Kumpulan Kisah Sukses Kepala Sekolah SD

Gelombang peradaban keempat yang sering kita sebut sebagai era Revolusi Industri 4.0 telah menghadirkan tantangan-tantangan baru bagi dunia pendidikan. Bahkan tantangan-tantangan tersebut bergulir secara cepat setiap saat, semakin kompleks dan kadang sulit diprediksi. Karenanya di era ini, setiap orang yang menggeluti profesi di bidang pendidikan, apapun posisi dan perannya dituntut untuk memiliki kemampuan adaptasi yang tinggi. Secara khusus bagi kepala sekolah dan pengawas sekolah sebagai pemegang kunci eksistensi dunia pendidikan pada level praksis. Mereka dituntut untuk senantiasa secara kritis merefleksikan gagasan-gagasan, cara-cara kerja dan hasil-hasil pendidikan yang telah mereka lakoni dan yang telah diraihnya selama ini.

Kumpulan Kisah Sukses Seorang Kepala Sekolah SD

Tantangan khusus bagi kepala sekolah dan pengawas sekolah adalah bagaimana membangun visi, menggeser paradigma dan menyesuaikan kerangka kerja mereka dalam menggeluti tugas-tugas profesi di era millenial ini. Mereka dihadapkan pada tantangan dan problem yang tidak linier yang membutuhkan kreativitas yang tinggi untuk menemukan solusi yang akurat. Bagian akhir dari dinamika tantangan tersebut adalah bagaimana seorang kepala sekolah maupun pengawas sekolah melakukan konversi seluruh sumber daya termasuk ekosistem sekolah dengan penetrasi teknologi menjadi sebuah layanan pendidikan yang bermutu dan berdaya saing.

Dalam rangka mendukung upaya tersebut, pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menempuh kebijakan strategis dengan melakukan reposisi atau transformasi peran dan tugas seorang kepala sekolah. Reposisi ini pada hakikatnya adalah upaya pemerintah untuk mengoptimalkan tata kelola satuan pendidikan dan sekaligus memberikan ruang gerak yang lebih luas kepada kepala sekolah untuk berinovasi. Peran baru dimaksud, juga bermakna sebagai peningkatan level otoritas yang memungkinkan seorang kepala sekolah lebih percaya diri mengerahkan seluruh sumber daya pendidikan yang dimilikinya dalam rangka mewujudkan visi sekolahnya.

Buku Kumpulan Kisah Sukses yang merupakan karya kolaboratif ini patut mendapatkan apresiasi. Terlepas dari kelebihan maupun kekurangannya, buku ini telah menghadirkan perspektif praksis yang beragam sekaligus unik tentunya. Untuk itu, kami atas nama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyampaikan terima kasih kepada para penulis, editor dan semua pihak yang telah mendedikasikan waktu, pikiran dan tenaga hingga terbitnya buku Kumpulan Kisah Sukses ini.

Paragraf di atas merupakan isi Prakata yang disampaikan oleh Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Dr. Supriano, dalam buku berjudul KUMPULAN KISAH SUKSES KEPALA SEKOLAH SD yang secara resmi diterbitkan oleh Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Untuk itu bagi Anda yang memerlukan buku tersebut sebagai referensi dalam atau kajian ilmiah, Anda dapat mendownload Buku Kumpulan Kisah Sukses Kepala Sekolah SD yang berupa file PDF ini dengan mudah. Semoga bermanfaat, terimakasih.

2 Komentar

Komentar yang Anda berikan dimoderasi.
Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera muncul.
Silahkan berkomentar dengan bahasa yang baik dan santun serta tidak melakukan spamming.

  1. Salam kenal pak Tanto Fajrin, Alhamdulillah guruabata.web.id ini sangat membantu menambah wawasan dan sangat praktis dalam meningkatkan kompetensi untuk guru. terima kasih sudah berbagi, mohon ijin sy menggunakan untuk referensi dalam pembelajaran dr materi yg ada di web ini. semoga berkah dan mendapat amal jariah. Salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masyaa Allah, alhamdulillaah. Terimakasih Bapak Hidayatullah, M.Pd.I atas apresiasinya pada blog Guruabata.web.id yang sederhana ini. Salam kenal juga dari saya, Tanto Fajrin.

      Insyaa Allah blog Guru Abata ini akan memberikan informasi yang bermanfaat bagi insan pendidikan. Karena saya merasakannya sendiri bahwa seorang pendidik dan tenaga kependidikan membutuhkan banyak referensi terkhusus dalam hal pengetahuan dan administrasi.

      Kritik dan masukan yang membangun juga selalu saya nanti dari siapapun untuk keistiqomahan Guru Abata dalam membagikan informasi pendidikan.

      Hapus

Posting Komentar

Komentar yang Anda berikan dimoderasi.
Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera muncul.
Silahkan berkomentar dengan bahasa yang baik dan santun serta tidak melakukan spamming.

Lebih baru Lebih lama