Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) PAI-BP Kelas 1 2 3 4 5 6 SD/MI Kurikulum Merdeka

Download Alur Tujuan Pembelajaran ATP PAI & BP Fase A B dan C - Silabus merupakan rencana pembelajaran pada setiap mata pelajaran dengan tema tertentu yang mencakup kompetensi inti, kompetensi dasar, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, rubrik penilaian, alokasi waktu, dan juga sumber belajar. Hal ini sebagaimana tertuang dan dijelaskan dalam Peraturan Pemerintah (PP) No. 13 Tahun 2015.

Alur Tujuan Pembelajaran PAI-BP Kelas 1 2 3 4 5 6 SD/MI

download atp pelajaran pai bp sd mi

Di dalam penerapan Kurikulum Merdeka, Silabus kini telah berganti pengistilahan nama menjadi Alur Tujuan Pembelajaran atau bisa disingkat dengan ATP Kurikulum Merdeka. ATP pada kurikulum merdeka memiliki fungsi yang tidak jauh berbeda dengan silabus.

Tujuan Pembelajaran (TP) adalah penjabaran dari kompetensi yang dicapai oleh peserta didik dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran. Sedangkan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) adalah rangkaian tujuan pembelajaran yang tersusun secara sistematis dan logis dalam fase tertentu secara utuh dan menurut susunan pembelajaran sejak awal hingga akhir suatu fase.

Fungsi ATP - Alur Tujuan Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka adalah sebagai acuan / pedoman untuk merancang kegiatan pembelajaran. ATP kurikulum merdeka berisi urutan tujuan pembelajaran yang sistematis berdasarkan dengan susunan kegiatan pembelajaran dari awal sampai akhir pada suatu fase.

Perbedaan silabus pada Kurikulum 2013 dengan Alur Tujuan Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka adalah, silabus disusun dan dikembangkan oleh guru atau satuan pendidikan masing-masing sedangkan ATP pada Kurikulum Merdeka telah disediakan oleh pemerintah pusat dan dapat dikembangkan oleh satuan pendidikan dengan tetap mengacu kepada Capaian Pembelajaran (CP) yang sudah ditetapkan oleh pemerintah, yaitu berupa kompetensi pembelajaran yang harus dicapai oleh siswa.

Penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) PAI Dan BP

Dalam peyusunan Capaian Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka harus sesuai dengan fase usia siswa di setiap jenjang pendidikan. Untuk Sekolah Dasar, fase usia peserta didik terbagi ke dalam tiga fase, yaitu:
  • Fase A adalah Siswa kelas 1 dan kelas 2
  • Fase B adalah Siswa kelas 3 dan kelas 4
  • Fase C adalah Siswa kelas 5 dan kelas 6

Untuk itu, langkah awal sebelum Bapak / Ibu guru melaksanakan proses pembelajaran, maka perlu melaksanakan analisis Capaian Pembelajaran (CP) terlebih dahulu guna menyusun tujuan pembelajaran serta alur tujuan pembelajaran. Dengan analisi tersebut maka Bapak / Ibu guru dapat memperoleh peta kompetensi yang akan dijadikan sebagai rujukan dalam melaksanakan pembelajaran.

Tujuan Pembelajaran, idealnya terdiri dari tiga komponen, yaitu kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan yang dapat dilaksanakan oleh siswa, dan konten ilmu pengetahuan yang perlu dipahami oleh siswa.

Prinsip Penyusunan ATP PAI-BP Kurikulum Merdeka

  • Sederhana dan Informatif
  • Esensial dan kontekstual
  • Berkesinambungan
  • Pengoptimalan 3 aspek kompetensi (sikap, pengetahuan, keterampilan)
  • Merdeka belajar
  • Operasional dan aplikatif
  • Adaptif dan fleksibel

Prosedur Penyusunan ATP PAI-BP Kurikulum Merdeka

  • Analisis capaian pembelajaran (CP)
  • Mengidentifikasi kompetensi di akhir fase
  • Analisis elemen dan sub-elemen profil pelajar pancasila
  • Merumuskan tujuan pembelajaran
  • Tujuan pembelajaran disusun secara linear sesuai waktu pembelajaran dan lingkup materi
  • Tentukan jumlah jam pelajaran yang diperlukan

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) PAI-BP Fase A, B, C

Untuk mengetahui Alur Tujuan Pembelajaran PAI - BP fase A, B dan C (Untuk SD/MI Kelas 1 2 3 4 5 6) Kurikulum Merdeka, Bapak / Ibu dapat mempelajarinya dengan mengunduh dokumen yang kami sediakan pada link download berikut:

Download Alur Tujuan Pembelajaran - ATP Mapel PAI & BP SD/MI Kelas 1
Download Alur Tujuan Pembelajaran - ATP Mapel PAI & BP SD/MI Kelas 2
Download Alur Tujuan Pembelajaran - ATP Mapel PAI & BP SD/MI Kelas 3
Download Alur Tujuan Pembelajaran - ATP Mapel PAI & BP SD/MI Kelas 4
Download Alur Tujuan Pembelajaran - ATP Mapel PAI & BP SD/MI Kelas 5
Download Alur Tujuan Pembelajaran - ATP Mapel PAI & BP SD/MI Kelas 6

Demikian yang dapat kami bagikan mengenai contoh dokumen alut tujuan pembelajaran / atp mata pelajaran PAI BP untuk SD/MI kelas 1 2 3 4 5 6 yang dapat diterapkan ketika sekolah sudah mengimplementasikan kurikulum merdeka. Terimakasih.

Tulis Komentar

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera muncul.
Silahkan berkomentar dengan bahasa yang baik dan santun serta tidak melakukan spamming.

Lebih baru Lebih lama