KKM Mapel PAI & BP K-13 Revisi 2019 Untuk SD Kelas 1 2 3 4 5 6

KKM atau KBM merupakan salah satu perangkat utama dalam melakukan penilaian terhadap peserta didik. Setiap guru pengampu mata pelajaran harus memiliki dokumen KKM / KBM sebagai acuan dalam menentukan penilaian terhadap siswa. Oleh karenanya, kali ini Guru Abata akan membagikan contoh KKM / KBM mata pelajaran PAI & BP Kurikulum 2013 untuk SD Kelas 1 2 3 4 5 6.

KKM Mapel PAI & BP K-13 Revisi 2019 Untuk SD Kelas 1 2 3 4 5 6

Nilai KKM / KBM PAI & BP SD Kelas 1 2 3 4 5 6 Kurkulum 2013 dijadikan sebagai tolok ukur tingkat pencapaian kompetensi sesuai dengan yang harus didapatkan oleh setiap siswa dengan capaian target yang diharapkan oleh satuan pendidikan khusunya bagi guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI & BP).

Kriteria ketuntasan menunjukkan persentase tingkat pencapaian suatu kompetensi, sehingga dapat dinyatakan dengan angka maksimal 100 (seratus). Angka maksimal 100 merupakan kriteria ketuntasan yang ideal. Target ketuntasan secara nasional diharapkan dapat mencapai minimal 75. Satuan pendidikan dapat memulai dari Kriteria Ketuntasan Minimal di bawah target nasional dan setelah itu ditingkatkan secara bertahap.

Bagi Anda yang bertugas sebagai guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di tingkat Sekolah Dasar, dan sedang membutuhkan perangkat administrasi guru untuk Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) atau Ketuntasan Belajar Mengajar (KBM), maka Bapak / Ibu Guru dapat memperolehnya melalui link download file KKM-KBM yang Guru Abata sediakan di bawah ini:

- KKM/KBM Mapel PAI & BP K-13 Revisi 2019 Untuk SD Kelas 1

- KKM/KBM Mapel PAI & BP K-13 Revisi 2019 Untuk SD Kelas 2

- KKM/KBM Mapel PAI & BP K-13 Revisi 2019 Untuk SD Kelas 3

- KKM/KBM Mapel PAI & BP K-13 Revisi 2019 Untuk SD Kelas 4

- KKM/KBM Mapel PAI & BP K-13 Revisi 2019 Untuk SD Kelas 5

- KKM/KBM Mapel PAI & BP K-13 Revisi 2019 Untuk SD Kelas 6

Tips Untuk Anda:

- Cara Menghitung KKM/KBM dalam penerapan penilaian Kurikulum 2013

Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Kurikulum 2013 PAI & BP revisi 2019 ini merupakan suatu acuan bersama yaitu antara guru dalam hal ini sebagai insan pendidik di sekolah, lalu peserta didik (siswa) dan juga orang tua/wali peserta didik.

Langkah Penetapan KKM Kurikulum 2013 PAI & BP SD


Langkah dalam melakukan penetapan KKM yang dilakukan oleh Guru mata pelajaran dan kelompok mata pelajaran di antaranya adalah sebagai berikut:

- Guru atau kelompok guru menetapkan KKM mata pelajaran dengan mempertimbangkan tiga aspek utama yang salah satunya adalah kompleksitas. Hasil penetapan KKM indikator berlanjut pada penetapan KD, SK serta KKM mata pelajaran;

- Hasil penetapan KKM oleh guru atau kelompok guru mata pelajaran disahkan oleh kepala sekolah untuk dijadikan sebagai landasan guru dalam melakukan penilaian terhadap peserta didik;

- KKM yang telah ditetapkan, perlu disosialisaikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan, yaitu peserta didik, orang tua, komite sekolah dan dinas pendidikan;

- KKM dicantumkan dalam LHB pada saat rapor hasil penilaian diberikan kepada orang tua/wali peserta didik.

Satuan pendidikan harus melakukan sosialisasi agar informasi terkait penetapan KKM dapat diperoleh dengan mudah bagi peserta didik dan atau orang tuanya. Kriteria Ketuntasan Minimal harus dicantumkan dalam Laporan Hasil Belajar (LHB) sebagai acuan dalam menyikapi rapor hasil belajar peserta didik.

Kriteria Ketuntasan Minimal menjadi acuan bersama bagi pendidik, peserta didik, dan orang tua peserta didik. Oleh karena itu, pihak-pihak yang berkepentingan terhadap penilaian di sekolah memiliki hak untuk mengetahuinya.

Bagi Bapak / Ibu Guru pengampu mata pelajaran PAI & BP, selain KKM Mapel PAI di atas, Anda juga dapat memiliki file RPP Daring 1 Lembar PAI & BP Untuk SD Kelas 1-6. Silahkan untuk mengunjungi link tersebut untuk mendapatkan file RPP Daring 1 Lembar mapel PAI.

Demikian informasi tentang salah satu perangkat pembelajaran utama ini, yaitu KKM Kurikulum 2013 PAI & BP jenjang SD ini kami sampaikan. Semoga contoh dokumen KKM yang telah kami bagikan dapat menjadi salah satu referensi yang bermanfaat dalam penyusunan dan penetapan KKM di sekolah Anda. Terimakasih.

Jangan sungkan untuk membagikan artikel ini kepada orang-orang terdekat Anda melalui tombol media sosial di bawah ini. Dan jika terdapat link download yang rusak, mati, error, atau masalah lainnya, tolong beritahu kami melalui kolom komentar agar dapat segera kami perbaiki.

Kirim Komentar

Komentar dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera muncul.
Silahkan berkomentar dengan bahasa yang baik dan santun serta tidak spamming.

Lebih baru Lebih lama