Instrumen Penelaahan Komponen RPP

Instrumen penelaahan komponen RPP merupakan suatu alat yang digunakan untuk menelaah / menganalisis / memeriksa kelengkapan komponen yang tepat dan ideal terdapat dalam sebuah rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP).

Pada umumnya, penelaahan RPP ini dilaksanakan oleh Kepala Sekolah atau Tim supervisi dalam rangka menilai mutu rencana pembelajaran yang sudah disusun oleh guru dengan mempertimbangkan seluruh aspek serta komponen penyusunnya.

Instrumen telaah rencana pelaksanaan pembelajaran ini digunakan oleh Kepala sekolah dalam melakukan kegiatan pra supervisi pelaksanaan pembelajaran di ruang kelas. Jadi, instrumen ini digunakan hanya untuk melakukan penilaian kelengkapan komponen dalam sebuah RPP, sehingga hasil telaahnya akan dapat menentukan nilai RPP yang telah disusun oleh guru untuk persiapan mengajar.

Contoh Instrumen Penelaahan Komponen RPP

Fungsi utama dari instrumen telaah komponen rpp ini adalah untuk melakukan penelaahan terhadap perangkat RPP dan kemudian memberikan penilaian berdasarkan hasil telaah yang dilakukan. Adapun manfaat instrumen yang dimaksud adalah bisa dijadikan sebagai tolok ukur dalam menentukan standar RPP yang semestinya dibuat.

Apa saja bagian-bagian yang terdapat dalam instrumen penelaahan komponen RPP?

Berikut adalah bagian-bagiannya:

1. Nama sekolah

2. Nama guru

3. Mata pelajaran

4. Kelas / Semester

5. Tabel telaah RPP yang terdiri dari kolom:

a. Nomor

b. Komponen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau RPP

- Identitas Mapel
- Rumusan indikator
- Rumusan tujuan pembelajaran
- Identifikasi materi
- Metode pembelajaran
- Media belajar
- Sumber belajar
- Skenario pembelajaran
- Penilaian

c. Hasil Penelaahan dan Skor - yang terbagi menjadi tiga sub-kolom yakni

- Tidak ada (skor 1)
- Kurang lengkap (skor 2)
- Sudah lengkap (skor 3)
d. Catatan

6. Penghitungan nilai RPP

7. Uraian pembinaan

8. Mengetahui dan menandatangani guru mapel yang disupervisi dan tim supervisi (guru senior yang ditugaskan atau kepala sekolah langsung).

Untuk selengkapnya agar lebih jelas dalam mengetahui tentang bagaimana bentuk instrumen telaah komponen rpp, di bawah ini Bapak / Ibu kepala sekolah atau supervisor dapat melihat penampakan formatnya secara langsung melalui tampilan berikut.


Bagi Bapak / Ibu yang ingin mendapatkan file instrumen tersebut dalam bentuk berkas dokumen (docx), maka silahkan mengunduhnya melalui link download yang telah kami sediakan di bawah.

DOWNLOAD INSTRUMEN PENELAAHAN KOMPONEN RPP UNTUK SUPERVISI

Cara Download:
Tunggu beberapa detik >> tekan KLIK UNTUK MENUJU LINK >> tekan MENUJU LINK.{alertSuccess}

Catatan:
Perlu diketahui bahwa dokumen yang berisi telaah komponen rencana pelaksanaan pembelajaran ini dapat digunakan untuk menelaah RPP kurikulum 2013.{alertInfo}

Demikian informasi dan berkas dokumen yang bisa kami bagikan terkait administrasi sekolah penelaahaan komponen rpp. Semoga yang telah kami bagikan ini bisa bermanfaat bagi Bapak / Ibu, khususnya bagi yang sedang mencari referensi terkait dokumen penelaah komponen rpp.
Baca Juga
Tanto Fajrin

"Perbaikilah hubunganmu dengan Allah, maka Dia akan mencukupimu hingga kamu tidak takut dan tidak butuh kepada selain-Nya." -SAU-

Posting Komentar

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera muncul.
Silahkan berkomentar dengan bahasa yang baik dan santun serta tidak melakukan spamming.

Lebih baru Lebih lama