Cara Mencari Dan Mengundduh RPP Di Situs Guru Berbagi Milik Kemendikbud

Berikut akan sedikit kami jelaskan mengenai cara mencari RPP pada situs Guru Berbagi Kemendikbud.
Pada kesempatan kali ini Guru Abata akan membagikan informasi tentang bagaimana cara mencari dan mendapatkan file RPP yang terdapat pada portal Guru Berbagi milik Kemendikbud sebagai sarana kumpulan berkas RPP yang seringkali dijadikan sebagai bahan referensi dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran.

Perlu diketahui, bahwa pada portal Guru Berbagi tersebut, setiap guru di seluruh pelosok negeri dapat berkontribusi untuk membagikan perangkat RPP yang disusun sendiri untuk kemudian diunggah (upload) pada situs milik Kemendikbud tersebut. Sehingga guru yang lainnya dapat mengetahui dan memanfaatkan file RPP tersebut sebagai referensinya mengajar.

Pada laman Guru Berbagi, Bapak / Ibu Guru dapat mencari dan menemukan RPP berdasarkan dengan metode yang diterapkan di masing-masing sekolah, baik itu moda daring, moda luring, atau bahkan kombinasi dari keduanya.

cara mendapatkan rpp guru berbagi kemendikbud

Baiklah, Bapak / Ibu mari kita mulai untuk membahas topik utama dari postingan ini, yaitu cara mencari dan mengunndduh RPP yang tepat melalui portal Guru Berbagi.

Cara Mencari RPP Di Portal Guru Berbagi Kemendikbud

Berikut akan sedikit kami jelaskan mengenai cara mencari RPP pada situs Guru Berbagi Kemendikbud.

1. Masuk ke Laman Guru Berbagi RPP.

2. Setelah itu akan muncul tampilan halaman berbagi RPP.

3. Kemudian cari RPP yang Bapak / Ibu butuhkan dengan menyesuaikan pada opsi yang tersedia melalui laman tersebut. Bapak / Ibu bisa menyesuaikan dengan moda, jenjang pendidikan, tingkat kelas, mata pelajaran, dan mengetik subjek pencarian. Jika penyesuaian dianggap sudah tepat, lalu klik Terapkan untuk melakukan pencarian.

Berikut adalah gambaran secara umum terkait pencarian RPP dengan cara yang langkah-langkahnya telah kami jelaskan di atas.

cara mendapatkan rpp guru berbagi kemendikbud

Keterangan:
Subjek pencarian adalah fitur penelusuran berdasarkan dengan keyword. Jadi, Bapak / Ibu Guru dapat langsung mencari RPP yang dibutuhkan dengan hanya mengisi subjek pencarian saja. Bapak / Ibu akan mendapatkan RPP yang dimaksud jika kata kunci (keyword) yang diketik pada kolom subjek tersebut lengkap. Setelah yakin dengan kata kunci yang dimasukkan, maka bisa langsung meng-klik Terapkan.{alertSuccess}

4. Untuk melihat RPP terbaru yang terakhir diupload oleh kontributor atau guru, Bapak / Ibu bisa melihat pada laman berbagi RPP tersebut. Kemudian gulir (skrol) halaman ke bawah. Di bagian bawah kolom subjek pencarian biasanya terdapat Daftar RPP yang baru saja dibagikan berdasarkan pada waktu terakhir.

Berikut adalah gambaran umum terkait tampilan pada laman tersebut.

cara mendapatkan rpp guru berbagi kemendikbud

Setelah selesai melakukan tahap pencarian, selanjutnya bagaimana cara untuk mendapatkan file RPP tersebut?

Cara Mengunndduh RPP di situs Portal Guru Berbagi Kemdikbud

Setelah menemukan file RPP yang Bapak / Ibu butuhkan, beriku adalah langkah-langkah untuk mengunnduuhnya dengan mudah.

1. Jika file RPP yang dicari sudah Bapak / Ibu temukan, lalu klik pada judul RPP tersebut.

2. Setelah itu, biasanya akan terdapat beberapa opsi untuk mengakses file RPP tersebut, yakni tombol Lihat, Undduh, dan Salin tautan.

3. Untuk mengunndduh file RPP, Bapak / Ibu bisa langsung mengklik tombol Undduuh.

Keterangan:
- Tombol Lihat RPP digunakan untuk melihat isi RPP yang dipilih secara langsung.
- Tombol Undduuh digunakan untuk mendapatkan file RPP dan disimpan di laptop atau ponsel.
- Tombol Salin tautan berfungsi untuk menyalin URL tempat RPP itu berada.{alertSuccess}

Catatan:

Bagi Bapak / Ibu Guru disarankan agar menekan tombol Lihat terlebih dahulu untuk memastikan apakah RPP yang dipilih sudah sesuai atau belum dengan kebutuhan Bapak / Ibu mengajar. Jika sudah, maka bisa melanjutkan dengan menekan tombol Undduuh, sehingga file dokumen RPP tersebut akan tersimpan pada folder laptop / komputer atau bahkan pada memori handphone.

Demikian beberapa tips yang dapat kami bagikan melalui blog Guru Abata ini mengenai cara mencari dan mengunndduh file RPP melalui situs portal Guru Berbagi yang digawangi oleh Kemendikbud untuk memfasilitasi para guru untuk mendapatkan fasilitas berbagi dokumen dan mengupdate diri terkait kebijakan RPP itu sendiri apabila terdapat pembaharuan. Jika artikel ini bermanfaat bagi Anda, tolong bagikan kepada rekan-rekan guru lainnya agar bisa mengambil manfaatnya juga. Terimakasih.