Hilang Penciuman Gara-Gara Covid-19? Segera Atasi Dengan Cara Ini!

COVID-19 bukanlah satu-satunya penyakit yang bisa mempengaruhi indra penciuman. Sebab demam biasa yang sering kali terjadi pun dapat menyebabkan respons inflamasi pada organ hidung, sehingga akan mengurangi kemampuan seseorang untuk mencium bau.

Sebagaimana kita ketahui bahwa salah satu gejala umum COVID-19 adalah anosmia atau hilangnya indra penciuman. Namun, hal ini ternyata bukan disebabkan oleh adanya respons inflamasi yang menyebabkan terganggunya indra penciuman, melainkan karena adanya virus Corona melewati sawar darah otak atau penghalang antara pembuluh darah dan sistem saraf.

hilang penciuman karena covid-19

Virus yang melewati sawar darah otak tersebut kemudian mempengaruhi sistem dan jaringan saraf yang berfungsi sebagai pendeteksi bau. COVID-19 kemudian akan mempengaruhi sistem saraf dan mengakibatkan hilangnya kemampuan seseorang untuk mencium bau.

Hilang Penciuman Gegara Covid-19?

Banyak orang yang terinfeksi virus Corona Covid-19 mengalami anosmia dan sembuh hanya dalam waktu beberapa hari atau beberapa minggu. Namun demikian, ada pula yang kehilangan indra penciuman dalam jangka waktu lebih lama dari pada itu. Sementara ini para peneliti masih belum menemukan seberapa banyak orang yang kehilangan indra penciumannya secara total.

Hal ini tentu saja membuat penderita menjadi tidak nyaman, bahkan bisa berpengaruh terhadap kualitas hidup seseorang. Sebab, mereka kerap menjadi tidak nafsu makan lantaran makanan yang dikonsumsi menjadi tidak nikmat.

Lalu, apa yang harus dilakukan jika mengalami anosmia?

Dikutip dari laman The Conversation, salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi gejala anosmia adalah dengan melakukan latihan atau terapi penciuman. Jika Anda mengalami gejala Corona yang satu ini, Anda dapat mencoba berlatih untuk mengembalikan indra penciuman dengan cara mengendus bau yang sama secara terus-menerus.

Sebagai contoh, Anda bisa mengendus bau parfum favorit secara terus-menerus agar tubuh bisa kembali mendeteksi serta mengidentifikasi bau tersebut. Terapi ini bisa Anda lakukan pada bau berbeda lainnya hingga indra penciuman kembali normal.

Itulah informasi yang dapat kami bagikan terkait cara mengatasi hilang penciuman gejala covid-19 yang bisa dilakukan secara mudah dan sederhana. semoga informasi ini bermanfaat, dan semoga kita semua dijauhkan dari hal-hal buruk yang ada di sekitar kita.
Baca Juga
Tanto Fajrin

Allah lebih menyukai Pelaku Maksiat yang mau taubat, dari pada orang Sholeh yang tidak pernah merasa salah. - UAH

Posting Komentar

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera muncul.
Silahkan berkomentar dengan bahasa yang baik dan santun serta tidak melakukan spamming.

Lebih baru Lebih lama