Contoh Prota Dan Promes Untuk SD/MI Kurikulum 2013 Revisi Terbaru

Bagi Bapak / Ibu Guru yang membutuhkan dokumen administrasi sekolah terkait berkas Prota (Program Tahunan) Dan Promes (Program Semester) untuk Kelas 1 2 3 4 5 6 SD MI Kurikulum 2013 edisi terbaru revisi.

Prota dan Promes untuk SD / MI kelas 1 2 3 4 5 6 Kurikulum 2013 yang Guru Abata bagikan ini bisa dijadikan sebagai salah satu referensi dalam melakukan penyusunan administrasi pembelajaran turunannnya, yakni silabus, Kriteria Ketentuan Minimal (KKM), serta Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

Pasalnya, untuk dapat menyusunan perangkat guru Silabus dan RPP, idealnya dikembangkan berdasarkan pada Prota dan Promes yang telah disusun terlebih dahulu.

Download Prota Dan Promes Untuk SD/MI Kurikulum 2013 Revisi Terbaru

Oleh sebab itu, penyusunan prota dan promes sebaiknya dilakukan benar-benar sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan agar prota dan promes tersebut dapat dijadikan sebagai dasar pembuatan administrasi pembelajaran yang tepat.

1. Prota (Program Tahunan)

Prota (Program Tahunan) adalah sebuah rencana penetapan alokasi waktu selama satu tahun untuk mencapai tujuan pembelajaran (KI dan KD) sebagaimana yang telah ditetapkan.

Penetapan alokasi waktu ini sangat diperlukan supaya seluruh Kompetensi Dasar dapat tercapai dengan baik oleh peserta didik.

Penentuan alokasi waktu itu sendiri ditentukan berdasar jumlah jam pelajaran pada struktur kurikulum yang berlaku dan keluasan materi yang harus dikuasai oleh setiap peserta didik.

Prota bisa disebut sebagai program umum untuk setiap mata pelajaran. Prota berisi garis-garis besar yang akan dicapai dalam satu tahun ke depan dan dikembangkan oleh guru pengampu mata pelajaran yang bersangkutan.

Prota menjadi salah satu pedoman utama untuk mengembangkan program-program lainnya, seperti Promes (Program Semester), Rencana Mingguan, Rencana Harian, Silabus, serta sistem penilaian pembelajaran.

Langkah-Langkah Penyusunan Prota

Perangkat guru Prota (Program Tahunan), terdiri atas beberapa komponen, yaitu meliputi identifikasi (satuan pendidikan, mata pelajaran, tahun pelajaran), Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, serta Alokasi Waktu.

Berikut ini adalah langkah-langkah sederhana yang perlu dilakukan dalam menyusun Program Tahunan (Prota).

a. Mengidentifikasi jumlah Kompetensi Dasar dan Indikator dalam satu tahun.

b. Mengidentifikasi keluasan dan kedalaman Kompetensi Dasar dan Indikator.

c. Melakukan pemetaan Kompetensi Dasar untuk setiap semester.

d. Menentukan alokasi waktu tiap Kompetensi Dasar dengan memperhatikan minggu efektif.

Selanjutnya, Prota (Program Tahunan) dijabarkan secara rinci dalam perangkat yang biasa disebut Promes atau Program Semester. Prota dibuat oleh guru pengampu sebelum tahun pelajaran baru dimulai, sebab menjadi pedoman dalam pengembangan program-program turunan lainnya (Silabus dan RPP).

2. Promes (Program Semester)

Promes (Program Semester) adalah perangkat guru yang berisi garis-garis besar tentang program yang akan dicapai dalam satu semester. Sebagaimana diketahui, semester adalah satuan waktu selama enam bulan yang digunakan untuk menyelenggarakan program pendidikan.

Promes berisi rumusan pokok aktivitas dan kegiatan guru dalam melakukan pembelajaran selama satu semester dengan mempertimbangkan Alokasi Waktu, jumlah Kompetensi Dasar, serta Indikator.

Dengan berdasarkan Promes, guru akan lebih mudah dalam melakukan pengajaran materi untuk dikuasai para peserta didik dalam satu semester.

Adapun komponen promes (program semester) yang dimaksud adalah sebagai berikut.

a. Identitas

- Satuan Pendidikan
- Mata Pelajaran
- Kelas
- Semester
- Tahun Pelajaran

b. Format isian

- Materi
- Tema
- Sub Tema
- Alokasi Waktu
- Bulan yang Terinci Per Minggu

Langkah-Langkah Penyusunan Promes

Untuk menyusun sebuah promes, guru dapat melakukan langkah-langkah pengisiannya sebagai berikut.

a. Menginput KD dan Indikator.

b. Menetapkan jumlah jam dan jumlah tatap muka per minggu untuk seluruh mata pelajaran.

c. Mengalokasikan waktu sesuai dengan indikator pada kolom bulan dan minggu.

d. Memberikan catatan pada kolom keterangan (jika diperlukan).

Prota dan Promes Kelas 1 2 3 4 5 6 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi Terbaru

Prota dan Promes Kelas 1 1 2 3 4 5 6 SD MI Kurikulum 2013 yang Guru Abata bagikan ini telah memuat KD, Tema, dan Subtema edisi revisi terbaru.

Jika Prota dan Promes Kelas 1 1 2 3 4 5 6 SD/MI Kurikulum 2013 yang dibagikan pada Guruabata.web.id ini dirasa terdapat hal yang kurang lengkap, maka Bapak / Ibu Guru dapat menyempurnakannya sendiri sesuai dengan kebutuhan.

Prota dan Promes untuk SD/MI kelas 1 1 2 3 4 5 6 Kurikulum 2013 edisi revisi terbaru secara lengkap bisa diunduh pada link download yang telah disediakan di bawah ini.

- Prota dan Promes Untuk SD/MI Kelas 1 Kurikulum 2013 - Download

- Prota dan Promes Untuk SD/MI Kelas 2 Kurikulum 2013 - Download

- Prota dan Promes Untuk SD/MI Kelas 3 Kurikulum 2013 - Download

- Prota dan Promes Untuk SD/MI Kelas 4 Kurikulum 2013 - Download

- Prota dan Promes Untuk SD/MI Kelas 5 Kurikulum 2013 - Download

- Prota dan Promes Untuk SD/MI Kelas 6 Kurikulum 2013 - Download

Bagi Bapak / Ibu Guru yang membutuhkan kelengkapan perangkat administrasi SD/MI kurikulum 2013 lainnya dapat diunduh melalui link download di bawah ini.

1. Aplikasi KKM Kelas 1 2 3 4 5 6 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi Terbaru

2. KKM Mapel PAI & BP Kelas 1 2 3 4 5 6 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru

3. Pemetaan KD Untuk SD/MI Kelas 1 2 3 4 5 6 Kurikulum 2013 Edisi Revisi

4. RPP Bahasa Inggris Untuk SD/MI Kurikulum 2013 Revisi Terbaru

5. RPP 1 Lembar Untuk SD/MI Semester 1 dan 2 K-13 Edisi Revisi

Demikian yang dapat Guru Abata bagikan mengenai Prota dan Promes untuk kelas 1 1 2 3 4 5 6 SD/MI Kurikulum 2013 edisi revisi terbaru. Semoga prota dan promes yang telah kami bagikan bisa bermanfaat bagi Bapak / Ibu Guru yang memburuhkan.

Berikan Komentar

Komentar yang Anda berikan dimoderasi.
Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera muncul.
Silahkan berkomentar dengan bahasa yang baik dan santun serta tidak melakukan spamming.

Lebih baru Lebih lama