Download Buku Data Keunggulan Kelas Berdasarkan Karakteristik Siswa

Buku data keunggulan kelas berdasarkan karakteristik siswa adalah berkas file...Data yang diperoleh selanjutnya dihimpun dalam sebuah buku data...
Buku data keunggulan kelas berdasarkan karakteristik siswa adalah berkas file administrasi kelas berupa buku yang berisi kumpulan data terkait keunggulan siswa yang terdapat di kelas tertentu berdasarkan karakteristik yang dimiliki oleh masing-masing siswa.

Buku ini sangat berguna bagi Bapak / Ibu Guru wali kelas yang ingin mengoptimalkan siswanya menurut kemampuan yang dimiliki oleh setiap personal dalam meningkatkan prestasi kelas secara keseluruhan dengan melihat data yang tercantum pada buku data keunggulan kelas ini.

download buku data keunggulan siswa

Data tersebut tentu saja diperoleh Bapak / Ibu Guru wali kelas melalui observasi atau pengamatan dan tes kemampuan siswa, seperti tes IQ, penilaian prestasi akademik, talenta, gaya belajar, kondisi lingkungan tempat tinggal siswa, dan lain sebagainya.

Kemudian data yang diperoleh selanjutnya dihimpun dalam sebuah buku data keunggulan kelas yang dimaksud dengan tujuan untuk analisis SWOT. Sehingga guru akan menemukan sesuatu yang menjadi kelebihan atau keunggulan peserta didik yang ada di kelasnya.

Apa saja data yang digunakan sebagai dasar dalam menentukan keunggulan kelas?

Pada dasarnya data yang dijadikan indikator adalah berbagai macam keunggulan (baik berupa bakat olahraga, seni budaya, dan sebagainya, serta keunggulan dalam bidang prestasi akademik). Namun demikian tidak selamanya seperti itu, karena tentunya didasarkan pada kebutuhan guru wali kelas dan sekolah.

Secara umum, buku data keunggulan kelas yang Guru Abata bagikan ini memuat tentang beberapa informasi berikut:

1. Nama sekolah

2. Kelas

3. Tahun pelajaran

4. Nama wali kelas

5. Tabel data keunggulan kelas yang terdiri dari kolom:

- Nomor urut
- Nomor induk siswa
- Nama siswa
- Laki-laki atau Perempuan
- Umur
- Anak ke-
- Data karakteristik siswa di antaranya: IQ, Intake (kemampuan awal), prestasi akademik, talenta, gaya belajar, kondisi lingkungan tempat tinggal siswa, dan keterangan.

6. Mengetahui Kepala Sekolah dan Wali Kelas.

Untuk lebih jelasnya, bentuk buku yang dimaksud dapat Bapak / Ibu Guru lihat pada gambar di bawah ini.

Adapun untuk mengisi buku tersebut, caranya adalah guru bisa melihat daftar siswa di kelas kemudian menambahkan data nilai dari setiap karakter siswa, seperti pada gambar di atas. Ada nilai IQ yang bisa diperoleh dari tes intelegensi, nilai intake (kemampuan awal), talenta (diisi dengan jenis talenta yang dimiliki), gaya belajar (diisi dengan gaya belajar setiap siswa, misalnya visual, audio-visual, dsb.), KL (Kondisi Lingkungan) diisi dengan uraian bagaimana kondisi lingkungan tempat tinggal siswa bersangkutan, dan keterangan (diisi dengan catatan tambahan bersifat penting atau perlu ditulis).

Itulah pembahasan yang bisa kami sampaikan. Jika Bapak / Ibu membutuhkan berkas file buku keunggulan kelas dalam format buku kerja excel (.xlsx), Bapak / Ibu Guru Wali Kelas dapat mengunduhnya melalui tautan berikut:

DOWNLOAD CONTOH BUKU DATA KEUNGGULAN KELAS.xlsx

Cara Download:
Tunggu beberapa detik >> tekan KLIK UNTUK MENUJU LINK >> tekan MENUJU LINK.{alertSuccess}

Semoga berkas file data keunggulan kelas yang kami bagikan ini bisa bermanfaat bagi Bapak / Ibu Guru. Kurang dan lebihnya mohon maaf, jangan sungkan untuk meninggalkan jejak digitalmu.