Cara Mudah Aktivasi Akun Pembelajaran @belajar.id Kemendikbud

Assalaamu'alaikum sobat pendidikan. Pada kesempatan ini kami akan membagikan panduan cara aktivasi Akun Akses Layanan Pembelajaran @belajar.id yang perlu dipahami oleh peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan sebagai insan pendidikan yang telah memperoleh akun tersebut dari Kemendikbud.

Akun Akses Layanan Pembelajaran (Akun Pembelajaran) ini merupakan akun yang memuat data tentang nama akun (user ID) dan akses masuk akun (password) yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Akun tersebut dapat digunakan oleh setiap peserta didik, guru / pendidik, dan tenaga kependidikan sebagai akun untuk bisa mengakses layanan pembelajaran berbasis elektronik.

Akun Pembelajaran yang digawangi oleh kemendikbud ini bertujuan untuk mendukung proses pembelajaran pada satuan pendidikan melalui penerapan teknologi informasi dan komunikasi, baik dalam pelaksanaan metode belajar dari rumah maupun pembelajaran secara tatap muka di sekolah.

cara aktivasi akun pembelajaran belajar.id

Akun Pembelajaran ini ditujukan bagi para peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan yang sudah terdata dalam pusat data Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

1. Peserta Didik

a. SD dan Program Paket A kelas 5 dan kelas 6
b. SMP dan Program Paket B kelas 7 sampai dengan kelas 9
c. SMA dan Program Paket C kelas 10 sampai dengan kelas 12
d. SMK kelas 10 sampai dengan kelas 13
e. SLB kelas 5 sampai dengan kelas 12

2. Pendidik pada jenjang pendidikan dasar dan menengah

3. Tenaga Kependidikan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah

a. Kepala Satuan Pendidikan
b. Operator Satuan Pendidikan

Cara Pembuatan Akun Pembelajaran

Akun Pembelajaran dibuat dalam bentuk akun Google dengan domain @belajar.id. Akun Pembelajaran ini dibuat dalam bentuk akun Google dengan pertimbangan beberapa hal sebagai berikut.

1. Pengguna Akun Pembelajaran secara otomatis mendapatkan akses ke layanan pendukung pembelajaran dalam G Suite for Education yang siap pakai dan sudah banyak digunakan oleh publik.

2. Pembuatan dan penggunaan Akun Pembelajaran bebas biaya.

3. Penggunaan layanan pendukung pembelajaran dalam G Suite for Education bebas biaya.

4. Sistem Google mampu mengelola puluhan juta akun sekaligus dengan keamanan tingkat tinggi.

5. Akun yang sama dapat digunakan untuk mengakses layanan lain milik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan berbagai layanan pembelajaran lainnya di luar ekosistem Google.

Jenis Layanan yang Dapat Diakses

Layanan pembelajaran berbasis elektronik yang dapat diakses menggunakan Akun Pembelajaran antara lain:

a. Surat elektronik;
b. Penyimpanan dan pembagian dokumen secara elektronik;
c. Pengelolaan administrasi pembelajaran secara elektronik;
d. Penjadwalan proses pembelajaran secara elektronik; dan
e. Pelaksanaan proses pembelajaran secara daring, baik secara sinkronus (dilakukan pada waktu yang bersamaan) maupun asinkronus (fleksibel dan tidak harus dalam waktu yang bersamaan).

Terkait daftar layanan pembelajaran berbasis elektronik lain, bisa Anda akses menggunakan Akun Pembelajaran pada laman www.belajar.id.

Penggunaan Akun Pembelajaran bersifat opsional. Di dalam hal Akun Pembelajaran tidak diakses oleh peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan sama sekali sampai dengan tanggal 30 Juni 2021, maka Akun Pembelajaran tersebut akan dinonaktifkan secara otomatis.

Cara Aktivasi Akun Pembelajaran @belajar.id Kemendikbud

Berikut adalah cara aktivasi akun pembelajaran @belajar.id untuk peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan dari Kemendikbud.

1. Buka laman mail.google.com.

2. Kemudian masukkan nama akun (user ID) dan akses masuk akun (password) Akun Pembelajaran yang diterima.

cara aktivasi akun pembelajaran belajar.id

3. Menyetujui syarat dan ketentuan penggunaan Akun Pembelajaran, selanjutnya melakukan penggantian akses masuk akun (password) Akun Pembelajaran. Catat password yang sudah diubah tersebut.

cara aktivasi akun pembelajaran belajar.id

Demikian yang bisa Guru Abata bagikan terkait informasi cara mudah untuk aktivasi akun pembelajaran @belajar.id dari Kemendikbud. Semoga bermanfaat bagi Bapak / Ibu semua.

Tulis Komentar

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera muncul.
Silahkan berkomentar dengan bahasa yang baik dan santun serta tidak melakukan spamming.

Lebih baru Lebih lama