Integrasi Seluruh Informasi Pendidikan Tinggi Melalui PINDAI DIKTI

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Kelembagaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi membuat terobosan baru dengan menghadirkan aplikasi baru yang berfungsi sebagai pemberi informasi kepada seluruh masyarakat mengenai profil dan mutu dari perguruan tinggi, serta untuk melakukan pengendalian mutu perguruan tinggi. Aplikasi besutan Kemenbudristek ini diberi nama Papan Informasi dan Data Institusi Pendidikan Tinggi atau disingkat dengan PINDAI DIKTI, dan telah dirilis sejak awal Juni 2021.

PINDAI DIKTI merupakan Sistem Informasi yang dibangun untuk memantau perkembangan pengelolaan dan kinerja perguruan tinggi, sehingga bisa berfungsi sebagai dasar pengambilan kebijakan dalam pengendalian perguruan tinggi (PT).

Pindai dikti menyajikan representasi data yang bersumber dari berbagai sistem layanan Ditjen Dikti. Pada prinsipnya layanan Pindai Dikti menyajikan profil dan kinerja perguruan tinggi yang digolongkan dalam 5 kelompok data, yakni data dasar PT, data pengelolaan PT, data mutu PT, data kinerja PT, serta data capaian 8 IKU untuk PTN yang selalu dimutakhirkan, demikian dilansir dari pernyataan Direktur Kelembagaan Ditjen Dikti, Ridwan, pada peluncuran PINDAI DIKTI.

aplikasi pindai dikti

8 IKU tersebut digunakan juga untuk mengukur keberhasilan dari transformasi pendidikan tinggi di masing-masing perguruan tinggi. Data-data pada PINDAI DIKTI berasal dari berbagai sistem layanan Ditjen Dikti untuk menyuguhkan gambaran mengenai informasi kinerja Perguruan Tinggi di Indonesia.

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Nizam menjelaskan bahwa PINDAI DIKTI ini dibuat untuk mendorong manajemen pendidikan tinggi yang lebih modern dengan data yang berbasis menjadi informasi yang disebut sebagai pangkalan data dalam pengambilan keputusan bagi manajemen dan pengembangan mutu berkelanjutan.

Singkatnya, kita tidak mungkin dapat melakukan peningkatan mutu tanpa adanya pengukuran yang pasti. PINDAI DIKTI menyatukan banyak data yang ada untuk bisa disajikan menjadi sebuah informasi yang lebih mudah dibaca dan dipahami dalam bentuk numerik atau pun grafik sebagai papan informasi serta data institusi pendidikan tinggi.

PINDAI DIKTI dapat memperlihatkan profil sebuah perguruan tinggi dan posisi relatif institusinya terhadap perguruan tinggi lain, baik dalam kelompok perguruan tinggi berdasarkan bentuk pengelolaan maupun terhadap keseluruhan perguruan tinggi di Indonesia.

Data mutu prodi terdiri dari data akreditasi prodi dengan Peringkat Akreditasi Minimal C, data prodi terakreditasi internasional, data jumlah prodi kerjasama nasional dan internasional, data jumlah prodi yang memenuhi jumlah dosen tetap minimum 5 orang, serta data jumlah prodi yang memenuhi rasio dosen terhadap mahasiswa.

Data Kinerja PT terdiri dari data dosen meneliti yang merupakan data jumlah dosen tetap yang memperoleh dana penelitian dengan sumber dana dari kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, data dosen publikasi yang merupakan data jumlah dosen tetap yang melakukan publikasi baik nasional maupun internasional, data pengabdian masyarakat yang merupakan data jumlah dosen tetap yang melaksanakan pengabdian masyarakat yang melibatkan mahasiswa, data aktivitas mahasiswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler, dan data jumlah mahasiswa berprestasi, data jumlah lulusan PT / prodi setiap tahun, data lulusan bekerja dengan masa tunggu kurang dari 6 bulan, dan data kesesuaian bidang pekerjaan, serta data kerja sama industri untuk kegiatan pembelajaran seperti praktik magang, PKL, dan lain sebagainya.

Data pengelolaan PT yang terkait dengan SNDIKTI terdiri dari data jumlah dosen tetap baik yang NIDN atau NIDK, data tren jumlah mahasiswa aktif 3 tahun terakhir, data laporan akuntabilitas PT yang merupakan data laporan non-akademik, data luas lahan PT, data daya tampung mahasiswa baru, data ruang kuliah dan laboratorium, data statuta PT, dan data status pembinaan PT yang menerima sanksi.

Hadirnya PINDAI DIKTI menumbuhkan harapan positif untuk pencarian informasi mengenai perguruan tinggi di Indonesia. Masyarakat semakin dipermudah tidak hanya untuk mendapat informasi, namun sekalian mengukur hingga membandingkan mutu dan keunggulan masing-masing PT, yang mempermudah untuk memilih PT yang dituju. PINDAI DIKTI juga mempermudah head hunter atau pencari sumber daya manusia dari perusahaan untuk mengetahui histori perkuliahan calon SDM yang akan direkrutnya.

Tulis Komentar

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera muncul.
Silahkan berkomentar dengan bahasa yang baik dan santun serta tidak melakukan spamming.

Lebih baru Lebih lama