Penting! Sebaiknya Jangan Banyak Minum Air Putih Sebelum Tidur

Tidak dipungkiri lagi bahwa mengkonsumsi air putih memang bagus bagi kesehatan tubuh. Namun demikian, jika waktu saat minum air putih kurang tepat maka akan berdampak buruk kesehatan, apalagi jika air putih yang diminum dalam jumlah cukup banyak.

Minum air putih dalam jumlah yang banyak sangat tidak disarankan jika dilakukan sebelum tidur. Alasannya adalah karena dapat mengganggu kualitas tidur.

Penting! Sebaiknya Jangan Banyak Minum Air Putih Sebelum Terlelap Tidur

Menurut ahli imunologi integratif Heather Moday MD, kualitas tidur yang buruk dapat berakibat pada sistem imun menjadi lebih lemah. Hal tersebut tentu bukan sesuatu yang diinginkan siapa pun di masa pandemi Covid-19 ini.

"Ketika tubuh kita beristirahat, sel-sel sistem imun juga bisa memfokuskan semua upaya dan energi untuk melakuakn serangan kuat melawan virus dan bakteri," kata Moday.

Selain itu, tidur terganggu juga dapat mengakibatkan terhadap gangguan kesehatan usus. Sebagaimana diketahui, kesehatan usus turut berperan dalam fungsi imun, pencernaan, serta otak.

Dokter keluarga Robert Rountree MD menjelaskan bahwa hal penting mengenai tidur tidak hanya soal total durasinya. Penting pula bagi seseorang untuk memperoleh tidur yang mendalam atau tidur REM yang cukup.

Sebab, terbangun di malam hari untuk buang air kecil saja bisa mengganggu siklus tidur. Kondisi ini bisa memicu kepeningan dan energi yang terbatas ketika terbangun di pagi hari.

Oleh sebab itu, penting kiranya mengetahui tentang kapan waktu ideal untuk berhenti minum sebelum tidur. Waktu ideal ini setiap orang tentunya berbeda, bergantung pada usia, kondisi kesehatan, hingga aktivitas fisik atau seksual.

Secara umum, Vannita Simma-Chiang MD, dokter spesialis urologi, menganjurkan agar minum terakhir dilakukan 3-4 jam sebelum tidur. Akan tetapi, jika memang merasa haus atau tenggorokan terasa kering setelah itu, maka sebaiknya tetap minum air putih. Pastikan juga untuk buang air kecil terlebih dahulu sebelum tidur.

Jika seseorang tetap terbangun untuk buang air kecil meski sudah mengotrol asupan minum, bisa jadi kondisi tersebut berkaitan dengan beberapa penyakit. Misalnya, diabetes, tekanan darah tinggi, atau penggunaan obat untuk kardiovaskular seperti obat diuretik.

Ahli gizi Jess Cording menyarankan agar orang-orang dapat menyiapkan segelas air di dekat tempat tidur mereka. Segelas air ini dipersiapkan untuk diminum keesokan harinya saat bangun tidur. Minum air putih sesaat setelah bangun tidur dianjurkan untuk mempromosikan hidrasi yang positif sepanjang hari, untuk usus yang optimal, dan tubuh sehat secara keseluruhan.
Baca Juga

Posting Komentar

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera muncul.
Silahkan berkomentar dengan bahasa yang baik dan santun serta tidak melakukan spamming.

Lebih baru Lebih lama