Contoh Soal Ujian Sekolah SMP/MTs Lengkap (Disertai Kunci Jawaban)

Soal Ujian Sekolah atau biasa disebut dengan US yang akan kami bagikan ini untuk siswa tingkat SMP/MTs Kurikulum 2013 yang dapat membantu para peserta didik kelas 9 SMP/MTs untuk belajar guna mempersiapkan diri menghadapi Ujian Sekolah tahun pelajaran 2020/2021.

Dalam Surat Edaran Mendikbud Nomor 1 Tahun 2021 tentang Peniadaan Ujian Nasional dan Ujian Kesetaraan Serta Pelaksanaan Ujian Sekolah Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19 telah dijelaskan bahwa kelulusan peserta didik salah satunya yaitu ditentukan oleh Ujian yang diselenggarakan oleh masing-masing satuan pendidikan.

Ujian yang dapat diselenggarakan oleh satuan pendidikan atau sekolah ini dapat dilaksanakan dalam bentuk sebagai berikut.

- Portofolio, yaitu berupa evaluasi berdasarkan nilai rapor, nilai sikap, dan prestasi yang diperoleh siswa sebelumnya (penghargaan, hasil perlombaan, dan sebagainya).
- Penugasan.
- Tes secara daring atau luring
- Bentuk kegiatan penilaian lainnya yang ditetapkan oleh satuan pendidikan.

Oleh sebab itu, peserta didik diharapkan agar dapat mempersiapkan diri untuk belajar mengerjakan soal-soal Ujian Sekolah yang akan diselenggarakan di tahun 2021 ini. Namun itupun jika satuan pendidikan menentukan kebijakan akan menyelenggarakan ujian dalam bentuk tes.

Dengan mempersiapkan diri sejak awal, maka peserta didik akan mampu menjawab soal-soal dengan baik dan memperoleh hasil maksimal.

Contoh untuk latihan mengerjakan Soal Ujian Sekolah SMP/MTs yang Guru Abata bagikan ini dibuat dengan mempertimbangkan lingkup materi yang berpedoman pada Kurikulum 2013.

Soal US SMP MTs Kurikulum 2013 Tahun 2021

Ujian Sekolah merupakan salah satu kegiatan pengukuran capaian kompetensi peserta didik yang diselenggarakan Satuan Pendidikan dengan mengacu kepada Standar Kompetensi Lulusan guna memperoleh pengakuan atas prestasi belajar.

Ujian Sekolah berfungsi sebagai bentuk penilaian hasil belajar peserta didik. Selain itu, ujian sekolah juga berfungsi sebagai berikut.

- Digunakan untuk mengetahui perkembangan belajar, memantau hasil belajar, dan mendeteksi kebutuhan perbaikan hasil belajar peserta didik secara berkesinambungan.

- Penguatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP)/Kelompok Kerja Guru (KKG)/Forum Tutor dalam pengembangan dan pentusunan naskah soal.

- Sebagai dasar pemetaan, pembinaan, dan pemberian bantuan kepada satuan pendidikan.

- Untuk pemerataan dan peningkatan mutu pendidikan.

Dilaksanakannya Ujian Sekolah merupakan salah satu bentuk ujian sumatif dalam rangka mengukur pencapaian belajar peserta didik secara kognitif.

Soal yang diberikan dalam pelaksanaan Ujian Sekolah kelas 9 SMP/MTs terdiri atas soal-soal setiap mata pelajaran yang disampaikan selama pembelajaran di SMP/MTs yang memuat materi dari kelas 7, kelas 8, dan kelas 9 Kurikulum 2013 dengan proporsi yang telah ditentukan.

Dalam rangka memberi gambaran bentuk soal Ujian Sekolah untuk SMP/MTs tahun pelajaran 2020/2021, maka berikut kami dibagikan contoh soal Ujian Sekolah (US) untuk Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013. Anda dapat mengunduh contoh soal latihan US SMP MTs Kurikulum 2013 tahun 2021 ini secara gratis melalui link unduhan yang telah kami sediakan di bawah.

- Contoh Soal Ujian Sekolah PAI & BP Untuk SMP/MTs K13 Tahun Pelajaran 2020/2021

- Contoh Soal Ujian Sekolah Matematika Untuk SMP/MTs K13 Tahun Pelajaran 2020/2021

- Contoh Soal Ujian Sekolah B. Indonesia Untuk SMP/MTs K13 Tahun Pelajaran 2020/2021

- Contoh Soal Ujian Sekolah B. Inggris Untuk SMP/MTs K13 Tahun Pelajaran 2020/2021

- Contoh Soal Ujian Sekolah PPKn Untuk SMP/MTs K13 Tahun Pelajaran 2020/2021

- Contoh Soal Ujian Sekolah PJOK Untuk SMP/MTs K13 Tahun Pelajaran 2020/2021

- Contoh Soal Ujian Sekolah IPS Untuk SMP/MTs K13 Tahun Pelajaran 2020/2021

- Contoh Soal Ujian Sekolah IPA Untuk SMP/MTs K13 Tahun Pelajaran 2020/2021

- Contoh Soal Ujian Sekolah Prakarya Untuk SMP/MTs K13 Tahun Pelajaran 2020/2021

- Contoh Soal Ujian Sekolah Seni Budaya Untuk SMP/MTs K13 Tahun Pelajaran 2020/2021


Kami juga merekomendasikan Anda untuk mengunduh Kisi-Kisi Soal Ujian Sekolah untuk SMP MTs melalui link unduhan berikut:

Kisi-Kisi Soal Ujian Sekolah SMP/MTs Kurikulum 2013 Terbaru

Demikian yang bisa kami bagikan terkait contoh soal Ujian Sekolah US Kelas 9 SMP MTs sesuai dengan Kurikulum 2013 tahun 2021. Semoga bermanfaat dan sukses dalam pelaksanaan Ujian Sekolah nanti.

Tulis Komentar

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera muncul.
Silahkan berkomentar dengan bahasa yang baik dan santun serta tidak melakukan spamming.

Lebih baru Lebih lama