Cara Mencari Dan Mengunduh RPP Di Situs Guru Berbagi Milik Kemendikbud

Pada kesempatan kali ini Guru Abata akan membagikan informasi tentang bagaimana cara mencari dan mendapatkan file RPP yang terdapat pada portal Guru Berbagi milik Kemendikbud sebagai sarana kumpulan berkas RPP yang seringkali dijadikan sebagai bahan referensi dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran.

Perlu diketahui, bahwa pada portal Guru Berbagi tersebut, setiap guru di seluruh pelosok negeri dapat berkontribusi untuk membagikan perangkat RPP yang disusun sendiri untuk kemudian diunggah (upload) pada situs milik Kemendikbud tersebut. Sehingga guru yang lainnya dapat mengetahui dan memanfaatkan file RPP itu sebagai referensinya mengajar.

Pada laman Guru Berbagi, Bapak / Ibu Guru dapat mencari dan menemukan RPP berdasarkan dengan metode yang diterapkan di masing-masing sekolah, baik itu moda daring, moda luring, atau bahkan kombinasi dari keduanya.

cara mendapatkan rpp guru berbagi kemendikbud

Baiklah, Bapak / Ibu mari kita mulai untuk membahas topik utama dari postingan ini, yaitu cara mencari dan mengunduh RPP yang tepat melalui portal Guru Berbagi.

Cara Mencari RPP Di Portal Guru Berbagi Kemendikbud

Berikut akan sedikit kami jelaskan mengenai cara mencari RPP pada situs Guru Berbagi Kemendikbud.

1. Masuk ke Laman Guru Berbagi RPP.

2. Setelah itu akan muncul tampilan halaman berbagi RPP.

3. Kemudian cari RPP yang Bapak / Ibu butuhkan dengan menyesuaikan pada opsi yang tersedia melalui laman tersebut. Bapak / Ibu bisa menyesuaikan dengan moda, jenjang pendidikan, tingkat kelas, mata pelajaran, dan mengetik subjek pencarian. Jika penyesuaian dianggap sudah tepat, lalu klik Terapkan untuk melakukan pencarian.

Berikut adalah gambaran secara umum terkait pencarian RPP dengan cara yang langkah-langkahnya telah kami jelaskan di atas.

cara mendapatkan rpp guru berbagi kemendikbud

Subjek pencarian adalah fitur penelusuran berdasarkan dengan keyword (kata kunci). Jadi, Bapak / Ibu Guru dapat langsung mencari RPP yang dibutuhkan dengan hanya mengisi subjek pencarian saja. Bapak / Ibu akan mendapatkan RPP yang dimaksud jika kata kunci yang diketik pada kolom subjek tersebut lengkap. Setelah yakin dengan kata kunci yang dimasukkan, maka bisa langsung meng-klik Terapkan.

4. Untuk melihat RPP terbaru yang terakhir diupload oleh para kontributor dalam hal ini adalah para guru, Bapak / Ibu bisa melihat pada laman berbagi RPP tersebut. Kemudian gulir (skrol) halaman ke bawah. Di bagian bawah kolom subjek pencarian biasanya terdapat Daftar RPP yang baru saja dibagikan berdasarkan pada waktu terakhir.

Berikut adalah gambaran umum terkait tampilan pada laman tersebut.

cara mendapatkan rpp guru berbagi kemendikbud

Setelah selesai melakukan tahap pencarian, selanjutnya bagaimana cara untuk mendapatkan file RPP tersebut?

Cara Mengunduh RPP di situs Portal Guru Berbagi Kemdikbud

Setelah menemukan file RPP yang Bapak / Ibu butuhkan, berikut adalah langkah-langkah untuk mengunduhnya dengan mudah.

1. Jika file RPP yang dicari sudah Bapak / Ibu temukan, lalu klik pada judul RPP tersebut.

2. Setelah itu, biasanya akan terdapat beberapa opsi untuk mengakses file RPP tersebut, yakni tombol Lihat, Unduh, dan Salin tautan.

3. Untuk mengunduh file RPP, Bapak / Ibu bisa langsung mengklik tombol Unduh.

- Tombol Lihat RPP digunakan untuk melihat isi RPP yang dipilih secara langsung.
- Tombol Unduh digunakan untuk mendapatkan berkas file RPP dan disimpan di laptop atau ponsel.
- Tombol Salin tautan berfungsi untuk menyalin URL tempat RPP itu berada.

Catatan — Bagi Bapak / Ibu Guru disarankan agar menekan tombol Lihat terlebih dahulu untuk memastikan apakah RPP yang dipilih sudah sesuai atau belum dengan kebutuhan Bapak / Ibu mengajar. Jika sudah, maka bisa melanjutkan dengan menekan tombol Unduh, sehingga file dokumen RPP tersebut akan tersimpan pada folder laptop / komputer atau bahkan pada memori smartphone.

Demikian beberapa tips yang dapat kami bagikan melalui blog Guru Abata ini mengenai cara mencari dan mengunduh file RPP melalui situs portal Guru Berbagi yang digawangi oleh Kemendikbud untuk memfasilitasi para guru agar bisa mudah mendapatkan fasilitas berbagi dokumen dan mengupdate diri terkait kebijakan RPP itu sendiri apabila terdapat pembaruan. Jika artikel ini bermanfaat bagi Anda, tolong bagikan kepada rekan-rekan guru lainnya agar bisa mengambil manfaatnya juga. Terimakasih.

Update 05/01/2023 — Bapak/Ibu Guru, semoga dalam keadaan sehat semua, dan diberi kelancaran dalam beraktivitas.

Mengenai kendala Bapak/Ibu Guru yang tidak bisa mengunduh file atau berkas administrasi di portal Guru Berbagi, kami akan sedikit berbagi pengalaman terkait dengan hal tersebut.

Jika portal Guru Berbagi diakses menggunakan laptop/komputer dan kita masuk ke salah satu postingan berkas administrasi (misalnya RPP), maka secara otomatis browser akan mengunduh berkas file RPP tersebut tanpa meng-klik tombol Unduh.

Dan jika kita mengaksesnya memakai gadget/smartphone Android misalnya, maka berkas file RPP tersebut tidak otomatis diunduh oleh browser yang kita gunakan. Serta tombol Unduh pun memang tetap tidak bisa diklik sama sekali.

Entah sebab koneksi jaringan internet atau perangkat yang digunakan atau sebab lainnya, kami belum mengetahuinya karena dari pihak Kemendikbud tidak ada konfirmasi mengenai masalah ini.

Jadi, sebagaimana pengalaman yang sudah kami lakukan, mungkin Bapak/Ibu Guru bisa mencoba mengaksesnya memakai perangkat komputer/laptop dengan koneksi internet yang stabil tentunya.

Semoga penjelasan tambahan kami ini dapat membantu sebagai solusi sementara sampai pihak Kemendikbud memperbaiki Portal Guru Berbagi dalam hal tidak bisa mengunduh berkas file ini.

12 Komentar

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera muncul.
Silahkan berkomentar dengan bahasa yang baik dan santun serta tidak melakukan spamming.

  1. kenap tidak bisa di unduh rppnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya saya juga coba buat unduh RPP nya tapi tidak bisa. bahkan dilihat juga tidak bisa

      Hapus
  2. sama... tidak bs dibuka ketiga tombolnya

    BalasHapus
  3. Sama. Saya jg tidak bisa. Kalo gini percuma aja dong diupload kalau tidak bisa di klik . Padahal sudah masuk melalui akun belajar hmm. Sangat kecewa

    BalasHapus
    Balasan
    1. padahal yang diklik baru saja di upload

      Hapus
  4. Berarti bukan aku aja, untung scrol dluuu. Samaaaa tidak bisa dibukakk, saya mau lihat referensi disini malah ga kebuka.

    BalasHapus
  5. Balasan
    1. Terimakasih atas feedbacknya Bu Velly Syafriani. Dan kepada semua Bapak/Ibu Guru yang mengalami kendala unduh file di portal Guru Berbagi, pada akhir penutup artikel ini kami sertakan update info [05/01/2023] mengenai masalah tersebut. Semoga bermanfaat.

      Hapus
  6. Saya udah coba klik liat RPP dan unduh RPP tp tdk bisa kenapa ya pak

    BalasHapus
  7. Sudah buat akun, sudah diklik liat, unduh, salin url tapi tetap tidak ada respon.

    BalasHapus
  8. Tidak bisa di donlot dan TDK bisa dibuka

    BalasHapus
  9. Saya sudah login dan akses lewat laptop, namun berkas tidak terunduh otomatis. Saya klik ketiga tombol juga tidak berfungsi.

    BalasHapus

Posting Komentar

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera muncul.
Silahkan berkomentar dengan bahasa yang baik dan santun serta tidak melakukan spamming.

Lebih baru Lebih lama