Panduan Pembelajaran Dan Asesmen Kurikulum Merdeka Revisi Terbaru

Panduan Pembelajaran dan Asesmen (PPA) merupakan dokumen yang berisi prinsip, strategi, dan contoh-contoh yang dapat memandu guru dan satuan pendidikan dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran dan asesmen.

Pembelajaran yang dimaksud meliputi aktivitas merumuskan capaian pembelajaran menjadi tujuan pembelajaran dan cara mencapai tujuan pembelajaran tersebut. Sementara asesmen adalah aktivitas selama proses pembelajaran untuk mencari bukti ketercapaian tujuan pembelajaran.

Panduan Pembelajaran dan Asesmen Kurikulum Merdeka

panduan pemebelajaran dan asesmen kurikulum merdeka revisi terbaru

Dalam panduan ini, pembelajaran dan asesmen merupakan satu siklus; di mana asesmen memberikan informasi tentang pembelajaran yang perlu dirancang, kemudian asesmen digunakan untuk mengecek efektivitas pembelajaran yang berlangsung. Oleh karena itu, asesmen yang diutamakan adalah asesmen formatif yang berorientasi pada perkembangan kompetensi peserta didik.

Pemerintah telah menetapkan Capaian Pembelajaran yang menjadi rujukan utama dalam pengembangan rancangan pembelajaran, khususnya untuk kegiatan intrakurikuler.

Panduan ini memfasilitasi proses berpikir dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang dimulai dari menganalisis capaian pembelajaran , tujuan pembelajaran mengembangkan alur tujuan pembelajaran, modul ajar, serta asesmen pada awal pembelajaran dan pembelajaran terdiferensiasi.

Dokumen ini juga memuat perencanaan serta pelaksanaan asesmen yang dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengolahan, dan pelaporan hasil penilaian atau asesmen. PPA difokuskan untuk pembelajaran dan asesmen intrakurikuler, sedangkan panduan untuk projek penguatan profil pelajar Pancasila disampaikan dalam dokumen terpisah.

Sasaran Pengguna Panduan Pembelajaran Dan Asesmen

  • Untuk pendidik, panduan pembelajaran dan asesmen digunakan sebagai panduan dalam pembelajaran.
  • Untuk kepala sekolah, panduan ini dapat menjadi acuan atas fungsi kepala sekolah sebagai pemimpin pembelajaran (instructional leader). Sebagai pemimpin pembelajaran, kepala sekolah menginspirasi para pendidik untuk berkolaborasi dan berinovasi untuk menciptakan perubahan yang dimulai dari dalam kelas.
  • Pengawas diharapkan berperan untuk mendampingi kepala sekolah. Pengawas bersama kepala sekolah mendiskusikan dan merefleksikan proses pembelajaran (bukan hanya terfokus pada administrasi), serta memberikan inspirasi praktik baik pelaksanaan pembelajaran dan asesmen dari sekolah lain. pengawas juga dapat melakukan pendampingan kepada kepala sekolah dan pendidik yang memerlukan konsultasi dalam menyelesaikan permasalahan dan tantangan dalam pembelajaran.
  • Sebagai bagian dari komunitas belajar, panduan ini bisa berguna untuk bahan diskusi, memantik berbagai ide dalam pembelajaran, dll.

Cara Menggunakan Panduan Pembelajaran Dan Asesmen

Satuan pendidikan dan pendidik diberikan kebebasan untuk mengembangkan pembelajaran, perangkat ajar, dan asesmen sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik, satuan pendidikan, dan daerahnya.

Satuan pendidikan dan pendidik juga memiliki keleluasaan untuk menentukan jenis, teknik, bentuk instrumen, dan waktu pelaksanaan asesmen berdasarkan karakteristik tujuan pembelajaran.

Dalam penggunaannya, dokumen ini perlu memperhatikan beberapa regulasi lain:
  1. Keputusan Mendikbudristek tentang Kurikulum Merdeka;
  2. Keputusan Kepala BSKAP tentang Profil Pelajar Pancasila; dan
  3. Keputusan Kepala BSKAP tentang Capaian Pembelajaran.

Bagi Bapak / Ibu yang ingin mengetahui lebih detail terkait buku Panduan Pembelajaran dan Asesmen Kurikulum Merdeka ini dapat menyimaknya pada tampilan yang kami sediakan di bawah. Selain menyimak isi dari panduan tersebut, Bapak / Ibu juga dapat mengunduhnya agar dapat dicetak atau sebagai arsip digital pribadi.


Panduan-Pembelajaran-dan-Asesmen-Kurikulum-Merdeka-Guruabata.web.id.pdf 4,37MB

Demikian berkas yang dapat kami bagikan tentang panduan pembelajaran dan asesmen kurikulum merdeka terbaru. Bagi Bapak / Ibu yang mengalami kendala dalam pengunduhan atau masalah lainnya jangan sungkan untuk menyampaikannya kepada kami melalui kolom komentar di bawah. Terimakasih.

Mau donasi lewat mana?

Transfer Paypal
BRI - MOCH TANTO FAJRIN WIDODO (4132-01-011052-53-6)

BSI - MOCH TANTO FAJRIN WIDODO (7152-49-7533)
Traktir Penulis Minum Kopi dengan cara memberi sedikit donasi. Klik ikon panah di atas atau Pelajari selengkapnya!

Posting Komentar

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera muncul.
Silahkan berkomentar dengan bahasa yang baik dan santun serta tidak melakukan spamming.