Ketahuilah 3 Butir Penilaian Utama Akreditasi SD/MI Terbaru Ini!

Penetapan sistem akreditasi baru bagi sekolah/madrasah di tahun 2020 dengan berlakunya Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (disingkat IASP) 2020, akan menjadi gambaran besar untuk pelaksanaan akreditasi di tahun 2021.

Sekolah yang telah ditetapkan sebagai sasaran akreditasi 2021 harus mengikuti serangkaian kegiatan tersebut sebagai suatu kewajiban yang perlu dijalankan sebagai tanggung jawab selama melaksanakan program pendidikan di sekolah/madrasah.

Sebagaimana telah dijelaskan pada halaman sebelumnya mengenai tahapan proses akreditasi sekolah madrasah tahun 2021, pelaksanaan akreditasi kini lebih berfokus pada pembuktian mutu lulusan, proses pembelajaran termasuk mutu guru, dan manajemen satuan pendidikan.

pedoman akreditasi sekolah 2021

Tiga hal yang disebutkan di atas, merupakan salah satu butir penilaian dalam akreditasi tahun ini (2021) yakni pada butir kinerja inti.

Pada kesempatan ini Guruabata.web.id akan menginformasikan hal penting terkait akreditasi 2021 yang kemungkinan besar akan sama "warnanya" dengan akreditasi tahun 2020.

Berbicara tentang akreditasi, tentunya dalam setiap kegiatan ini ada yang namanya Instrumen. Di tahun 2020 (satu tahun yang lalu), instrumen akreditasi yang digunakan adalah IASP 2020.

Dan untuk sekolah yang terjaring ke dalam satuan pendidikan sasaran di tahun 2021, tentunya dapat menjadikan IASP 2020 sebagai acuan untuk mempersiapkan hal yang dibutuhkan dengan melihat dan mempelajari IASP yang dimaksud.

Butir Penilaian Utama Akreditasi SD/MI

Perlu diketahui, berdasarkan buku instrumen akreditasi satuan pendidikan 2020 jenjang SD/MI, ada tiga Butir Penilaian Utama dalam Akreditasi Sekolah Madrasah.

Hal ini yang mungkin akan menjadi fokus utama bagi tim asesor dari Provinsi dalam melakukan asesmen terhadap satuan pendidikan yang menjadi target, yang selanjutnya data hasil asesmen akan dinilai oleh BAN S/M untuk bahan penentuan Nilai Akhir Akreditasi suatu Sekolah atau Madrasah yang diakreditasi.

Lalu, Apa saja Butir Penilaian Utama Akreditasi Sekolah Dasar (SD) atau Madrasah Ibtidaiyah (MI) di tahun 2021 ini jika melihat IASP 2020?

Berikut adalah butir-butir Penilaian Utama dalam pelaksanaan Akreditasi Sekolah/Madrasah:

Butir Kinerja Inti

Butir ini mencakup penilaian terhadap mutu lulusan, proses pembelajaran, mutu guru, manajemen sekolah atau madrasah.

Butir Kinerja Kekhususan

Butir penilaian ini lebih khusus ke penelusuran data terkait mutu dan kinerja guru atau tenaga pendidik yang ada di SD/MI dalam pengembangan perangkat ajar dan hal-hal yang berkaitan dengan dokumen administrasi pembelajaran yang disusun.

Butir Pemenuhan Relatif

Butir penilaian ini berfokus pada penelusuran data kualifikasi pendidikan guru, guru yang tersertifikasi dengan sertifikat pendidik, relevansi mata pelajaran yang diampu dengan latar belakang pendidikan guru.

Selain itu, pada butir ini juga dilakukan asesmen terkait kualifikasi pendidikan dari tenaga administrasi sekolah/madrasah yang bekerja di satuan pendidikan.

Hal lain yang dinilai yaitu jumlah rombel (rombongan belajar), fasilitas yang tersedia, serta prasarana (bangunan) yang ada di satuan pendidikan.

Demikian informasi yang dapat kami bagikan mengenai butir-butir penilaian utama dalam akreditasi sekolah/madrasah yang terbaru. Semoga bisa bermanfaat bagi Bapak / Ibu yang sedang mencari referensi tentang proses akreditasi sekolah madrasah terbaru.
"Perbaikilah hubunganmu dengan Allah, maka Dia akan mencukupimu hingga kamu tidak takut dan tidak butuh kepada selain-Nya." -SAU-

Posting Komentar

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera muncul.
Silahkan berkomentar dengan bahasa yang baik dan santun serta tidak melakukan spamming.
©2017- Guru Abata. All rights reserved.