Tips Sukses Belajar Daring Di Rumah

Di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, semua pelajar di Indonesia bisa memanfaatkan setidaknya 10 platform pembelajaran online atau daring. Hal ini merupakan fasilitas alternatif agar para siswa dapat terbantu dalam pelaksanaan belajar jarak jauh terkait kebijakan pemerintah akibat penyebaran virus Covid-19 yang tidak kunjung melandai ini.

Maka demikian, pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah bekerjasama dengan berbagai platform belajar online untuk dapat menyediakan fasilitas pembelajaran online yang baik dan prima.

Dengan meluncurkan situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, setidaknya terdapat 10 platform portal pendidikan dan aplikasi tempat siswa dapat melaksanakan belajar meskipun hanya di rumah. Portal belajar dan aplikasi-aplikasi ini merupakan bentuk dukungan agar insan pendidikan senantiasa terhindar dari wabah virus corona Covid-19.

Tips Sukses Belajar Daring Di Rumah Secara Mandiri

1. Rumah Belajar

Rumah belajar adalah salah satu portal pendidikan untuk pembelajaran online yang secara resmi dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk memberikan alternatif sumber belajar melalui pemanfaatan teknologi.

Dalam portal website Rumah Belajar terdapat berbagai fungsi seperti sumber belajar, laboratorium virtual, ruang kelas digital, bank soal, buku teks elektronik, peta budaya, karya bahasa dan sastra, serta fungsi lain yang dapat digunakan oleh guru dan siswa.

Untuk mengetahui dan memanfaatkan semua fitur belajar yang disediakan oleh portal pendidikan Rumah Belajar, Anda dapat mengakses melalui link website berikut
https://belajar.kemdikbud.go.id/

2. Meja Kita

Dalam portal web edukasi Meja Kita, pengenalan informasi dilakukan berdasarkan topik, dan terdapat area diskusi untuk tanya jawab. MejaKita menyediakan materi pembelajaran secara gratis dan lengkap mulai dari jenjang sekolah dasar hingga menengah, serta ribuan catatan yang telah diunggah oleh para siswa di komunitas siswa seluruh Indonesia.

Portal pendidikan MejaKita mendukung siswa yang terpaksa harus belajar di rumah untuk dapat mendiskusikan pekerjaan rumah (PR), pertanyaan dan tugas, serta berbagi catatan dan materi pembelajaran lainnya.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan berbagai sumber pembelajaran atau ingin mendiskusikan tentang tugas-tugas sekolah dapat memanfaatkan portal edukasi yang satu ini melalui laman
https://mejakita.com/

3. ICANDO

ICANDO adalah salah satu aplikasi pendidikan anak dengan rencana pembelajaran berdasarkan pada kurikulum 2013 yang telah direvisi. Kurikulum dalam pembelajaran tersebut dikembangkan secara penuh untuk ratusan permainan kecil dan dapat meningkatkan motivasi belajar anak jenjang PAUD.

Untuk dapat mengunduh aplikasi ICANDO, Anda dapat melakukan pencarian di Google Play Store atau melalui link berikut
http://bit.ly/unduhicando

4. IndonesiaX

IndonesiaX memiliki segudang pengalaman dan dapat memberikan kesempatan belajar kepada masyarakat melalui kursus berkualitas yang diberikan oleh dosen-dosen terbaik tanah air. Sejak diluncurkan pada 17 Agustus 2015, IndonesiaX telah berkomitmen untuk mengurangi kesenjangan pendidikan di tanah air dengan menyediakan kursus online secara gratis, sehingga dapat meningkatkan tingkat kecerdasan anak bangsa.

Manfaatkan berbagai fasilitas belajar dan kursus online yang disediakan oleh IndonesiaX yang bisa Anda akses melalui
https://www.indonesiax.co.id/

5. Google for Education

Untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran online, terutama yang selama ini telah diterapkan di berbagai wilayah Indonesia selama masa pandemi Covid-19, Google for Education menyediakan layanan menggunakan Chromebook dan G-Suites. Layanan ini memungkinkan pembelajaran virtual bahkan ketika koneksi internet rendah.

Untuk dapat mengakses layanan yang diberikan oleh Google for Education, Anda dapat mengakses laman berikut
https://blog.google/outreach-initiatives/education/offline-access-covid19/

6. Kelas Pintar

Smart Class (Kelas Pintar) merupakan salah satu penyedia sistem pendukung pendidikan di era digital seperti sekarang. Layanan pendidikan berbasis digital ini menggunakan teknologi terbaru untuk dapat membantu siswa dan guru menciptakan praktik pengajaran yang terbaik.

Selain di Indonesia, Smart Class juga telah digunakan di Singapura, UEA, India, dan Afrika Selatan. Untuk dapat mengaksesnya, Anda bisa melalui laman ini
https://www.kelaspintar.id/

7. Quipper School

Quipper School menyediakan metode pembelajaran inovatif untuk pengajaran dan pembelajaran. Platform ini dapat digunakan dengan mudah guna mendukung guru agar mengelola pekerjaan rumah dengan lebih efektif. Oleh karena itu, guru dapat lebih mudah mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan siswa.

Anda dapat mengakses laman ini untuk dapat memanfaatkan layanan yang diberikan oleh Quipper School
https://www.quipper.com/id/school/teachers/

8. Ruangguru

Ruangguru adalah salah satu layanan pembelajaran berbasis teknologi yang mencakup layanan kursus virtual, platform ujian online, video pembelajaran berlangganan, pasar les privat, dan konten pendidikan lainnya yang bisa diakses melalui website dan aplikasi Ruangguru.

Selama masa pandemi Covid-19, Ruangguru menawarkan sekolah online secara gratis. Di aplikasi Ruangguru, setidaknya terdapat lebih dari 250 video dan modul pelatihan guru yang tersedia untuk digunakan dalam melakukan pembelajaran jarak jauh.

Untuk menggunakan layanan Ruangguru, Anda dapat mengunduh aplikasinya melalui Google Play Store atau dapat juga memanfaatkan portal pendidikan Ruangguru melalui link berikut
https://sekolahonline.ruangguru.com/

9. Sekolahmu

Dalam program-program yang disediakan, Sekolahmu menayangkan tema secara real time pada level yang disediakan. SekolahMu telah mengembangkan kemampuan setiap anak dari segala usia dan jenjang pendidikan. SekolahMu adalah simpul kolaboratif dari ratusan sekolah dan organisasi terencana yang dapat menyediakan RPP sesuai kebutuhan Anda.

Anda dapat memanfaatkan layanan pendidikan yang diberikan oleh SEKOLAHMU melalui link berikut
https://www.sekolah.mu/

10. Zenius

Zenius menyediakan video materi pembelajaran lengkap untuk mata pelajaran kurikulum KTSP, mata pelajaran kurikulum 2013, dan mata pelajaran kurikulum 2013 revisi dengan menyediakan ribuan video materi pembelajaran lengkap untuk jenjang SMP dan SMA.

Selain itu, para calon mahasiswa juga dapat mengakses materi pembelajaran secara lengkap untuk dapat mempersiapkan diri menghadapi UNBK, UTBK, SPMB STAN, SIMAK UI dan UTUL UGM. Konten yang disediakan oleh program ini dapat diakses secara gratis melalui
https://www.zenius.net/

Sejatinya masih banyak lagi portal pendidikan dan aplikasi pendidikan lain yang bisa Anda jadikan sebagai sumber inspirasi untuk melaksanakan kegiatan belajar di rumah secara daring. Namun dari kesepuluh layanan pendidikan yang telah Guru Abata rangkum di atas, setidaknya akan dapat memberi warna pada pelaksanaan belajar jarak jauh agar tidak membosankan dan monoton.

Semoga informasi yang kami sampaikan tentang beberapa layanan portal pendidikan dan aplikasi pembelajaran ini bisa bermanfaat bagi para insan pendidikan, yakni guru dan siswa demi menyongsong keberhasilan dalam melakukan kegiatan belajar secara daring di rumah.

2 Komentar

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera muncul.
Silahkan berkomentar dengan bahasa yang baik dan santun serta tidak melakukan spamming.

  1. Assalamu'alaikum, saya ikut mengunduh ya, terima kasih banyak. semoga pahala selalu mengalir untuk anda. aamiin

    BalasHapus
  2. Wa'alaikumussalaam, Aamiin.
    Silahkan Bu. Kalo mengalami kendala jangan sungkan untuk menyampaikannya kepada kami. 🙏

    BalasHapus

Posting Komentar

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera muncul.
Silahkan berkomentar dengan bahasa yang baik dan santun serta tidak melakukan spamming.

Lebih baru Lebih lama