Inilah 6 Manfaat Udara Segar Bagi Kesehatan Anda

Tahukah Anda, tubuh kita membutuhkan asupan udara segar untuk bernapas? Jika udara yang kita hirup telah terpengaruh oleh lingkungan yang kotor, maka udara yang kita hirup juga merupakan udara yang kotor.

Sejak kecil mungkin kita selalu didorong untuk pergi keluar ruangan jika ingin mendapatkan udara segar. Namun jika sedang merasa panas, biasanya orang cenderung melupakan pentingnya menghabiskan waktu di luar ruangan.

Disaat sebagian orang tumbuh dengan bermain di lapangan dan taman terbuka, sebagai orang lainnya juga kerap kali menghabiskan waktu di dalam ruangan.

Inilah 6 Manfaat Udara Segar Bagi Kesehatan Anda

Dengan pola hidup yang sebagian besar berpusat di dalam ruangan tersebut untuk melakukan aktifitas bekerja dan belajar, maka cukup sulit bagi kebanyakan orang untuk mendapatkan waktu di luar ruangan meskipun hanya sekedar menghirup udara segar.

Sehingga pentingnya berada di luar ruangan terkadang jadi dilupakan atau bahkan diremehkan. Padahal beberapa manfaat menghirup udara segar berikut ini sangat baik bagi kesehatan tubuh kita.

1. Meningkatkan Sistem Imun

Selama musim kemarau, resiko terkena flu atau pilek masih tetap saja ada. Anda dapat melawan penyakit dengan bantuan udara segar yang bisa membantu meningkatkan sistem imun Anda untuk melawan penyakit lebih efektif, karena sel tubuh yang lebih sehat.

Cara ini juga dapat mensuplai sistem imun tubuh Anda dengan oksigen yang diperlukan untuk membasmi bakteri, virus serta kuman. Bernapas di udara yang kurang segar, tidak akan ada penyuplai tubuh dengan oksigen yang cukup untuk menjaga sel agar tetap terpenuhi dan berfungsi secara optimal.

2. Kurangnya Polusi

Ventilasi alami tetap lebih sehat dari pada menghirup udara yang kurang segar di dalam ruangan. Anda dapat memperolehnya ketika berolahraga di luar ruangan atau dapat juga membiarkan udara segar masuk ke dalam rumah agar terjadi sirkulasi udara yang baik.

Bahkan menurut Environmental Protection Agency dari AS, udara di dalam ruangan rumah ternyata dua atau lima kali lebih terkena polusi dari pada udara di luar ruangan. Udara segar juga berisi dengan ion negatif, yang berkaitan dengan perasaan lebih sehat dan sejahtera.

3. Membersihkan Paru-Paru

Paru-paru manusia akan mengembang lebih banyak oleh sebab peningkatan oksigen yang dihirup. Ketika mengeluarkan udara dari dalam paru-paru, maka kita juga akan melepaskan racun melalui udara.

Menghirup udara segar akan dapat mendatangkan manfaat yang sangat bagus untuk paru-paru Anda. Tidak hanya itu, hal tersebut juga akan membantu jalan udara di paru-paru untuk mengembang lebih penuh dan memaksimalkan proses pembersihan paru-paru Anda.

4. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Manfaat udara segar yang berasal di luar ruangan dapat membantu tekanan darah dan detak jantung karena menurunnya tingkat polusi.

Berada di luar ruangan akan membantu Anda mendapatkan kesehatan jantung yang lebih menyeluruh. Udara yang kurang segar dan cenderung kotor akan memaksa tubuh untuk bekerja lebih keras guna mendapatkan jumlah oksigen yang lebih layak bagi tubuh.

5. Meningkatkan Kesehatan Otak

Anda akan menghirup lebih banyak oksigen ketika keluar ruangan di udara terbuka. Ketika otak mendapatkan asupan oksigen lebih banyak dari biasanya, maka otak akan mampu berfungsi secara lebih efektif.

Otak yang berfungsi dengan baik akan membawa kejernihan pikiran dan cenderung mampu berpikir lebih baik serta dapat meningkatkan kemampuan dalam berkonsentrasi.

6. Meningkatkan Suasana Hati

Semakin banyak manfaat udara segar yang dihirup, maka akan semakin banyak pula oksigen yang didapatkan untuk bernapas. Sehingga akan dapat meningkatkan jumlah serotonin, yaitu hormon dalam tubuh yang membawa perasaan bahagia. Semakin besar jumlah serotonin maka akan semakin menjauhkan Anda dari kemungkinan pikiran stres dan tidak bahagia.

Emosi yang positif dapat diasosiasikan dengan kebiasaan kesehatan jangka panjang yang penting untuk menurunkan resiko penyakit jantung dan kematian. Tingkat emosi positif yang lebih tinggi juga dapat diasosiasikan dengan menguri merokok, aktivitas fisik yang baik, kualitas tidur cukup dan kesehatan secara keseluruhan.

Cara Mendapatkan Udara Segar

Selain melalui kegiatan olahraga di luar ruangan, manfaat udara segar juga dapat Anda peroleh ketika sedang beraktifitas di rumah atau di dalam ruangan lainnya.

Beberapa cara untuk mendapatkan manfaat udara bersih dan segar bisa Anda peroleh dengan tips untuk mendapatkan manfaat ventilasi udara sebagai berikut:

Sebagaimana yang telah kita pelajari di sekolah, pepohonan melakukan fotosintesis untuk mengubah karbondioksida menjadi oksigen yang justru kita butuhkan untuk bernapas. Dalam satu tahun saja, keberadaan pepohonan mampu menyelamatkan 850 nyawa dan mencegah 670 ribu kasus masalah pernapasan akut.

Menurut sebuah jurnal Environmental Pollution di AS, satu pohon akan menghilangkan polusi dari udara, dan membuat lingkungan menjadi lebih sehat untuk dihirup oleh manusia.

Begitu juga manfaat energi angin yang dihasilkan pada udara yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia, contohnya manfaat energi angin bagi dunia penerbangan dan manfaat energi angin bagi hewan.

Tulis Komentar

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera muncul.
Silahkan berkomentar dengan bahasa yang baik dan santun serta tidak melakukan spamming.

Lebih baru Lebih lama