Aplikasi KKM Kurikulum 2013 SD/MI Untuk Kelas 1 2 3 4 5 6 Revisi

Yang akan Guru Abata bagikan berikut ini adalah Aplikasi KKM Kurikulum 2013 untuk jenjang SD/MI kelas 1 2 3 4 5 6 dengan Format Excel (xls/xlsx) yang dapat digunakan untuk menentukan nilai Kriteria Ketuntasan Minimal di tahun pelajaran 2020 secara otomatis.

KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) adalah kriteria paling rendah untuk menyatakan bahwa peserta didik mencapai ketuntasan dalam pembelajaran. Nilai KKM ditentukan oleh sekolah berdasarkan Musyawarah Guru Mata Pelajaran di awal tahun pelajaran.

Aplikasi KKM Kurikulum 2013 SD/MI Untuk Kelas 1 2 3 4 5 6 Revisi

Pada rapor hasil belajar, nilai KKM K13 SD/MI ini akan disandingkan dengan nilai hasil belajar siswa di setiap akhir semester. Penilaian tersebut dilakukan berdasarkan:

1. Penilaian kompleksitas materi
2. Kemampuan siswa atau biasa disebut dengan intake
3. Kompleksitas materi KKM itu diambil

Baca juga: Cara Mudah Menghitung KKM / KBM Dalam Penilaian Kurikulum 2013

Langkah Menentukan KKM Kurikulum 2013


Bagi Anda yang ingin mengetahui tentang bagaimana cara dan proses dalam penentuan nilai Kriteria Ketuntasan Minimal bisa diperoleh, maka berikut ini adalah langkah-langkah singkat untuk menerapkannya:

1. Guru atau kelompok musyawarah guru bisa menetapkan KKM setiap mata pelajaran dengan mempertimbangkan tiga aspek utama KKM, yakni Kompleksitas, Daya Dukung, dan Intake peserta didik. Maka hasil dari penetapan itu berlanjut kepada KD hingga KKM mata pelajaran.

2. Hasil penetapan KKM oleh guru atau kelompok guru mata pelajaran disahkan oleh masing-masing kepala sekolah satuan pendidikan untuk dijadikan sebagai acuan guru dalam melakukan penilaian.

3. KKM yang ditetapkan sebaiknya disosialisaikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan, yaitu peserta didik, orang tua siswa, komite sekolah, bahkan dinas pendidikan setempat.

4. KKM dicantumkan dalam laporan hasil belajar atau rapor di saat hasil penilaian dilaporkan kepada masing-masing orang tua / wali peserta didik.

Sudah dapat dipastikan bahwa dengan aplikasi KKM Kurikulum 2013 untuk SD/MI kelas 1 2 3 4 5 6 dengan format file xls/xlsx (Microsoft Excel) ini, langkah-langkah di atas akan jauh lebih mudah dilaksanakan karena adanya bantuan dari rumus-rumus otomatis yang dapat mengakumulasikan nilai siswa secara keseluruhan menjadi hasil yang diharapkan sesuai dengan perhitungan.

Download Aplikasi KKM K13 Untuk SD/MI


Salah satu tujuan dibuatnya aplikasi ini adalah untuk memudahkan para Guru dalam menghitung nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) secara semi otomatis. Jadi nanti Bapak / Ibu Guru hanya perlu memasukkan nilai pada 3 Point yang sudah dijelaskan sebelumnya. Dan setelah itu, maka nilai KKM pun akan terbentuk secara otomatis.

Baca juga: Download KKM Mata Pelajaran PAI & BP Kurikulum 2013 Untuk SD

Bagi Bapak / Ibu Guru yang berminat untuk menggunakan aplikasi pembuat nilai KKM secara otomatis ini silahkan dapat langsung mengunduhnya melalui tombol Download yang kami sediakan di bawah.

- Aplikasi KKM Untuk Kelas 1 Kurikulum 2013 - Download

- Aplikasi KKM Untuk Kelas 2 Kurikulum 2013 - Download

- Aplikasi KKM Untuk Kelas 3 Kurikulum 2013 - Download

- Aplikasi KKM Untuk Kelas 4 Kurikulum 2013 - Download

- Aplikasi KKM Untuk Kelas 5 Kurikulum 2013 - Download

- Aplikasi KKM Untuk Kelas 6 Kurikulum 2013 - Download

Catatan:
Perlu diketahui, bahwa dalam menghitung dan menentukan KKM Kurikulum 2013 SD/MI, setiap guru harus objektif sesuai dengan keadaan nyata kegiatan dan pembelajaran di sekolah. Sebab KKM berkaitan erat dengan standar evaluasi yang digunakan, maka sebaiknya KKM tidak dihasilkan secara tebakan asal atau atau atas dasar permintaan Kepala Sekolah maupun sesuai dengan kehendak guru. Lakukanlah dengan bijak.

Semoga dengan aplikasi KKM Kurikulum 2013 untuk SD/MI kelas 1 2 3 4 5 6 dengan format file xls/xlsx (Microsoft Excel) ini para guru mata pelajaran dapat dengan mudah mengerjakan dan menentukan nilai KKM yang tepat dan sesuai dengan kaidah penilaian yang telah ditetapkan.

Kirim Komentar

Komentar yang Anda berikan dimoderasi.
Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera muncul.
Silahkan berkomentar dengan bahasa yang baik dan santun serta tidak melakukan spamming.

Lebih baru Lebih lama