Beberapa Hal Perlu Diketahui Terkait Kredit Mobil Baru, Apa Saja?

Sekarang banyak orang yang membeli dengan cara kredit karena ini menjadi alternatif terbaik jika belum bisa beli secara tunai. Apalagi harga kendaraan roda empat saat ini bisa dikatakan mahal, sehingga terlalu berat jika harus beli secara tunai.

Walaupun dalam sistem kredit terdapat bunga, namun tetap saja banyak orang memanfaatkan sistem kredit ini agar bisa cepat mempunyai mobil. Maka merupakan hal yang wajar jika membeli mobil dengan kredit akan lebih mahal dibandingkan beli tunai.

kredit mobil baru

Biasanya tenor atau periode kredit bisa disesuaikan dengan kemampuan dari pembeli, tapi yang paling umum tenor kredit dari 3 tahun sampai 5 tahun. Bagi yang baru mau mengajukan kredit mobil baru untuk pertama kali, maka bisa mengetahui beberapa hal berikut ini.

Gaji minimal untuk bisa kredit mobil

Hal yang pertama ini banyak sekali ditanyakan oleh setiap orang agar bisa mengajukan kredit. Sebenarnya tidak ada jumlah gaji ideal, akan tetapi yang paling penting adalah sebanyak 30% dari gaji bisa dibayarkan untuk cicilan bulanan. Apalagi pihak leasing tentunya akan melihat cash flow untuk menilai apakah pembeli bisa membayar cicilan atau tidak sesuai dengan gaji yang diterima.

Sebagai contoh, jika memiliki gaji bulanan sebesar 10 juta rupiah, maka sebesar 30% atau 3 juta rupiah bisa dialokasikan untuk membayar cicilan mobil. Pastikan tidak memaksakan kondisi finansial untuk membeli mobil karena masih ada banyak pengeluaran setelah memiliki mobil. Pilihlah mobil yang cocok dengan kebutuhan dan sesuai dengan kemampuan keuangan sehingga kredit bisa berjalan lancar sampai lunas.

Siapkan DP dari 20% sampai 30%

Biasanya persentase untuk DP bisa dari 0% sampai 50%, tapi yang paling umum adalah sekitar 20% sampai 30%. Semakin besar DP yang diajukan maka akan membuat cicilan semakin ringan, namun demikian jika DP rendah maka cicilan juga akan semakin besar.

Jika harga mobil dijual dengan harga 200 juta rupiah maka uang untuk DP yang harus disiapkan sebesar 40 juta sampai 60 juta rupiah. Bagi yang ingin membayar DP tentunya bisa, misalkan 100 juta rupiah yang akan membuat cicilan menjadi rendah.

Pastikan skor kredit baik

Hal lain yang perlu diketahui adalah mengenai skor kredit yang baik agar kemungkinan besar dapat disetujui.

Lalu berapakah skor kredit yang baik? Skor kredit memiliki rentang dari 300 sampai 850, skor bernilai baik lebih dari 720 sedangkan skor rendah kurang dari 640. Hasil dari skor ini akan disimpulkan menjadi angka 1 sampai 5 yang menandakan angka 1 sebagai kredit lancar hingga angka 5 menunjukkan kredit macet.

Itulah 3 hal terkait sistem kredit untuk mobil baru sekarang ini yang bisa diketahui orang-orang yang baru pertama kali mengajukan kredit. Bagi yang ingin membeli mobil secara kredit dengan mudah maka bisa coba platform SEVA. Platform terbaik yang memudahkan siapa pun untuk mengajukan kredit mobil baru yang dilengkapi dengan fitur kalkulator pembiayaan dan juga instant approval sehingga akan cepat disetujui dalam waktu relatif cepat.

Pilih metode donasi Anda

Scan kode QRIS
BRI - MOCH TANTO FAJRIN WIDODO (4132-01-011052-53-6)
BSI - MOCH TANTO FAJRIN WIDODO (7152-49-7533)
Jika artikel ini bermanfaat, Traktir Penulis Secangkir Kopi dengan Memberikan Donasi. (Tekan tombol oranye!)
Tanto Fajrin

"Allah Ta'aalaa lebih menyukai pelaku maksiat yang bertobat dibanding orang sholeh yang dirinya tidak pernah merasa salah." ─ UAH

Posting Komentar

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera muncul.
Silahkan berkomentar dengan bahasa yang baik dan santun serta tidak melakukan spamming.

Lebih baru Lebih lama