Struktur Kurikulum Merdeka Untuk Jenjang PAUD 2022/2023

Sahabat Guru Abata, sebagaimana kita ketahui bahwa belum lama ini Kemendikbudristek telah meluncurkan Kurikulum baru yang disebut sebagai Kurikulum Merdeka. Untuk mengetahuinya lebih detail, bagi Bapak / Ibu kepala sekolah, waka kurikulum dan guru Pendidikan Anak Usia Dini dapat melihat Struktur Kurikulum Merdeka untuk jenjang PAUD (TK/RA/BA/SPS/TPA) Tahun 2022/2023 yang akan Guru Abata bagikan pada postingan ini.

Berdasarkan Kepmendikbudristek Nomor 56 Tahun 2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam rangka Pemulihan Pembelajaran, bahwa pengembangan kurikulum satuan pendidikan mengacu kepada Kurikulum Merdeka untuk pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah secara utuh.

Penerapan Kurikulum Merdeka akan diberlakukan secara bertahap dengan ketentuan untuk tahun pertama diimplementasikan kepada peserta didik usia 5 (lima) sampai dengan 6 (enam) tahun pada pendidikan anak usia dini, serta peserta didik kelas I, kelas IV, kelas VII, dan kelas X pada jenjang pendidikan dasar dan pendidikan menengah.

Struktur Kurikulum Merdeka untuk PAUD

struktur kurikulum merdeka belajar untuk paud

Berikut adalah Struktur Kurikulum Merdeka untuk Pendidikan Anak Usía Dini (PAUD):

1. Kegiatan Pembelajaran Intrakurikuler

Kegiatan pembelajaran intrakurikuler dirancang agar anak dapat mencapai kemampuan yang tertuang di dalam capaian pembelajaran. Intisari kegiatan pembelajaran intrakurikuler adalah bermain bermakna sebagai perwujudan 'Merdeka Belajar, Merdeka Bermain'. Kegiatan yang dipilih harus memberikan pengalaman yang menyenangkan dan bermakna bagi anak. Kegiatan perlu didukung oleh penggunaan sumber-sumber belajar yang nyata dan ada di lingkungan sekitar anak. Sumber belajar yang tidak tersedia secara nyata dapat dihadirkan dengan dukungan teknologi dan buku bacaan anak.

2. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Project penguatan profil pelajar Pancasila bertujuan untuk memperkuat upaya pencapaian profil pelajar Pancasila yang mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan (Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak untuk PAUD). Penguatan profil pelajar Pancasila di PAUD dilakukan dalam konteks perayaan tradisi lokal, hari besar nasional, dan internasional. Pelaksanaan proyek penguatan profil pelajar Pancasila menggunakan alokasi waktu kegiatan di PAUD.

Alokasi waktu pembelajaran di PAUD usia 4-6 tahun paling sedikit 900 (sembilan ratus) menit per minggu. Sedangkan alokasi waktu di PAUD usia 3-4 tahun paling sedikit 360 (tiga ratus enam puluh) menit per minggu.

Untuk lebih detailnya, Bapak / Ibu dapat mengunduh file pdf yang berisi Struktur Kurikulum Merdeka untuk Jenjang PAUD melalui link download yang kami bagikan berikut ini:

Kurikulum Merdeka PAUD (Kepmendikbudristek No.56 Struktur).pdf 69kb
Bapak / Ibu Guru dapat mempelajari tentang pedoman kurikulum merdeka secara utuh melalui link berikut: Download Salinan Kepmendikbudristek Nomor 56 tentang Pedoman Kurikulum Merdeka.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan mengenai Struktur Kurikulum Merdeka untuk diterapkan pada sekolah jenjang PAUD 2022/2023 ini. Semoga dapat bermanfaat bagi Bapak / Ibu guru yang sedang mencari referensi terkait hal tersebut. Terimakasih.

Pilih Metode Donasi Anda

Scan kode QRIS
BRI - MOCH TANTO FAJRIN WIDODO (4132-01-011052-53-6)
BSI - MOCH TANTO FAJRIN WIDODO (7152-49-7533)
Anda terbantu dengan artikel yang kami bagikan?
Dukung kami dengan memberi donasi. (Tekan tombol oranye!)

Posting Komentar

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera muncul.
Silahkan berkomentar dengan bahasa yang baik dan santun serta tidak melakukan spamming.