Inilah Pengaruh Gadget Terhadap Minat Baca Anak

Gadget merupakan benda yang saat ini menjadi momok bagi sebagian besar orang tua. Kehadiran teknologi yang berupa perangkat genggam ini telah menjadi magnet negatif bagi banyak anak-anak, terutama untuk para orang tua yang tidak bisa mengontrol penggunaan gadget (smartphone / tablet) pada anaknya.

Sudah tidak bisa dielakkan lagi bahwa saat ini umumnya anak-anak lebih suka bermain di depan gadget dibandingkan membaca buku. Sehingga perangkat elektronik tersebut sering dijadikan alasan oleh orang tua yang anaknya susah mengerjakan tugas di rumah.

Inilah Pengaruh Gadget Terhadap Minat Baca Anak

Seolah buku telah dianggap sebagai hal yang sama sekali tidak menarik karena banyaknya game-game online yang dapat dimainkan lebih seru melalui gadget. Oleh karenanya, para orang tua harus lebih memperhatikan tentang masalah ini. Jangan sampai memberikan gadget dengan mudah kepada anak jika ingin anak memiliki minat baca yang bagus. Untuk mengatasinya orang tua harus melakukan beberapa hal, yaitu:

- Membuat perjanjian dengan anak terkait penggunaan gadget yang dapat ditebus dengan melakukan kegiatan membaca.

- Menyediakan fasilitas buku digital / buku elektronik dalam gadget yang bisa dibaca oleh anak kapan pun dan dimana pun.

- Mematikan koneksi data gadget setelah perjanjian pemakaian gadget bersama anak telah selesai

- Menjelaskan dampak buruk terhadap kesehatan jika menggunakan gadget secara terus menerus bagi mata dan juga kesehatan tubuh lainnya.

Jika anak tetap ingin menggunakan gadget, maka ajarkan tentang hal-hal penting yang berguna seperti mengakses pembelajaran online, belajar bahasa, membuka website-website pendidikan atau kisah inspiratif online dan sebagainya, yakni hal-hal yang bermanfaat bagi anak. Sehingga di dalam gadget pun orang tua tetap dapat mengembangkan minat baca anak-anak.

Kirim Komentar

Komentar dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera muncul.
Silahkan berkomentar dengan bahasa yang baik dan santun serta tidak spamming.

Lebih baru Lebih lama