Pentingnya Waktu Dalam Kehidupan Seorang Muslim

Segala sesuatu, ketika hilang bisa berupaya untuk dapatkannya lagi, kecuali waktu. Jika hilang, maka tidak ada harapan untuk memperolehnya kembali. Itulah sebabnya waktu adalah hal yang paling berharga yang dapat dimiliki dalam kehidupan ini.

Islam adalah agama yang mengakui pentingnya waktu dan sangat menghargainya. Allah SWT berfirman:

اِنَّ فِى اخْتِلَافِ الَّيْلِ وَالنَّهَارِ وَمَا خَلَقَ اللّٰهُ فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِ لَاٰيٰتٍ لِّقَوْمٍ يَّتَّقُوْنَ ٦

Artinya:
Sesungguhnya pada pergantian malam dan siang dan pada apa yang diciptakan Allah di langit dan di bumi, pasti terdapat tanda-tanda (kebesaran-Nya) bagi orang-orang yang bertakwa. (QS. Yunus ayat 6)

Pentingnya Waktu Dalam Kehidupan Seorang Muslim

Islam menata ibadahnya yang luar biasa ke setiap bagian hari dan musim tahun ini untuk membentuk sistem yang akurat dan tepat yang mengatur kehidupan Islam dan mengukurnya dengan hitungan menit, mulai dari terbit fajar hingga matahari terbenam. Allah SWT berfirman:

فَسُبْحٰنَ اللّٰهِ حِيْنَ تُمْسُوْنَ وَحِيْنَ تُصْبِحُوْنَ ١٧ وَلَهُ الْحَمْدُ فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِ وَعَشِيًّا وَّحِيْنَ تُظْهِرُوْنَ ١٨

Artinya:
Maka bertasbihlah kepada Allah pada petang hari dan pada pagi hari (waktu subuh), dan segala puji bagi-Nya baik di langit, di bumi, pada malam hari dan pada waktu zuhur (tengah hari). (QS. Ar Ruum ayat 17-18)

Umur manusia adalah amanah besar yang akan dipertanggungjawabkan pada Hari Penghakiman. Dia akan ditanya tentang bagaimana dia menghabiskannya dan bagaimana dia menggunakannya. Diriwayatkan dalam Jami ‘At-Tirmidhi bahwa Nabi Shallallaahu 'Alaihi wa Sallam bersabda:

"Kaki seorang budak tidak akan bergerak pada Hari Pengadilan sampai dia ditanyai tentang empat hal: hidupnya - bagaimana dia menghabiskannya; masa mudanya - bagaimana dia menggunakannya; kekayaannya - dari mana dia mendapatkannya dan bagaimana dia menghabiskannya, dan pengetahuannya - bagaimana dia bertindak atas hal itu."

Waktu memiliki sifat yang khusus untuk itu. Itu termasuk hal berikut:

- Bagian yang cepat: Waktu berlalu seperti awan. Tidak peduli berapa lama manusia hidup dalam kehidupan ini, hidupnya singkat, karena kematian adalah akhir dari setiap makhluk hidup. Ketika Nuh (yaitu Nabi Nuh) As., ditanya: "Wahai Nabi yang hidup paling lama, bagaimana Anda menemukan dunia ini?" Dia berkata: "Itu seperti sebuah rumah yang memiliki dua pintu. Saya masuk dari salah satu dari mereka dan keluar melalui yang lain." Inilah yang diungkapkan oleh Al Quran, dengan menyebutkan bahwa masa hidupnya adalah singkat, setelah mati dan pada hari kiamat.

Allah SWT berfirman:

كَاَنَّهُمْ يَوْمَ يَرَوْنَهَا لَمْ يَلْبَثُوْٓا اِلَّا عَشِيَّةً اَوْ ضُحٰىهَا ࣖ ٤٦

Artinya:
Pada hari ketika mereka melihat hari Kiamat itu (karena suasananya hebat), mereka merasa seakan-akan hanya (sebentar saja) tinggal (di dunia) pada waktu sore atau pagi hari. (QS. An Naazi'aat ayat 46)

- Apapun yang terjadi padanya tidak kembali dan tidak dapat diganti untuk: setiap hari, jam, atau momen yang berlalu tidak bisa didapatkan lagi dan dengan demikian tidak dapat diganti. Makna ini diungkapkan oleh Al Hasan Al Basri ketika dia berkata: "Setiap hari panggilan, mengatakan: 'Wahai anak Adam, aku adalah ciptaan baru dan aku adalah saksi atas perbuatanmu, jadi ambil ketentuan dari saya karena jika saya lulus, saya tidak kembali sampai Hari Pengadilan.'"

- Ini adalah hal yang paling berharga yang dapat dimiliki manusia: berharganya waktu dikaitkan dengan kenyataan bahwa itu adalah wadah dari semua perbuatan. Padahal, itu adalah amanah nyata manusia, baik individu maupun masyarakat. Waktu bukan hanya emas seperti pepatah umum mengatakan, tetapi lebih berharga dari pada emas, mutiara, dan karang. Waktu adalah hidup. Sesungguhnya, kehidupan manusia tidak lain adalah waktu yang diberikan kepadanya sejak hari kelahirannya sampai hari kematiannya. Al Hasan Al Basri berkata: "Wahai anak Adam, sesungguhnya kamu hanyalah beberapa hari saja ... setiap kali sehari binasa sebagian dari dirimu binasa." Itu sebabnya kita harus semangat dalam memanfaatkan waktu. ‘Umar ibn Abdul ‘Aziz, "Siang dan malam habiskan kamu, maka gunakanlah mereka." Al Hasan Al Basri berkata: "Saya melihat banyak orang yang lebih giat pada waktu mereka dari pada Anda pada uang Anda." ‘Umar ibn Al Khattab, biasa memukul kakinya dengan cambuk ketika malam datang dan berkata pada dirinya sendiri: "Apa yang kamu lakukan hari ini? "Dari antara berkah dimana banyak orang lalai dan tidak bersyukur akan hal itu, dan mengabaikan nilainya, adalah berkah dari waktu luang. Ini diriwayatkan karangan Ibnu Abbas, bahwa Nabi Shallallaahu `Alaihi wa Sallam bersabda: "Ada dua berkah dimana banyak orang mengalami kerugian: kesehatan dan waktu luang." (HR. Bukhari)

Itulah sebabnya para pendahulu tidak suka bagi seorang pria untuk bebas dan tidak disibukkan oleh masalah agamanya atau masalah kehidupan duniawinya. ‘Umar ibn Al Khattab, berkata: "Saya tidak suka bahwa seorang pria bebas dan tidak disibukkan oleh masalah agamanya atau masalah kehidupan duniawinya."

Tidak ada keraguan bahwa manusia mencintai kehidupan dan suka hidup lama, dan lebih selamanya jika dia bisa. Umur panjang dianggap sebagai salah satu berkah dari Allah SWT, jika seseorang menggunakannya untuk melakukan kebenaran dan melakukan amal shalih. At Tirmidzi meriwayatkan bahwa Nabi Shallallaahu `Alaihi wa Sallam ditanya: "Manakah di antara orang-orang yang terbaik?" Beliau berkata: "Orang yang hidup panjang umur dan melakukan perbuatan baik."

Sesungguhnya adalah bahwa kehidupan manusia yang sebenarnya bukanlah tahun-tahun yang ia habiskan sejak hari kelahirannya hingga hari kematiannya. Sebaliknya, usia sebenarnya ditentukan menurut perbuatan baik yang dicatat baginya oleh Allah SWT. ‘Abdullah ibn Mas‘ud ra. berkata: "Saya tidak pernah menyesali sesuatu seperti saya menyesali hari yang matahari telah terbenam dimana hidup saya menurun dan perbuatan baik saya tidak meningkat."

Kirim Komentar

Komentar dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera muncul.
Silahkan berkomentar dengan bahasa yang baik dan santun serta tidak spamming.

Lebih baru Lebih lama