Inilah 5 Mesin Pencari Terbaik Yang Dibuat Khusus Untuk Anak-Anak

Internet merupakan perpustakaan digital terbesar di dunia. Di dalamnya Anda bisa mencari dan menemukan konten apapun di hampir semua bidang pengetahuan. Internet bisa dipastikan memiliki konten untuk semua kalangan pengguna tanpa batas usia.

Hal ini bisa menjadi sesuatu yang baik bagi orang dewasa bilamana sedang mencari informasi tertentu. Tetapi berbeda bagi anak-anak, sebab tidak semua konten internet layak bagi anak-anak. Banyak sekali konten-konten internet yang tidak ramah terhadap anak, bahkan konten-konten tersebut tidak relevan bagi mereka.

Sebagai orang tua, Anda pastinya tidak ingin jika anak-anak mencari informasi di internet tanpa pengawasan. Tentunya Anda sangat berharap mereka dapat menemukan konten yang dicari namun tetap ramah bagi anak.

Hal ini menjadi sulit jika masih melakukan pencarian menggunakan mesin pencari (search engine) umum seperti Google, Bing atau Yahoo!. Untuk itu, agar anak-anak bisa melakukan aktivitas browsing internet dan menemukan konten yang ramah untuk mereka, diperlukan mesin pencari yang dibuat khusus diperuntukkan bagi anak-anak.

Inilah 5 Mesin Pencari Terbaik Yang Dibuat Khusus Untuk Anak-Anak

Mesin pencari internet khusus untuk anak-anak (search engine for kids) adalah platform yang dirancang secara khusus untuk menemukan konten berupa teks, gambar dan video yang ramah bagi anak. Mesin pencari internet khusus untuk anak-anak pada umumnya sangat ramah pengguna (ultra user friendly) dan lebih mengedepankan visual. Dengan mesin pencari internet khusus anak-anak ini, diharapkan anak dapat menemukan konten-konten yang memang pantas dan aman bagi mereka.

Tentu saja, mesin pencari internet khusus untuk anak-anak ini tidak sepenuhnya menjamin bahwa hasil pencarian merupakan konten yang ramah dan relevan bagi mereka. Namun demikian kesesuaiannya lebih tinggi diperuntukkan bagi mereka bila dibandingkan dengan mesin pencari standar pada umumnya.

Setidaknya, mesin pencari internet khusus untuk anak-anak ini bisa sedikit mengurangi kekhawatiran para orang tua. Maka berikut ini Guru Abata akan membahas 5 mesin pencari internet terbaik khusus untuk anak-anak.

1. Kiddle

Inilah 5 Mesin Pencari Terbaik Yang Dibuat Khusus Untuk Anak-Anak

Kiddle (kiddle.co) adalah salah satu mesin pencari (search engine) internet visual yang ramah dan aman bagi anak-anak. Meskipun tampilannya mirip seperti Google, namun Kiddle memiliki filter pencarian aman yang dapat memungkinkan orang tua merasa yakin bahwa anak-anak tidak akan terpapar konten-konten yang tidak pantas.

Meskipun mesin pencari internet ini bukan produk resmi Google, namun Kiddle mengklaim ditenagai dan didukung oleh Google serta menggunakan sistem Google SafeSearch sebagai dasarnya.

Kiddle didesain dengan sangat mengutamakan visual, sehingga menarik bagi anak-anak. Kiddle memiliki gambar latar yang bertemakan ruang angkasa dengan hiasan gambar planet dan karakter robot.

Di pencarian internet Kiddle, ketika anak-anak menggunakan istilah atau kalimat pencarian yang tidak selayaknya atau yang tidak sesuai bagi mereka, maka akan muncul halaman kesalahan dan tidak memungkinkan bagi mereka untuk melihat konten. Kiddle memiliki tim khusus yang mengolah dan menyortir konten ramah anak.

2. Kids Search

Inilah 5 Mesin Pencari Terbaik Yang Dibuat Khusus Untuk Anak-Anak

Kids Search (kidssearch.com) adalah mesin pencari internet khusus untuk anak-anak yang sama juga menggunakan dasar sistem Google SafeSearch. Sebagaimana Kiddle, mesin pencari internet khusus ini juga aman bagi anak-anak. Kids Search menawarkan tautan (link) ramah anak melalui direktori yang dikelolanya. Setiap situs ditinjau untuk memastikan bahwa konten di dalamnya sesuai, berguna, aman, menyenangkan dan pastinya ramah bagi anak-anak.

Kids Search dikelola atau dijalankan oleh kelompok nirlaba dengan misi utamanya membuat platform yang aman digunakan anak-anak ketika mengeksplorasi dunia internet. Untuk dapat memastikan setiap tautan link yang ada tetap ramah bagi anak-anak, pengguna Kids Search bisa mengunduh dan menggunakan JRSurfer, yaitu salah satu web browser yang ramah anak dan menjadi patner resmi dari KidsSearch. Browser ini mampu memfilter website dan iklan serta memiliki parental control (kontrol orang tua) yang bisa dimanfaatkan.

3. DibDabDoo

Inilah 5 Mesin Pencari Terbaik Yang Dibuat Khusus Untuk Anak-Anak

DibDabDoo (dibdabdoo.com) adalah mesin pencari internet lain yang juga dibuat khusus untuk anak-anak. Mesin pencari internet ini dibuat oleh seorang ayah empat anak yang beranggapan bahwa anak-anak juga perlu melakukan pencarian di internet dengan leluasa. Namun ia menyadari bahwa ada banyak sekali konten yang tidak layak dikonsumsi oleh anak-anak.

Kemudian ia membuat sebuah website yang menggunakan sistem dasar Google Custom Search untuk menyaring konten-konten yang tidak ramah anak. Kombinasi software parental control dan Google Custom Search ini dapat membantu melindungi anak-anak dari terpapar konten internet yang tidak sesuai bagi mereka.

4. KidRex

Inilah 5 Mesin Pencari Terbaik Yang Dibuat Khusus Untuk Anak-Anak

KidRex (alarms.org/kidrex/) adalah mesin pencari internet yang menyenangkan dan aman bagi anak-anak. Tentu saja mesin pencari ini aman karena KidRex didukung oleh Google Custom Search dan menggunakan teknologi dasar Google SafeSearch.

Google SafeSearch ini berfungsi sebagai penyaring konten yang tidak pantas untuk anak-anak dan menghapusnya dari hasil pencarian mereka. Meskipun tidak benar-benar sepenuhnya akurat, tetapi teknologi Google SafeSearch dipercaya mampu menyaring dan menghilangkan konten yang paling tidak pantas.

Jika diperhatikan, KidRex memiliki antarmuka (user interface) yang sangat menarik bagi anak-anak. Sebab antarmuka KidRex adalah gambar krayon Dinosaurus yang sedang dalam sikap berjaga-jaga. Hal ini menggambarkan bahwa KidRex sangat peduli dengan keamanan anak-anak saat mereka sedang melakukan pencarian informasi di internet dan memastikan bahwa hanya konten yang sesuai untuk mereka yang ditampilkan.

5. WackySafe

Inilah 5 Mesin Pencari Terbaik Yang Dibuat Khusus Untuk Anak-Anak

WackySafe (wackysafe.com) adalah salah satau mesin pencari internet khusus untuk anak di segala usia. Sebagaimana mesin pencari internet anak-anak lainnya, WackySafe juga bertujuan untuk memastikan bahwa anak-anak tetap aman saat menjelajah dunia internet dan akan mendapatkan konten internet yang pantas dan aman bagi anak. WackySafe juga didukung oleh sistem dasar Google Custom Search dan serta menggunakan teknologi Google SafeSearch.

Demikian informasi yang bisa Guru Abata sampaikan tentang 5 mesin pencari internet yang dibuat khusus bagi anak-anak karena aman dan memiliki penyaring khusus agar anak-anak tidak terpapar konten negatif dari internet. Semoga pembahasan tentang mesin pencari internet khusus anak-anak ini bermanfaat bagi Anda dan bisa menghindarkan anak-anak dari hal-hal yang tidak baik.

Tulis Komentar

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera muncul.
Silahkan berkomentar dengan bahasa yang baik dan santun serta tidak melakukan spamming.

Lebih baru Lebih lama