Tiga Kata Penting Dalam Kehidupan Ini Sering Terlupakan

Generasi Z yang sering dijadikan sebagai sebutan bagi anak-anak yang lahir pada generasi masa kini yang hidup dengan berbagai macam kecanggihan teknologi yang amat pesat. Kadang perkembangan teknologi dapat membawa beragam pengaruh bagi interaksi sosial generasi saat ini.

Setiap detik setiap waktu muda mudi zaman sekarang selalu disibukkan dengan teknologi yang serba canggih sampai terkadang melupakan bahwa manusia sebagai makhluk sosial juga perlu melakukan interaksi sosial dengan lingkungan masyarakat.

Tiga Kata Penting Dalam Kehidupan Ini Sering Terlupakan

Dalam kehidupan sehari-hari, ada kata-kata penting yang mungkin saat ini mulai dilupakan oleh para muda mudi tersebut. Beberapa di antaranya adalah:

1. Maaf

Kata MAAF meruapakan salah satu kata yang terbilang singkat dan mudah diucapkan namun seringkali dilupakan. Kata ini bisa mengajarkan kepada orang yang mengungkapkannya untuk melatih keberanian diri dengan mau mengakui kesalahan yang telah dilakukan dan sebagai bahan introspeksi diri agar tidak melakukannya lagi di kemudian hari.

2. Tolong

Tidak dipungkiri lagi bahwa manusia merupakan makhluk sosial yang tidak bisa lepas dari bantuan orang lain. Maka dari itu membiasakan diri untuk mengucapkan kata "tolong" sebelum meminta bantuan orang lain merupakan hal yang sangat baik dilakukan, karena hal tersebut dapat lebih menguatkan kebersamaaan dan rasa saling membutuhkan satu sama lain tanpa menyinggung seseorang.

3. Terimakasih

Ucapan terimakasih tidak hanya diucapkan saat seseorang memperoleh bingkisan, barang atau materi tertentu dari orang lain. Akan tetapi, saat seseorang yang sedang mendapatkan kesulitan atau sedang membutuhkan bantuan orang lain dalam melakukan suatu hal, maka kata terimakasih sudah semesttinya langsung terucap secara otomatis dari lisan orang yang mendapatkan bantuan atau pertolongan tersebut.

Ketiga kata di atas sangat familiar bagi kehidupan kita sehari-hari, namun saat ini ketiga kata tersebut mulai memudar untuk diucapkan pada saat-saat tersebut.

Sebab, ketika melakukan suatu kesalahan terkadang banyak yang tidak merasa bahwa dirinya melakukan kesalahan justru cenderung balik menyalahkan orang lain. Padahal dengan mengakui kesalahan, kita dapat memperbaikinya dan bisa melakukan sesuatu yang lebih baik sebagai gantinya serta bisa lebih peka dan berhati-hati sebelum melakukan sesuatu.

Minta tolong bukanlah hal yang dapat merendahkan diri kita, justru dengan mengatakan tolong kita dapat menunjukkan jiwa kita sebagai makhluk sosial yang tidak bisa berdiri sendiri tanpa memerlukan bantuan orang lain.

Ketika dibantu orang lain, kita juga sebaiknya mengucapkan terimakasih. Dengan ucapan terimakasih itu bisa jadi sebuah kata yang sangat berharga bagi orang yang membantu kita. Oleh sebab itu, bukan berupa imbalan dalam bentuk benda atau lainnya, cukup dengan mengucapkan terimakasih dapat menunjukkan bahwa kita menghargai apa yang telah dilakukan orang lain terhadap diri kita.

Meskipun saat ini teknologi serba canggih, namun tetap yang namanya manusia membutuhkan orang lain. Dan dengan membiasakan mengatakan maaf apabila melakukan kesalahan, kemudian mengatakan tolong jika membutuhkan orang lain serta mengucapkan terimakasih maka kita bisa menjaga kehidupan sosial masyarakat kita menjadi lebih harmonis.
Tanto Fajrin

Allah lebih menyukai Pelaku Maksiat yang mau taubat, dari pada orang Sholeh yang tidak pernah merasa salah. - UAH

Posting Komentar

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera muncul.
Silahkan berkomentar dengan bahasa yang baik dan santun serta tidak melakukan spamming.

Lebih baru Lebih lama