Panduan Bagi Kepala Sekolah Untuk Memimpin Dari Rumah Saat Covid-19

Semoga Bapak/Ibu Kepala Sekolah selalu diberikan kesehatan oleh Allah bersama...Panduan Pengelolaan Sekolah Saat Pendemi Covid-19 ini merupakan...
Semoga Bapak/Ibu Kepala Sekolah selalu diberikan kesehatan oleh Allah bersama keluarga di rumah. Dalam situasi serba sulit seperti sekarang ini, semoga kita semua tetap saling menjaga dan mengingatkan satu sama lain untuk senantiasa memberikan pelayanan pendidikan terbaik bagi peserta didik tentunya dengan tetap mematuhi semua peraturan yang telah ditetapkan pemerintah.

Kita semua harus terus berdoa agar pandemi Covid-19 ini segera berakhir sehingga kita dapat memulai kembali untuk beraktivitas sebagaimana mestinya secara normal seperti sedia kala.

Panduan Bagi Kepala Sekolah Untuk Memimpin Dari Rumah Saat Covid-19


Di tengah pandemi Covid-19 ini, kita harus banyak menyesuaikan diri dengan kondisi baru yang masih belum jelas, terutama dalam hal penyelenggaraan proses pembelajaran bagi para siswa.

Kepala Sekolah dan Guru harus bekerjasama untuk merancang pelaksanaan pembelajaran yang kontekstual untuk dapat diterapkan oleh siswa dengan mudah bersama orang tua di rumah mereka masing-masing.

Kepala Sekolah dan stakeholder pendidikan harus kompak dalam bekerjasama berbagi pengalaman dan strategi memimpin sekolah di masa sulit ini, sehingga bisa saling memberikan ide satu sama lain guna mengatasi tantangan yang sedang atau akan dihadapi.

Panduan Pengelolaan Sekolah Saat Pendemi Covid-19 ini merupakan kumpulan langkah-langkah praktis dari pengalaman beberapa kepala sekolah di Indonesia.

Bapak / Ibu Kepala Sekolah bisa mempelajari dan menerapkan isi dari panduan ini sesuai dengan situasi dan kondisi sekolah masing-masing.

Dalam Buku Panduan Memimpin Sekolah di masa pandemi Covid-19 ini berisi tentang:

1. Bagaimana Mengelola Guru
2. Bagaimana Melakukan Supervisi Pembelajaran
3. Bagaimana Mengelola Orang Tua

Pernyataan dan jawaban umum lainnya:

1. Bagaimana jika terdapat guru yang tidak responsif saat dihubungi?

2. Bagaimana jika orang tua / wali peserta didik tidak memiliki ponsel atau akses internet? Apa yang bisa dilakukan oleh guru?

3. Kemana saya harus mendapatkan petunjuk teknis terbaru yang berkaitan dengan Rencana Kegiatan serta Anggaran Sekolah yang ada perubahan?

4. Pemakaian internet siswa banyak memakan paket data, beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menghemat paket data.

5. Peserta didik seperti apa yang perlu saya identifikasi dan perhatikan lebih karena masuk kategori kelompok yang rentan?

6. Anak-anak sering kali main ke sekolah dan berkumpul dalam jumlah yang banyak. Lalu apa yang sebaiknya saya lakukan?

7. Salah satu keluarga peserta didik saya ada yang terinfeksi Covid-19, dan serentak grup WhatsApp orang tua menjadi gaduh dan khawatir. Lalu apa yang semestinya saya lakukan?

8. Bagaimana seorang Kepala Sekolah merefleksikan program sekolah terutama dalam proses kegiatan belajar mengajar di sekolahnya pada masa pandemi Covid-19 ini?

Berikut adalah Buku Panduan bagi Kepala Sekolah untuk Memimpin dari Rumah Saat masa Pandemi Covid-19 yang bisa diunduh melalui link download yang telah kami sediakan.

BUKU PANDUAN MEMIMPIN SEKOLAH DARI RUMAH SELAMA MASA COVID-19

Untuk mencari referensi dan inspirasi lainnya, bapak Kepala Sekolah dapat membaca artikel Kisah Sukses Kepala Sekolah dan Kepala Sekolah Sebagai Titik Tumpu Perubahan.

Demikian pembahasan yang dapat Guru Abata sampaikan terkait Panduan Memimpin Sekolah dari Rumah selama masa Covid-19 yang dapat digunakan sebagai panduan bagi para kepala sekolah di seluruh nusantara. Semoga bermanfaat, terimakasih.