Cara Cek Bantuan Simpel BRI / BNI Lewat HP

Cara Cek Bantuan Simpel BRI / BNI Lewat HP - Hai sahabat pendidikan, bantuan simpanan pelajar atau bisa disebut juga dengan simpel, merupakan salah satu bantuan pemerintah dari Program Indonesia Pintar (PIP) yang diterima oleh semua siswa yang memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan siswa non-KIP namun memenuhi kriteria dan syarat sebagai peserta didik calon penerima bantuan PIP.

Setiap siswa yang akan menerima bantuan PIP nantinya akan diberi sebuah buku rekening, yaitu buku rekening jenis SIMPEL atau simpanan pelajar yang dikeluarkan oleh pihak bank yang sudah menjadi partner dalam proses pencairan dana bantuan PIP. Adapun bank terkait yang memiliki kerjasama dalam proses pencairan bantuan PIP untuk siswa miskin, yakni bank rakyat Indonesia (BRI) dan bank negara Indonesia (BNI).

Dalam melakukan cek bantuan simpel BRI maupun BNI, Anda bisa melakukan secara langsung baik oleh pihak sekolah yang dalam hal ini sebagai satuan pendidikan dan bisa juga melakukan pengecekan langsung oleh masing-masing calon penerima bantuan PIP melalui buku rekening atau melalui KIP ATM yang sebelumnya telah dimiliki oleh masing-masing peserta didik penerima bantuan PIP.

Selain itu, cara untuk mengecek bantuan PIP bisa dilakukan secara online dengan menggunakan laptop atau komputer dan bisa juga dicek dengan menggunakan HP android. Adapun langkah-langkah yang harus dilalui dalam melakukan pengecekan bantuan simpel bank BRI ataupun bank BNI akan akan kami sampaikan melalui postingan dalam blog Guru Abata ini.

Sebagaimana judul postingan kali ini kami akan membagikan informasi terkait cara mudah untuk melakukan cek bantuan simpanan pelajar (SIMPEL) BRI/BNI melalui HP, maka tidak ada salahnya Anda harus mengetahui tentang apa itu bantuan PIP dan bagaimana proses untuk bisa mendapatkannya.

Jika pada tahun-tahun sebelumnya bantuan PIP hanya diberikan kepada siswa jenjang pendidikan dasar dan menengah saja, maka saat ini Bantuan PIP dapat dirasakan juga oleh para mahasiswa yang sedang kuliah di perguruan tinggi. Sehingga besar sekali peluang bagi siswa yang kurang mampu untuk dapat menyelesaikan pendidikannya melalui program PIP ini hingga mencapai gelar sarjana.

Baca juga: Cara Atur Keuangan Dalam Rumah Tangga Agar Lebih Hemat

Bantuan PIP merupakan bantuan pemerintah yang berupa uang tunai, perluasan akses, dan kesempatan belajar dengan sasaran utama para peserta didik dan mahasiswa yang berasal dari keluarga miskin atau rentan miskin untuk membiayai pendidikan melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP). Jadi bagi siswa dan mahasiswa yang memiliki kartu KIP tentunya memiliki peluang besar untuk mendaparkan bantuan Program Indonesia pintar (PIP).

Adapun tujuan PIP yaitu dirancang untuk membantu anak-anak usia sekolah dari keluarga miskin / rentan miskin / prioritas tetap memperoleh layanan pendidikan sampai tamat pendidikan menengah, baik melalui jalur formal sd sampai sma/smk dan jalur non formal paket a sampai paket c dan pendidikan khusus.

Melalui program ini pemerintah berupaya untuk mencegah peserta didik dari kemungkinan putus sekolah, dan diharapkan agar dapat menarik siswa putus sekolah lain untuk kembali melanjutkan pendidikannya. PIP juga diharapkan dapat meringankan biaya personal pendidikan peserta didik, baik biaya langsung maupun tidak langsung.

Pemanfaatan Dana PIP yaitu bisa digunakan untuk membantu biaya personal pendidikan peserta didik, seperti membeli perlengkapan sekolah/kursus, uang saku dan biaya transportasi, biaya praktik tambahan serta biaya uji kompetensi.

Dengan adanya bantuan PIP yang disalurkan dalam bentuk uang tunai maka diharapkan akan mengurangi beban orang tua siswa dalam memikirkan biaya Pendidikan anak-anaknya.

Adapun prioritas utama yang akan menjadi sasaran dalam penerimaan bantuan PIP ialah:

Peserta Didik dari keluarga peserta Program Keluarga Harapan, Peserta Didik dari keluarga pemegang Kartu Keluarga Sejahtera, Peserta Didik yang berstatus yatim piatu / yatim / piatu dari sekolah / panti sosial / panti asuhan, siswa yang terkena dampak bencana alam, siswa yang tidak bersekolah (drop out) yang diharapkan kembali bersekolah, siswa yang mengalami kelainan fisik, korban musibah, dari orang tua yang mengalami pemutusan hubungan kerja, di daerah konflik, dari keluarga terpidana, berada di Lembaga Pemasyarakatan, memiliki lebih dari 3 (tiga) saudara yang tinggal serumah dan siswa pada lembaga kursus atau satuan pendidikan nonformal lainnya.

Cara Cek Bantuan Simpel BRI / BNI Lewat HP

Setelah memahami penjelasan mengenai apa itu bantuan PIP serta mengetahui tujuan, manfaat dan sasaran bagi penerima bantuan PIP, maka kini saatnya Anda mengetahui tentang bagaimana cara untuk melakukan cek bantuan simpanan pelajar (SIMPEL) melalui ponsel Android secara online. Namun perlu diketahui bahwa cara ini bisa dilakukan dengan 2 cara dan tentunya dengan hasil yang berbeda pula.

Cara pertama dapat dilakukan oleh masing-masing peserta didik penerima bantuan PIP untuk mengetahui apakah ia akan mendapatkan bantuan PIP di tahun ini dan cara kedua ialah dapat dilakukan oleh pihak sekolah / operator sekolah yang tentunya dapat mengetahui daftar nama calon penerima bantuan PIP di setiap tahap yang sesuai dengan SK yang terbit pada laman PIP yang telah disiapkan.

Baiklah berikut ini langkah-langkah untuk melakukan cek bantuan PIP melalui HP Android (oleh pihak sekolah):

1. Buka aplikasi browser yang biasa Anda gunakan berinternet di HP Android (chrome, mozilla, atau yang lainnya)

2. Kemudian masuk ke alamat berikut ini: https://pip.kemdikbud.go.id/.

3. Setelah laman resmi PIP Kemendikbud terbuka maka kurang lebih akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini.

cara cek bantuan simpel bri bni di hp

4. Kemudian pada pilihan Login Sebagai, pilih opsi Sekolah.

5. Selanjutnya login dengan menggunakan NPSN sekolah.

6. Setelah itu akan muncul 2 kolom yang harus diisi, yakni kolom Username dan kolom Password.

cara cek bantuan simpel bri bni di hp

7. Pada kolom Username isikan dengan nomor NPSN sekolah, sedangkan pada kolom Password isikan dengan nomor registrasi dapodik sekolah.

8. Setelah kedua kolom tersebut selesai diisi, maka silahkan klik Login untuk masuk ke laman PIP.

9. Selanjutnya akan muncul tampilan beranda Dashboard, lalu klik tanda garis bertumpuk tiga yang terletak pada sudut kiri atas (seperti pada gambar di bawah ini).

cara cek bantuan simpel bri bni di hp

10. Kemudian klik menu "Siswa".

cara cek bantuan simpel bri bni di hp

11. Untuk melihat nama-nama siswa calon penerima bantuan PIP, silahkan klik opsi "Search".

cara cek bantuan simpel bri bni di hp

12. Kemudian akan muncul nama-nama siswa penerima PIP sesuai dengan tahap yang ditentukan pemerintah.

13. Setelah itu, selesai. Anda telah mengetahui daftar siswa penerima bantuan PIP di sekolah masing-masing.

Adapun cara cek penerima PIP bagi siswa, berikut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan:

1. Masuk ke alamat link berikut ini: https://pip.kemdikbud.go.id/home.

2. Maka akan muncul tampilan cari penerima PIP.

cara cek bantuan simpel bri bni di hp

3. Kemudian masukkan nomor NISN siswa yang bersangkutan.

4. Masukkan pula tanggal, bulan dan tahun lahir sesuai dengan format yang ada pada kolom yang tersedia.

5. Kemudian masukkan nama ibu kandung.

6. Setelah itu klik "Cari".

7. Jika data Anda muncul sebagai penerima PIP maka artinya Anda telah terdaftar sebagai calon penerima bantuan PIP dari pemerintah.

8. Setelah itu, selesai.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai cara cek bantuan PIP melalui HP Android. Semoga postingan ini dapat membantu Anda dalam memahami tahapan untuk melakukan cek penerima bantuan PIP secara online dengan mudah.

18 Komentar

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera muncul.
Silahkan berkomentar dengan bahasa yang baik dan santun serta tidak melakukan spamming.

  1. Zahra Azizah
    2006-05-05
    0061360753
    Nurjanah
    Simpelnya tidak cair tahun ini?!

    BalasHapus
  2. Kartu simple anak sy blm ada terimah ubah dari kartu simple

    BalasHapus
  3. Kenapa kalau kita mau cek bantuan BPUM di link BRI tidak bisa di buka

    BalasHapus
  4. Simpel anak saya thn ini tdk cair

    BalasHapus
  5. Simpel anak saya tidak cair dari tahun 2021 sampai sekarang

    BalasHapus
  6. Anak saya tahun kemaren dapet, tahun 2023 ini dapat lagi GK???

    BalasHapus
  7. Assalamu'Alaikum.bu mau tyk ni ko ank sya cuma cair 1x kartu sempelx smp kls7.dia cair pertama 2021.cuma 1x mohon penjelasanx trimh kash..

    BalasHapus
  8. Anak sy th 2022 th 2023 dpt nggk mohon pentujuknya
    Nama :Shalsa annabiya dng no
    Nisn/nis
    3121586297

    BalasHapus
  9. Shalsa annabiya no nisn/nis 3121586297 th 2022 belum cair tahu2023 ini cair kah

    BalasHapus
  10. M.harun ramadhan

    BalasHapus
  11. Simpel Ank saya 3 tahun gak cair sampe skarang

    BalasHapus
  12. Simpel anak saya dr kls 1s/d kls 3 belum pernah dapet padahal kartu tabungan nya ada gmn ini urusan nya tolong d respon jangan d liat doang

    BalasHapus
  13. Anak saya belum pernah dapat dr kls 1 sampai kls 3

    BalasHapus
  14. Anak saya dr kls 1 SD sampai kls 3 baru dapet satu kali mohon penjelasannya

    BalasHapus
  15. No nisn 0102027979nama ilma rahil ayuni apakah pip nya sudah cair?

    BalasHapus
  16. Sampai saat ini sudah masuk SMP anak sy belum mendapatkan bantuan PIP

    BalasHapus
  17. Sama sajah anak sayah blm cair lagih 2021 satu kali GK cair lagih gimana ni nama nya febriany setiawan

    BalasHapus
  18. Atas nama Seli Viviani sekolah SDN 1 negeri ratu kartu PIP sudah lama belum keluar

    BalasHapus

Posting Komentar

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera muncul.
Silahkan berkomentar dengan bahasa yang baik dan santun serta tidak melakukan spamming.

Lebih baru Lebih lama