Tema dan Logo Peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-76 Tahun 2021

Tema dan logo HUT Ke-76 Kemerdekaan RI telah ditetapkan oleh pemerintah untuk menyambut kemerdekaan Republik Indonesia pada tahun 2021 ini.
Tema dan logo HUT Ke-76 Kemerdekaan RI telah ditetapkan oleh pemerintah untuk menyambut kemerdekaan Republik Indonesia pada tahun 2021 ini.

Tema dan logo HUT ke 76 kemerdekaan RI ini akan menjadi identitas tunggal dalam rangkaian kegiatan menyemarakkan Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2021.

Pengenalan tema dan logo peringatan HUT RI Ke-76 tersebut melalui Surat Edaran Menteri Sekretaris Negara Nomor B-446 tentang Penyampaian Tema dan Logo Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2021.

Sedangkan penggunaan tema dan logor HUT ke-76 RI secara khusus diatur dalam Surat Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara Nomor B-27/KSN/S/TU.00.03/06/2021 tentang Sumber Tunggal Logo, Panduan Penggunaan Logo dan Desain Turunan.

Di dalam surat edaran Menteri Sekretaris Negara terkait penyampaian tema dan logo peringatan HUT ke-76 Republik Indonesia Tahun 2021 tersebut diinformasikan bahwa tema dan logo untuk digunakan dalam rangkaian kegiatan Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Sehubungan dengan hal tersebut, maka pemerintah meminta seluruh instansi untuk memperbanyak dan mensosialisasikannya di lingkungan unit kerja serta membantu menyebarluaskan kepada masyarakat umum.

Softcopy tema dan logo Peringatan HUT Ke-76 Kemerdekaan RI tahun 2021 beserta pedomannya juga dapat diunduh melalui webslte resmi Kementerian Sekretariat Negara.

Lebih lanjut di dalam Surat Edaran Menteri Sekretaris Negara Nomor B-462/M/S/TU.00.04/06/2021 terkait Partisipasi Menyemarakkan Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2021, intansi pemerintah diminta mengimplementasikan secara maksimal logo dan desain turunan HUT Ke-76 Kemerdekaan Rl Tahun 2021 ke dalam berbagai bentuk media.

Media tersebut antara lain desain/tampilan website/media sosial, tayangan pada media televisi dan online, dekorasi bangunan, dekorasi kendaraan/alat transportasi umum dan dinas, produk / souvenir / merchandise, dan media publikasi cetak dan elektronik.

Pengimplementasian tema dan logo HUT Kemerdekaan RI tersebut agar dilakukan sesuai dengan kapasitas dan kemampuan masing-masing.

Tema Peringatan HUT Ke-76 Kemerdekan RI

Tema utama peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia adalah:

- INDONESIA TANGGUH
- INDONESIA TUMBUH

Terdapat empat komponen penting yang diusung melalui tema peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-76 tahun 2021, yaitu sebagai berikut.

1. Stabilitas dan Pembangunan
2. Gerak dan Pertumbuhan
3. Ruang Kebersamaan
4. Persatuan dan Harapan

Logo Peringatan HUT Ke-76 Kemerdekaan RI

Visualisasi logo peringatan HUT Ke-76 Kemerdekaan RI adalah sebagai berikut.

logo tema kemerdekaan republik indonesia

Filosofi Logo

Logo Kemerdekaan RI ke-76 ini merupakan visualisasi tema yang diusung tahun ini, yaitu Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh.

Tema ini mendeskripsikan nilai-nilai ketangguhan, semangat pantang menyerah untuk terus maju bersama dalam menempuh jalan penuh tantangan, agar dapat mencapai masa depan yang lebih baik.

Deskripsi tersebut digambarkan dalam komposisi dinamis antar bentuk geometris yang sederhana, namun kokoh, dan dalam perpaduannya bergeliat dengan energi yang lincah.

Ketentuan Penggunaan Logo

Berikut ini beberapa ketentuan dalam penggunaan logo Peringatan HUT Ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia.

1. Logo Grid

Logo yang digunakan komposisi dan proporsinya mengacu pada logo grid yang sudah ditetapkan karena pembentukannya dilaksanakan dengan penuh perhitungan dan pertimbangan yang seksama.

logo tema kemerdekaan republik indonesia

Dalam penggunaan logo tersebut, perlu memperhatikan logo grid yang ada untuk menjaga konsistensi dan citra karakter, serta menghindari penggunaan logo yang tidak semestinya.

2. Konfigurasi Logo

Berikut adalah konfigurasi dari logo untuk mempermudah dalam pengaplikasian logo terkait ukuran / orientasi berbagai media.

logo tema kemerdekaan republik indonesia

3. Grid Konfigurasi Logo Tambahan

Berikut ini adalah panduan grid tambahan untuk konfigurasi sekunder yang terkait dalam media pengaplikasiannya.

logo tema kemerdekaan republik indonesia

4. Tipografi

Lexend adalah tipe huruf utama yang akan digunakan untuk semua aplikasi desain dan branding dari 76 tahun Kemerdekaan Indonesia.

logo tema kemerdekaan republik indonesia

Lexend merupakan font bebas yang dapat diunduh dari Google Fonts.

5. Warna

Berikut ini adalah warna-warna yang digunakan pada seluruh desain dan branding dari 76 tahun Kemerdekaan Indonesia.

logo tema kemerdekaan republik indonesia

6. Aplikasi Warna

Berikut ini adalah contoh aplikasi logo dalam kombinasi warna dan berbagai latar belakang warna.

logo tema kemerdekaan republik indonesia

7. Batas Aman dan Ukuran Minimum

Dalam pengaplikasiannya, ukuran logo disesuaikan dengan ukuran medianya. Pada dasarnya logo yang diaplikasikan harus mudah dilihat dan tetap terbaca secara jelas dari kejauhan.

logo tema kemerdekaan republik indonesia

Area di sekitar logo disediakan ruang bebas, sehingga logo tidak terganggu oleh teks / gambar / foto yang melintasinya.

logo tema kemerdekaan republik indonesia

Ukuran logo dalam pengaplikasiannya di berbagai media hendaknya mempertimbangkan tingkat keterbacaan yang jelas dan baik. Jika ukuran logo sangat kecil, sebaiknya tagline dihilangkan sebagai pertimbangan untuk alasan teknis.

8. Elemen Grafis

Untuk memperkuat pesan yang ingin disampaikan, elemen grafis yang terinspirasi dari ragam bentuk geometris dari logo yang didekonstruksi (dibongkar dan dipersatukan kembali) ditambahkan pada media aplikasi.

Dengan dipersatukannya beragam elemen geometri pembentuk logo, elemen grafis ini diciptakan untuk menangkap esensi dari semangat keberagaman, kebersamaan, dan sinergi yang dijunjung masyarakat Indonesia.

logo tema kemerdekaan republik indonesia

Ibaratnya sebuah rajutan atau tenun yang mempersatukan beragam wujud dan warna benang menjadi satu kesatuan yang kuat, kencang, tetapi berwarna-warni, kaya dalam corak, memiliki cerita dan makna sendiri tiap elemennya.

Ketentuan penggunaan logo peringatan HUT Ke-76 Kemerdekaan RI selengkapnya dapat dilihat pada pedoman identitas visual 76 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Surat Edaran Menteri Sekretaris Negara terkait Tema dan logo Peringatan HUT Ke-76 Kemerderkaan Republik Indonesia selengkapnya dapat di unduh pada tautan berikut ini

- Surat Edaran Menteri Sekretaris Negara Nomor B-446 tentang Penyampaian Tema dan Logo Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2021

- Tema dan Logo Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2021

- Salinan Keputusan Menteri Sekretaris Negara Nomor 109 tahun 2021 – Pembentukan Panitia Pelaksana HUT Ke-76 Kemerdekaan RI Tahun 2021

- Surat Menteri Sekretaris Negara Nomor B-462/M/S/TU.00.04/06/2021 terkait Partisipasi Menyemarakkan Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2021

- Surat Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara Nomor B-27/KSN/S/TU.00.03/06/2021 tentang Sumber Tunggal Logo, Panduan Penggunaan Logo dan Desain Turunan

Demikian yang bisa kami sampaikan terkait informasi tentang tema dan logo peringatan HUT kemerdekaan RI yang ke-76 tahun 2021 ini. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda yang membutuhkan.