Pemetaan KD Kelas 1 K-13 Semester 1 Dan 2 Revisi 2020/2021

Dalam upaya membantu tugas para Guru, kali ini Guru Abata mencoba untuk membagikan file dokumen Pemetaan KD Kelas 1 Kurikulum 2013 untuk Semester 1 dan Semester 2 Revisi terbaru. Dokumen Pemetaan KD ini dapat Anda download dalam bentuk file Microsoft Excel secara gratis.

Setiap dimulainya tahun pelajaran baru, biasanya Kompetensi Dasar (KD akan terjadi perubahan, sebab dalam penggunaan KD tersebut mengacu kepada kalender pendidikan yang sedang berlaku.

Pemetaan KD Kelas 6 K13 Semester 1 Dan 2 Revisi 2020/2021

Secara umum, Pemetaan Kompetensi Dasar KI-3 dan KI-4 untuk Kelas 1 SD/MI Semester 1 (ganjil) dan Semester 2 (genap) ini akan dapat memudahkan Bapak/Ibu Guru jika berniat untuk menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

Pada hakikatnya Pemetaan KD (Kompetensi Dasar) adalah termasuk target tingkat kemampuan dalam mencapai SKL (Standar Kompetensi Lulusan). Hal ini wajib dimiliki oleh setiap tenaga pendidik di sekolah, apalagi seorang Guru kelas 1 SD/MI.

Baca juga: Download Bukti Fisik Akreditasi Sekolah Jenjang SD/MI Terbaru Tahun 2020/2021

Maka tidak heran jika administrasi Pemetaan KD ini sangat penting untuk pembelajaran Kurikulum 2013, yang mana di dalamnya terdapat ringkasan materi secara garis besar pada masing-masing tema.

Hal tersebut telah disesuaikan dengan bahan ajar dalam Buku Pegangan Kurikulum 2013 Kelas 1 SD/MI Revisi terkini. Sebetulnya Pemetaan Kompetensi Dasar K13 ini bisa Anda kembangkan lagi sesuai dengan kebutuhan, silahkan revisi contoh yang ada agar menjadi lebih baik lagi.

Pemetaan KD Kelas 1 K-13 Semester 1 Dan 2 Revisi 2020/2021

Mengenai manfaat dokumen Kompetensi Dasar dalam proses penyusunan RPP, Pemetaan KD jelas sangat dibutuhkan. Berdasarkan pengalaman yang kami alami, ketika menyusun berkas Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 1 lembar setiap pendidik harus sudah membuat Pemetaan Kompetensi Dasar terlebih dahulu agar pada komponen Tujuan Pembelajaran bisa diisi dengan mudah sebagaimana mestinya.

Pada file tersebut menunjukkan beberapa bagian kolom Subtema dan Pembelajaran dengan ceklis yang menjelaskan penggunaan dari KI-KD. Jadi dengan begitu Bapak/Ibu Guru akan dapat mengetahui secara jelas.

Pada contoh berkas Pemetaan KD Kelas 1 K13 Semester ganjil dan Semester genap revisi terbaru 2020/2021 ini sudah dipisahkan per-tema, maka akan sangat memudahkan Anda untuk melakukan penyalinan pada sebuah dokumen RPP.

Download Pemetaan KD Kelas 1 Kurikulum 2013 Terbaru

Setelah kita bahas sekilas mengenai isi dari dokumen Pemetaan Kompetensi Dasar, silahkan Anda dapat men-download contoh filenya berdasarkan semester yang Anda perlukan.

- Pemetaan KD (Kompetensi Dasar) Kelas 1 Semester 1 – Unduh via Google Drive
- Pemetaan KD (Kompetensi Dasar) Kelas 1 Semester 2 – Unduh via Google Drive

Jika diantara Bapak/Ibu Guru ada yang ingin mendownload file Pemetaan KD (Kompetensi Dasar) untuk kelas lainnya, maka bisa dilihat pada halaman berikut:

- Pemetaan KD (Kompetensi Dasar) Kelas 2 SD/MI
- Pemetaan KD (Kompetensi Dasar) Kelas 3 SD/MI
- Pemetaan KD (Kompetensi Dasar) Kelas 4 SD/MI
- Pemetaan KD (Kompetensi Dasar) Kelas 5 SD/MI
- Pemetaan KD (Kompetensi Dasar) Kelas 6 SD/MI

Demikian yang dapat Guru Abata bagikan terkait Pemetaan KD Kelas 1 K-13 Semester 1 Dan 2 Revisi 2020/2021, semoga contoh administrasi tersebut dapat bermanfaat sebagai inspirasi ketika melakukan pemetaan KD di sekolah masing-masing. Kami ucapkan terimakasih.

Tulis Komentar

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera muncul.
Silahkan berkomentar dengan bahasa yang baik dan santun serta tidak melakukan spamming.

Lebih baru Lebih lama