Download Contoh Absensi Siswa Untuk Kelas 1-6 SD/MI [Format Excel]

Absensi kelas atau buku absen siswa adalah perangkat guru yang berupa lembaran kertas yang digunakan untuk mencatat kehadiran peserta didik di kelas pada rentang waktu tertentu berdasarkan dengan hari efektif belajar dan menghitung jumlah kehadiran, sakit, serta tanpa keterangan, agar dapat mengetahui persentase kehadiran peserta didik sebagai bahan pertimbangan guru dalam melakukan penilaian.

Fungsi utama dari absen kelas adalah untuk mencatat dan mendokumentasikan kehadiran seluruh siswa yang ada di kelas, sehingga guru kelas maupun guru mata pelajaran dapat mengetahui siswa yang memiliki kehadiran baik, cukup, maupun kurang, agar guru kelas dapat melakukan pengontrolan dan tindak lanjut.

Manfaat absen siswa bagi guru kelas adalah sebagai acuan terhadap data kehadiran peserta didik. Adapun bagi guru mata pelajaran (olahraga dan PAI & BP) adalah sebagai media pencatatan kehadiran ketika mengajar serta sebagai salinan bilamana dokumen absen kelas hilang, sehingga dapat melihat dan menyalin kehadiran siswa pada kelas tempat mengajar berdasarkan dengan jadwalnya.

Di sekolah dasar, absen kelas biasanya diisi oleh guru yang mengajar pada jam pertama, baik itu merupakan guru kelasnya atau pun guru mata pelajaran PJOK dan PAI & BP.

Mengenai bahasan utama kita kali ini adalah Guruabata.web.id akan membagikan file absensi kelas yang bisa Bapak / Ibu pergunakan untuk mengabsen siswa kelas 1 2 3 4 5 6 di SD/MI tempat Anda mengajar.

Perlu diketahui bahwa absen tersebut disajikan dalam bentuk dokumen atau file dengan format microsoft excel (.xlsx). Absen yang kami bagikan ini telah disetting untuk penggunaan satu bulan dan dapat diisi berdasarkan dengan tanggal yang tersedia di dalamnya.

Komponen dalam absen kelas ini meliputi:
  • Judul
  • Nama SD
  • Semester
  • Tahun pelajaran
  • Bulan
  • Kelas
  • Tabel (memuat nomor urut, NISN, nama, tanggal, jumlah hadir-sakit-alfa, jumlah total dalam sebulan, dan keterangan).
Contoh format absen kelas siswa bisa Bapak / Ibu lihat pada tampilan gambar di bawah ini.

download absen kelas siswa sd mi

Adapun cara untuk mengisinya sudah cukup jelas. Guru kelas dapat mengisi absen tersebut sesuai dengan data yang diperlukan.

Apabila membutuhkannya dalam format ms. excel, Bapak / Ibu dapat mendownload file xlsx-nya. Anda hanya perlu mengubah data-data yang diperlukan pada file tersebut. Dan untuk pengaturan page setup serta kertas (F4 Folio) sudah kami sesuaikan pula, sehingga Bapak / Ibu tinggal mencetaknya saja.

Berikut adalah link download dokumen / file absen kelas untuk siswa SD/MI yang bisa Bapak / Ibu download dengan mudah.

DOWNLOAD CONTOH FILE ABSENSI KELAS UNTUK SISWA SD/MI

Demikian yang bisa kami bagikan mengenai file pendukung bagi perangkat yang dibutuhkan oleh setiap guru. Semoga file absen yang dibagikan bermanfaat bagi guru kelas 1 sampai dengan kelas 6 yang membutuhkannya.

2 Komentar

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera muncul.
Silahkan berkomentar dengan bahasa yang baik dan santun serta tidak melakukan spamming.

  1. Mohon maaf tolong link nya diperbaiki karena eror 404. trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih atas laporannya. Dan alhamdulillaah untuk saat ini link sudah diperbaiki, sehingga berkas file yang Anda butuhkan bisa diunduh secara gratis.

      Hapus

Posting Komentar

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera muncul.
Silahkan berkomentar dengan bahasa yang baik dan santun serta tidak melakukan spamming.

Lebih baru Lebih lama