Inilah Ciri Pendidikan Anak Usia Dini Yang Baik Bagi Buah Hati Anda

Menurut pakar, seperti tertuang dalam UU Sisdiknas 2003 yang dikutip dari Mansur (2005:88), dinyatakan bahwa anak usia dini merupakan kelompok usia yang berada dalam masa pertumbuhan. Makanya, pendidikan yang diberikan harus tepat. Atas dasar itulah ciri-ciri pendidikan anak usia dini yang baik dan tepat bagi anak perlu diketahui sejak dini.

Berikut akan kami jelaskan tentang tanda-tanda pendidikan usia dini yang bagus untuk buah hati Anda karena sesuai dengan perkembangan dan pertumbuhannya. Jika sistem sekolah semacam ini diberlakukan, tentu anak akan lebih mudah menyerap pembelajaran.

Berikut ini adalah ciri-ciri pendidikan anak usia dini yang dimaksud:

ciri paud yang bagus

1. Sistem Ajar Berbasis Permainan

Ciri sekolah PAUD yang bagus untuk anak, yang pertama adalah sistem pembelajarannya berbasis permainan. Hal ini sesuai dengan psikologi anak pada usia tersebut, yang memang masih sangat gemar bermain dari pada berpikir untuk belajar.

Maka dari itu, aktivitas di sekolah sebaiknya didominasi dengan kegiatan bermain. Sedangkan materi pelajaran dapat dipadukan ketika anak sedang melakukan kegiatan bermain.

2. Belajar Lebih Banyak Di Luar Ruangan

Anak usia 3-6 tahun lebih suka bergerak bebas dibandingkan duduk diam di suatu ruangan. Karena dengan begitulah cara anak berinteraksi dengan lingkungan dan orang-orang terdekatnya.

Maka dari itu, ciri PAUD yang baik selanjutnya adalah banyak melakukan kegiatan belajar di luar ruang kelas. Karena dengan cara tersebut, mereka dapat mengekplorasi dirinya sendiri. Bahkan mereka juga bisa belajar menurut kaidah berpikir mereka sendiri terhadap lingkungan yang dilihatnya.

Bagi pertumbuhan psikologi anak, sistem ini cukup bagus untuk diterapkan. Karena mereka dibiasakan berpikir bebas dan tidak kaku.

3. Memiliki Kelas Yang Merangsang Minat Belajar

Belajar di dalam kelas secara penuh tentu sangat tidak direkomendasikan bagi anak-anak PAUD. Namun setiap hari belajar di luar kelas juga tidak akan berjalan maksimal. Apalagi jika kondisi sedang hujan atau sinar matahari terlalu terik.

Atas dasar itu, PAUD yang bagus adalah sekolah yang ruang kelasnya didesain cantik dan menarik untuk merangsang minat anak agar betah berada di dalamnya. Hal tersebut dapat diimplementasikan denga berupa gambar warna-warni, pemasangan alat peraga yang lucu dan lain sebagainya.

4. Pengajar Mampu Bercerita Dengan Baik

Ciri-ciri pendidikan anak usia dini yang baik dan tepat bagi anak Anda selanjutnya adalah semua pengajar (guru) mampu bercerita dengan baik. Biasanya diistilahkan dengan kegiatan mendongeng.

Tidak dipungkiri, bahwa karakteristik anak usia 3-4 tahun adalah suka mendengar cerita, kisah-kisah legenda atau dongeng. Karena konflik disitu bisa meningkatkan keingintahuan anak. Apalagi ada gestur dan mimik guru ketika menceritakannya.

Sedangkan bagi mental anak itu sendiri, kebiasaan mendengarkan cerita atau dongeng ini dapat membantu menumbuhkan sikap luhur seperti tidak sombong, dermawan, baik hati, jujur dan sifat positif lainnya.

5. Alat Peraga Yang Digunakan Konkrit

Menurut Wagner dan Hollenbeck (1995), persepsi anak ketika mengenal benda, sebagian besar melalui penglihatan dan rabaan. Karena itu, sekolah yang baik adalah sekolah yang dapat melatih identifikasi kebendaan anak dengan cara mengenalkannya kepada benda konkrit (nyata) dan bukan benda abstrak.

Contoh, jika mengajarkan materi tentang bunga, maka alat peraga yang tepat untuk digunakan adalah bunga yang sebenarnya. Sehingga anak bisa melihat sekaligus mengetahui dan mengenal teksturnya. Ini juga berlaku untuk identifikasi benda-benda yang lainnya.

6. Kegiatan Belajar Atraktif Dan Menghibur

Sekalipun harus menyampaikan materi pelajaran, cara mengajar guru pendidikan anak usia dini harus aktraktif dan menghibur. Pasalnya, pola ajar semacam ini yang banyak disukai oleh anak-anak. Selain itu, dengan sistem mengajar semacam ini, otak anak akan lebih mudah menerima pelajaran. Karena mereka tidak bosan dan justru merasa senang.

PAUD adalah lembaga pendidikan awal yang bagus bagi anak-anak. Karena jika anak dapat melewati fase pendidikan di tingkat ini, maka kemungkinan pertumbuhan otak dan psikologi anak jadi lebih bagus. Namun, pastikan juga Anda mengetahui tentang ciri-ciri pendidikan anak usia dini yang baik bagi anak sepeti kami jelaskan di atas.

Tulis Komentar

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera muncul.
Silahkan berkomentar dengan bahasa yang baik dan santun serta tidak melakukan spamming.

Lebih baru Lebih lama