Tertarik Dengan Beasiswa Penuh Kuliah S1 Di Korea Selatan? Simak Informasinya!

Boomingnya acara drama, musik, hingga budaya Korea Selatan ternyata...Melansir laman kaist.ac.kr, sebenarnya terdapat tiga gelombang pendaftaran...
Boomingnya acara drama, musik, hingga budaya Korea Selatan ternyata mampu menarik banyak minat anak muda Indonesia untuk mengetahui langsung kehidupan disana.

Saat ini saja, banyak sekali agen travel yang menyediakan paket tour ke Korea Selatan. Imbasnya, keinginan untuk melanjutkan studi di Korea Selatan pun menjadi semakin besar.

Kini salah satu Universitas di Korea Selatan (Korsel), yakni Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST) telah membuka keran beasiswa bagi warga bukan berasal dari Korea yang ingin melanjutkan studi.

Program KAIST yang dibuka ini bernama International Student Scholarship dan rutin ditawarkan oleh kampus yang satu ini.

Beasiswa KAIST ditujukan bagi para calon mahasiswa lulusan SMA/Sederajat yang ingin melanjutkan kuliah S1 di sejumlah program studi yang telah disediakan oleh KAIST.

beasiswa penuh kuliah s1 di luar negeri korea selatan

Melansir laman kaist.ac.kr, sebenarnya terdapat tiga gelombang pendaftaran calon mahasiswa. Yakni Early, yang dimulai pada tanggal 1 September 2020, Regular pada tanggal 9 November 2020 dan bagi yang terlambat melakukan pendaftaran, bisa memilih opsi Late yang dibuka mulai tanggal 1 Maret 2021.

Lalu, seperti apakah pilihan jurusan, deadline, dan persyaratan yang diperlukan untuk mengikuti seleksi beasiswa kuliah S1 di luar negeri ini? Berikut informasinya:

Jadwal Beasiswa KAIST Gelombang Late (Akhir)

- Waktu Pendaftaran: 1 Maret 2021 s.d. 28 Mei 2021.
- Batas waktu Surat Rekomendasi: 31 Mei 2021.
- Pengumuman penerimaan mahasiswa baru: 18 Juni 2021.
- Kegiatan perkuliahan dimulai: Fall Semester 2021.

Jurusan Dan Program Studi KAIST

- College of Natural Sciences: Physics, Mathematical Science, Chemistry
- College of Life Science & Bioengineering: Biological Sciences
- College of Engineering: Mechanical Engineering, Aerospace Engineering, Electrical Engineering, Computer Science, Civil & Environmental Engineering, Bio & Brain Engineering, Industrial Design, Industrial & Systems Engineering, Chemical & Biomolecular Engineering, Materials Science & Engineering, Nuclear & Quantum Engineering
- College of Business: Business and Technology Management

Cakupan Beasiswa KAIST

1. Tanggungan biaya secara penuh perkuliahan selama masa pendidikan S1 di KAIST (8 semester) dengan catatan tetap mempertahankan hasil prestasi.

2. Tunjangan hidup sebesar 350.000 KRW setiap bulan atau setara dengan Rp 4,3 juta.

3. Asuransi kesehatan nasional.

4. Yang tidak ditanggung dalam program Beasiswa KAIST adalah biaya asrama sekitar USD 100-300 setiap bulan atau setara dengan Rp 1,4 hingga 4,2 juta untuk makanan dan biaya perjalanan ke Korea. Makanan tersedia di cafetaria campus dengan biaya antara 4.000-5.000 KRW atau setara dengan Rp 62 ribu.

5. Peserta dapat mencari sumber pendanaan lain atau mendanai secara mandiri untuk memenuhi biaya tersebut.

6. Untuk tetap mendapatkan beasiswa, mahasiswa penerima Beasiswa KAIST harus selalu mempertahankan IPK minimal 2,7 (skala 4,3) setelah tahun pertama kuliah di KAIST.

Persyaratan Bagi Pelamar Beasiswa KAIST

1. Merupakan pelamar internasional (termasuk dari Indonesia) dan tidak memiliki kewarganegaraan ganda dengan Korea Selatan.

2. Orang tua pelamar bukan merupakan warga negara Korea Selatan.

3. Telah lulus SMA/SMK/Sederajat Tahun 2020 dan tahun-tahun sebelumnya (untuk mendaftar Spring Semester 2021) ATAU yang akan lulus per tanggal 31 Agustus 2021 (untuk mendaftar Fall Semester 2021).

4. Memenuhi persyaratan bahasa Inggris dengan skor yang direkomendasikan untuk TOEFL iBT min. 83 / TOEFL PBT min. 63 (baru) / TOEFL CBT min. 220 / IELTS min. 6,5 / TOEIC Listening & Reading min. 720 / TEPS min. 326 (baru).

5. Bagi yang menggunakan bahasa Inggris saat proses belajar di SMA/Sederajat (pemberian materi dan buku pelajaran seluruhnya dalam bahasa Inggris), maka tidak perlu melampirkan sertifikat kemampuan bahasa Inggris.

Berkas Pendaftaran

1. Formulir pendaftaran online.

2. Satu Surat Rekomendasi yang diisi oleh 1 (satu) guru wali kelas/pembimbing akademik/guru Matematika/Sains yang disubmit sendiri oleh pemberi rekomendasi secara online. Surat Rekomendasi ditulis dalam bahasa Inggris atau Korea.

3. Masukkan alamat email pemberi rekomendasi pada saat mengisi formulir pendaftaran secara online, sehingga pihak KAIST dapat menginformasikan cara mengirimkan Surat Rekomendasi melalui platform online.

4. Profil SMA/SMK/Sederajat yang diterbitkan oleh sekolah asal atau dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Profil yang disubmit dapat berupa website resmi sekolah atau informasi relevan yang bisa membuat panitia program beasiswa KAIST lebih mengenal sekolah asal peserta (maksimal 5 halaman).

5. Scan Transkrip Nilai SMA/SMK/Sederajat.

6. Hasil tes bahasa Inggris dengan skor yang direkomendasikan yaitu: TOEFL iBT min. 83 / TOEFL PBT min. 63 (baru) / TOEFL CBT min. 220 / IELTS min. 6,5 / TOEIC Listening & Reading min. 720 / TEPS min. 326 (baru). Hasil tes Bahasa Inggris harus diambil dalam waktu dua tahun terakhir. Kode institusi KAIST untuk hasil skor TOEFL: 0195.

7. Hasil Ujian kelulusan SMA Sederajat / SAT 1 / SAT 2 / AP/ IB / GCE A-Level / ACT / hasil ujian masuk universitas / sertifikat olimpiade internasional (tidak wajib).

8. Bagi yang melampirkan hasil ujian kelulusan SMA/Sederajat (Ujian Nasional/Ujian Sekolah), jelaskan mengenai prosedur, tingkat persaingan, dan hasil dari ujian tersebut dalam 1 halaman A4.

9. Salinan KTP (Kartu Tanda Penduduk) atau Paspor (pilih salah satu).

10. Statement of Financial Resources yang terdapat di formulir pendaftaran online. Pilih KAIST Scholarship.

11. Sertifikat penghargaan atau prestasi maksimal 5 (tidak wajib).

Catatan Penting:

- Pastikan untuk dokumen yang dikeluarkan oleh sekolah, dilegalisir terlebih dahulu oleh pihak sekolah asal.

- Dokumen yang masih berbahasa Indonesia bisa diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris dengan menggunakan jasa penerjemah tersumpah.

Cara Melakukan Pendaftaran Beasiswa KAIST

Sebelum mengajukan program Beasiswa KAIST, perlu dipahami bahwa pendaftaran menjadi mahasiswa dan pendaftaran beasiswa sudah satu paket (tidak diperlukan pengajuan pendaftaran secara terpisah).

Pastikan sebelum daftar, pelamar sudah membaca Panduan Pendaftaran melalui link yang tertera di laman website KAIST. Namun, sebelum itu pastikan terlebih dahulu beberapa hal di bawah ini:

1. Untuk mendaftar Beasiswa KAIST, pelamar harus melengkapi formulir pendaftaran secara online untuk mahasiswa internasional di KAIST pada website berikut:
https://apply.kaist.ac.kr/InterApply/InterApply/Login

2. Jangan lupa untuk membuat akun terlebih dulu. Selanjutnya isi formulir pendaftaran secara online denganengkap dan simpan file tersebut.

3. Pelamar akan dikenakan biaya pendaftaran mahasiswa sebesar 80,000 KRW yang bisa dibayarkan melalui transfer bank atau kartu kredit.

4. Pada bagian Doc. Submission page, upload hasil scan berkas dokumen yang disebutkan di atas.

5. Surat Rekomendasi harus disubmit sendiri oleh pemberi rekomendasi sebelum batas waktu yang telah ditentukan.

6. Lakukan pengecekan status pendaftaran (cek apakah dokumen sudah berhasil diupload atau belum).

7. Sebaiknya selesaikan pendaftaran minimal 3 hari sebelum batas akhir pendaftaran untuk menghindari masalah error pada saat mengakses website.

8. Pihak KAIST akan melakukan seleksi dokumen. Jika perlu dilakukan wawancara kepada peserta, maka peserta akan dihubungi melalui email masing-masing.

9. Cek hasil akhir pendaftaran dan beasiswa melalui website:
https://apply.kaist.ac.kr/InterApply/InterApply/Login

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai informasi beasiswa penuh kuliah S1 di luar negeri Korea Selatan melalui program beasiswa KAIST. Semoga informasi yang kami sampaikan dapat berguna khususnya bagi yang sedang mencari beasiswa ke luar negeri. Terimakasih.