Cara Mudah Dan Cepat Belajar Bahasa Inggris Bagi Pemula

Diketahui bahwa bahasa Inggris menjadi bahasa internasional, karena merupakan salah satu bahasa tertua yang ada di dunia. Bahasa Inggris berasal dari Britania pada abad ke-8. Perkembangan kosakata bahasa Inggris pun sangat cepat. Peneliti Harvard University menyatakan setidaknya ada 8500 kosakata baru setiap tahunnya.

Selain itu, negara Inggris juga dikenal dengan Negara maju. Hal itu bisa dilihat dari banyaknya inovasi yang berasal dari negara-negara Inggris serta majunya tingkat pengetahuan mereka. Hal lain yang menyebabkan mengapa bahasa Inggris menjadi bahasa internasional, karena negara Inggris merupakan negara dengan rekor menjajah negara terbanyak. Tentu saja dengan menjajah suatu negara, otomatis bahasa dari si penjajah akan dipakai oleh orang-orang di Negara yang dijajah.

Bahasa internasional begitu dibutuhkan agar, orang dari berbagai belahan dunia dapat berbicara dengan bahasa yang sama. Bayangkan saja jika tidak ada bahasa yang dipakai sebagai bahasa internasional. Pasti akan sulit berkomunikasi dengan orang-orang dari berbagai Negara.

Cara Belajar Bahasa Inggris Bagi Pemula Yang Mudah Dan Cepat

Di Indonesia saja memiliki 1121 bahasa yang tercatat oleh BPS pada tahun 2010. Jika digabungkan dengan Negara-negara lain, sudah berapa banyak bahasa dari seluruh dunia ini? Oleh karena itu, bahasa internasional ini sangat dibutuhkan, guna menjadi bahasa komunikasi yang dipahami oleh orang dari Negara lain.

Nah, di sinilah tantangan bagi Anda untuk mempelajari bahasa internasional, bahasa Inggris ini. Apalagi, ditambah kita hidup di era globalisasi. Di mana akan menghadapi banyak sekali kemajuan-kemajuan yang berkembang di negeri ini, salah satunya adalah perdagangan bebas.

Dengan adanya perdagangan bebas ini, maka akan semakin banyak perusahaan-perusahaan asing yang berdiri di Indonesia dan semakin bebasnya pekerja asing masuk di perusahaan tersebut. Dalam hal ini, selain pengetahuan dan kemampuan yang mumpuni, penguasaan dalam menggunakan bahasa Inggris harus dikembangkan.

Nah, buat Anda yang belum mahir berbahasa Inggris, jangan khawatir. Kali ini Liputan6.com, akan mengulas cara belajar bahasa Inggris yang mudah dan cepat yang dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (19/1/2019). Tips dan trik ini bisa Anda terapkan guna menguasai bahasa Inggris dengan cepat.

Cara Belajar Bahasa Inggris Dengan Mudah Dan Cepat


1. Mulai dengan materi paling dasar dulu


Mulai dengan materi dasar. Mulailah dari mempelajari alphabet, kosakata, bahkan membaca dongeng cerita anak berbahasa Inggris. Hal dasar ini sangat penting bagi pemula. Jangan pernah malu, untuk mempelajarinya dari dasar.

Anda bisa belajar tenses dari Simple Present Tense. Selain itu, mengenal alphabet bisa sangat membantu meningkatkan keterampilan berbicara. Kosakata dari mendengar atau membaca cerita anak akan membuat pengetahuan dan keterampilan Anda meningkat.

Perlu diingat, bahwa level beginner bukan hal yang memalukan, ya. Semua para ahli juga berawal dari level pemula.

2. Jangan menghapalkan kosakata


Sebagai pemula, cara belajar bahasa Inggris dengan menghapal kosakata tidak dianjurkan. Kenapa? Soalnya yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari adalah berkomunikasi dengan kalimat, bukan kosakata.

Jika tujuan Anda ingin mahir berkomunikasi dengan bahasa Inggris, belajar dengan cara menghapal kosakata bukanlah cara efektif. Cara yang tepat, gunakan kosakata-kosakata yang sudah Anda pelajari, untuk membuat sebuah kalimat sederhana. Kemudian berlatihlah untuk mengucapkan kalimat tersebut dengan berulang.

3. Mempelajari Grammar


Salah satu cara belajar bahasa Inggris yang utama adalah dengan memahami grammar-nya. Grammar atau tata bahasa memiliki fungsi yang sama dalam bahasa Indonesia. Bisa dibayangkan, kan, gimana sebuah kalimat dibentuk tanpa tata bahasa yang baik dan benar?

Oleh karena itu, jangan membenci grammar. Karena dengan menguasai grammar, akan memberikan penguasaan terhadap tata bahasa tentang cara berkomunikasi secara efektif.

4. Mendengarkan


Cara belajar bahasa Inggris salah satunya dengan listening atau mendengarkan. Anda bisa melakukannya dengan menonton film Hollywood atau film British. Kalaupun suka menonton film Korea, Jepang atau Thailand, bisa juga dengan menggunakan subtitle bahasa Inggris.

Caranya, di awal menonton, Anda boleh menggunakan subtitle bahasa Indonesia agar paham jalan ceritanya. Kemudian, untuk kedua kalinya menonton, cobalah dengan tanpa subtitle bahasa Indonesia. Pasang telinga baik-baik dan coba pahami apa yang disampaikan dalam film tersebut.

Selain film, Anda juga bisa menggunakan lagu untuk belajar. Cukup dengarkan serta pahami lirik lagu tersebut. Kemudian dengarkan ulang beberapa kali. Setelah itu tulis lirik lagunya, dan cocokkan liriknya di internet.

5. Membaca


Cara belajar bahasa Inggris selanjutnya dengan membaca. Memulainya dengan membaca buku cerita bergambar akan membuat Anda lebih mengingat kosakata yang ada di dalamnya. Cara belajar bahasa Inggris yang ini bisa meningkatkan keterampilan membaca alias reading lebih cepat, karena sesuai dengan kemampuan.

Jika membaca cerita bergambar tidak menantang, coba dengan membaca cerita pendek. Baca dengan suara keras, cukup keras, sehingga Anda dapat mendengarkan suara sendiri dengan baik.

Dengan membaca, Anda dapat sekaligus memperhatikan susunan kata dan tata bahasa yang digunakan. Lakukan program membaca buku berbasa Inggris ini dengan konsistem, misalnya 30 menit setiap harinya.

6. Menulis


Anda bisa mulai menulis dari hal yang sangat mudah, seperti menuliskan pengalaman menyenangkan atau menyedihkan hari ini. Bisa juga menuliskan kegiatan sehari-hari.

Sebagai pemula, jangan terlalu memikirkan grammar. Tulis saja dulu yang ada di kepala. Setelah itu baru membenarkan grammar dan ejaan. Yang terpenting, tulis apapun dengan kosakata yang sudah Anda pelajari. Cukup dengan menulis satu paragraf saja per hari. Jangan lupa, untuk melakukannya secara rutin, ya.

7. Berbicara


Cara belajar bahasa Inggris selanjutnya adalah dengan berbicara. Dengan berbicara, Anda secara tidak langsung dipaksa untuk berpikir juga. Cara tersebut akan membuat otak jadi terbiasa mengolah sesuatu dalam bahasa baru. Di saat berbicara, akan memberikan respon yang lebih cepat tanpa harus menerjemahkan dulu.

Caranya, Anda hanya perlu meluangkan waktu dan melatih diri untuk berpikir dalam bahasa Inggris. Hal ini merupakan cara yang efektif untuk meningkatkan keterampilanmu.

8. Koneksi dengan orang-orang berkompeten


Membangun koneksi di mana saja sangat diperlukan dalam belajar bahasa Inggris. Misalnya, Anda di sekolah. Memanfaatkan kesempatan ini untuk akrab dengan guru bahasa Inggris. Sering-sering praktek bersama guru itu juga boleh.

Kalau merasa perlu ikut kursus atau les privat, makin mantap. Yang terpenting, niat besar untuk belajar.

9. Tujuan belajar bahasa Inggris


Mengetahui tujuan Anda untuk belajar bahasa Inggris sangat penting. Kenapa? Soalnya dengan mengetahui tujuan awal, Anda akan semakin termotivasi untuk mencapai tujuan itu.

Kirim Komentar

Komentar yang Anda berikan dimoderasi.
Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera muncul.
Silahkan berkomentar dengan bahasa yang baik dan santun serta tidak melakukan spamming.

Lebih baru Lebih lama