Pengawasan Terhadap Anak Dalam Menggunakan Internet

Sekarang ini, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah menyebar dengan cepat ke berbagai aspek kehidupan. Salah satu contoh dari kecanggihan teknologi informasi dan komunikasi yang ada di lingkungan kita adalah internet. Hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya pengguna internet yang terus meningkat di seluruh penjuru dunia.

Sebagai suatu kebutuhan aktivitas sehari-hari, internet dapat mempermudah kita untuk berkomunikasi dan mengakses informasi secara cepat. Sederhananya, internet berperan sebagai penghubung setiap perangkat elektronik yang bisa tersambung dengannya, baik itu melalui saluran kabel maupun wireless (tanpa kabel). Dengan perkembangan teknologi yang semakin mutakhir, jaringan internet mampu menyebarkan setiap informasi dengan cepat ke seluruh belahan bumi.

Pengawasan Terhadap Anak Dalam Menggunakan Internet

Selain itu, internet juga merupakan sebuah teknologi jaringan informasi yang mempunyai 3 konsep keistimewaan, antara lain adalah:

- Kebebasan dalam mengaksesnya. Internet mampu memberi kuasa kepada para penggunanya untuk saling memberi dan menerima informasi dengan cepat secara bebas tanpa batas.

- Lebih dinamis, dan dinilai sangat mengikuti perkembangan zaman. Selain arsip lama, informasi yang terdapat di internet dapat diperbarui secara cepat dan langsung, jauh berbeda jika dibandingkan dengan informasi yang ada pada media cetak.

- Internet merupakan sebuah jaringan yang bersifat interaktif. Hal ini dikarenakan melalui internet, setiap penggunanya dimungkinkan untuk dapat berinteraksi dengan pengguna lain di dunia ini setiap saat.

Melihat dari keistimewaan internet di atas, kehadiran internet ini sangat kaya manfaat. Namun Ayah/Bunda perlu mengetahui bahwa Internet dapat juga diibaratkan sebagai pisau bermata dua, di satu sisi memberikan dampak positif, dan di sisi lain juga dapat memberikan dampak yang negatif bagi penggunanya.

Oleh karena itu, para orang tua perlu untuk memahami pemanfaatan internet ini agar dapat mengawasi anak dalam menggunakan internet, terutama kepada anak yang masih tergolong di bawah umur, yaitu anak-anak usia dini dan anak sekolah.

Kenapa Harus Ada Pengawasan Anak Menggunakan Internet?


Pengawasan Terhadap Anak Dalam Menggunakan Internet

Ada beberapa dampak negatif internet bagi anak-anak jika tidak diawasi orang tua, yaitu:

1) Anak kecanduan menggunakan internet;

2) Mengurangi sifat sosialisasi anak terhadap lingkungan sekitar; dan

3) Mudah mendapatkan informasi yang tidak sesuai dengan usia anak. Inilah permasalahan yang sekarang banyak menjadi kekhawatiran bagi para orang tua.

Ini adalah beberapa tips untuk mengurangi dampak negatif internet terhadap anak-anak yang dapat Ayah Bunda lakukan di rumah.

1. Mendampingi anak saat menggunakan internet.

2. Memberi batasan waktu kepada anak untuk mengakses internet dalam sehari.

3. Menginstal game edukatif khusus anak di gadget yang bisa membantu proses belajar anak.

4. Mengajak anak melakukan permainanan yang melibatkan aktivitas fisik, seperti bermain engklek, bercerita, dan membaca buku.

Selain tips untuk melakukan pengawasan terhadap anak dalam menggunakan internet ini, semoga beberapa penjelasan dalam posting ini dapat memberikan solusi atas kekhawatiran Ayah Bunda tersebut.

Tulis Komentar

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera muncul.
Silahkan berkomentar dengan bahasa yang baik dan santun serta tidak melakukan spamming.

Lebih baru Lebih lama