentar dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera muncul.
Silahkan berkomentar dengan bahasa yang baik dan santun serta tidak spamming.

Lebih baru Lebih lama