Surat Keterangan Dari Sekolah Tentang Kesalahan Penulisan Ijazah

Assalaamualaikum sobat pendidikan. Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan informasi tentang surat keterangan kesalahan penulisan ijazah berikut juga dengan pengertian, kegunaan, manfaat, struktur, dan akan membagikan contoh file format surat keterangan dari sekolah tentang kesalahan penulisan ijazah dalam bentuk dokumen (.docx).

Pengertian

Surat keterangan kesalahan penulisan ijazah merupakan lembaran yang berisi keterangan dari sekolah tentang adanya kesalahan atau kekeliruan dalam penulisan data pada ijazah (misalnya penulisan nama siswa pemilik ijazah, nomor induk siswa nasional atau NISN, tempat tanggal lahir, nama orang tua atau lainnya).

Kegunaan

Kegunaan surat ini adalah sebagai bukti oleh pemilik ijazah untuk keperluan tertentu sesuai peruntukannya.

surat keterangan kesalahan penulisan ijazah

Selain itu, surat keterangan ini dapat juga memberikan keterangan pada pihak tertentu bahwa dalam penulisan ijazah terdapat data yang penulisannya salah / keliru sehingga perlu dimaklumi.

Manfaat

Surat ini memiliki manfaat yang besar bagi pihak-pihak yang disebutkan di bawah, yaitu:

1. Bagi Sekolah, yaitu sebagai arsip terkait kejadian penting yang perlu ditindaklanjuti secepatnya, sebagai arsip surat keluar, dan administrasi sekolah secara umum.

2. Bagi Pemilik ijazah, apabila nama atau tanggal lahir pada ijazah salah tulis, surat ini dapat menjadi keringanan jika digunakan untuk keperluan bekerja, atau mungkin daftar menjadi CPNS.

3. Bagi Dinas Pendidikan, surat ini bermanfaat sebagai draft berita acara terkait adanya kesalahan yang dimaksud, juga bisa sebagai arsip surat masuk.

Struktur

Struktur surat keterangan yang dimaksud terdiri dari:

- Kop Sekolah
- Judul
- Nomor
- Keterangan dari Kepala sekolah bahwa ijazah dengan nomor seri tertentu atas nama pemilik yang disebutkan terdapat kesalahan penulisan pada bagian tertentu (disebutkan bagian yang salah dan ditulis versi yang benar)
- Hak penggunaan surat oleh pemilik ijazah bersangkutan
- Tempat dan tanggal dikeluarkannya surat
- Tanda tangan Kepala sekolah di atas materai 10000
- Mengetahui dan menandatangani Kepala Dinas Pendidikan

Di samping tanda tangan Kepala sekolah, ditempel foto pemilik ijazah atau Pemohon Surat. Ukuran foto 3x4 cm yang kemudian dicap tiga jari pada bagian tengah (tangan kiri).

Contoh Format

Contoh format surat keterangan sebagaimana dimaksud bisa Anda lihat formatnya pada penampakan gambar berikut.


Format di atas juga disediakan dalam bentuk dokumen (.docx) yang bisa Bapak / Ibu unduh melalui link download berikut yang telah kami sediakan.

DOWNLOAD SURAT KETERANGAN DARI SEKOLAH TENTANG KESALAHAN PENULISAN IJAZAH

Demikian yang dapat kami bagikan terkait informasi surat keterangan tentang kesalahan menulis dalam ijazah dengan harapan semoga apa yang kami bagikan bisa bermanfaat bagi Bapak / Ibu Guru, khususnya bagi yang sedang membutuhkan.

Tulis Komentar

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera muncul.
Silahkan berkomentar dengan bahasa yang baik dan santun serta tidak melakukan spamming.

Lebih baru Lebih lama